PROPOSAL PELAKSANAAN SUBSIDI BIMBINGAN TEKNIS KTSP
BAB I
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam rangka memfasilitasi pelaksanaan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada tingkat SMP di seluruh Indonesia, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (Pembinaan SMP) pada tahun anggaran 2006 telah melaksanakan workshop implementasi SI dan SKL atau KTSP bagi Tim Pengembangan Kurikulum (TPK) Provinsi untuk seluruh Indonesia, 22 anggota tim dari masing-masing provinsi. Diharapkari TPK Provinsi setelah mengikuti workshop tersebut mampu melaksanakan tugas-tugas sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan implementasi SI dan SKI, diseluruh kabupaten/kota di provinsi yang bersangkutan.
Dalam menindak lanjuti Surat edaran Mendiknas nomor 33 tahun 2007, Direktorat Pembinaan SMP telah melakukan workshop TOT bimbingan teknis KTSP bagi Tim Pengembangan Kurikulum (TPK) Kabupaten / Kota seluruh Indonesia, 11 anggota tim dari masing-masing Kabupaten/ Kota. TPK Kabupaten/ Kota tersebut bertugas melakukan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan teknis pengembangan dan pelaksanaan KTSP di seluruh SMP di Kabupaten/ Kota tersebut diharapkan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan teknis pengembangan dan impelementasi KTSP di seluruh wilayah Indonesia dapat dilaksanakan dengan cepat dan tepat sasaran, semua sekolah dapat mengimplementasikan SI dan SKI, selambat-lambatnya pada tahun pelajaran 2009/2010.
Selain itu, sejak tahun 2006 Direktorat Pembinaan SMP juga telah melakukan sosialisasi/ pelatihan/ bimbingan teknis KTSP terhadap SMP rintisan SBI, SSN, SMP pelaksana CTL, dan 167 SD - SMP satu atap.
Walaupun sudah cukup banyak kegiatan sosialisasi/ pelatihan/ bimbingan teknis pelaksanaan KTSP yang telah dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan SMP maupun oleh Dinas pendidikan provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota , kegiatan-kegiatan tersebut baru dapat menjangkau sebagian kecil dari seluruh guru SMP Indonesia. Memperhatikan hal tersebut, agar seluruh SMP di Indonesia dapat mengimplementasikan SI dan SKL dengan baik selambat-lambatnya pada tahun pelajaran 2009/ 2010, maka kegiatan sosialisasi/ pelatihan/ bimingan teknis KTSP harus dilanjutkan, bahkan dengan lebih intensif dengan jumlah sasaran yang lebih banyak.
Sehubungan dengan hal tersebut melalui dana dekonsentrasi pada tahun anggaran 2008 pemerintah pusat memberikan Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP kepada SMP.
B. Tujuan
Tujuan Umum :
Memfasilitasi SMP penerima subsidi untuk dapat mengembangkan dan mengimplementasikan SI dan SKL (KTSP) dengan baik selambat-lambatnya pada tahun pelajaran 2009/2010.
Tujuan Khusus :
- Meningkatkan pengetahuan guru dan kepala sekolah dalam berbagai Standar Nasional Pendidikan
- Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dan kepala sekolah dalam mengembangkan/ menyusun KTSP.
- Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan kepala sekolah dalam mengembangkan bahan ajar sesuai dengan KTSP.
- Meningkatkan pemahaman guru dan kepala sekolah dalam mengembangkan pembelajaran IPA dan IPS terpadu.
- Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan kepala sekolah dalam mengembangkan pembelajaran kontakstual.
- Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan kepala sekolah dalam mengembangkan media pembelajaran.
- Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan kepala sekolah dalam mengembangkan penilaian berbasis kelas.
- Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme mereka secara berkelanjutan.
C. Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dengan pelaksanaan subsidi ini adalah sebagai berikut :
1. Subsidi dikelola dan dimanfaatkan sesuai dengan ketentuan.
2. Sekolah berhasil menyusun KTSP dengan baik.
3. Sekolah mengimpelementasikan SI dan SKI, (KTSP) dengan baik selambat-lambatnya pada Tahun Pelajaran 2009/2010.
4. Sekolah mampu mengembangkan bahan ajar sesuai dengan KTSP.
5. Sekolah mampu mengembangkan pembelajaran IPA dan IPS terpadu.
6. Sekolah mampu mengembangkan pembelajaran kontekstual.
7. Sekolah mampu mengembangkan media pembelajaran
8. Sekolah mampu mengembangkan penilaian berbasis kelas.
9. Sekolah mampu meningkatkan profesionalisme guru mereka secara berkelanjutan.
D. Sumber Dana
Adapun sumber dana yang akan digunakan untuk pelaksanaan subsidi bimbingan teknis pelaksanaan KTSP untuk SMP MADYA UTAMA Medan adalah bersumber dari dana dekonsentrasi pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara.
BAB II
PROFIL SEKOLAH DAN KEBUTUHAN PENINGKATAN PENDIDIKAN
PROFIL SEKOLAH
SMK MADYA UTAMA MEDAN
PROFIL SEKOLAH
1. Nama Sekolah : SMP MADYA UTAMA MEDAN
Alamat : Jl. Madio Utomo No. 25
Desa / Kecamatan : Medan Perjuangan
Kab/ Kota : Medan
2. Nama Yayasan (bagi swasta) : Perguruan Madya Utama
Alamat Yayasan & No. Telp : Jl. Madio Utamo No. 25
3. Nama Kepala Sekolah : Riduan S.Pd
No. Telp/HP : 081265161629
4. Kategori Sekolah : NSS : 204076002253
5. Tahun Didirikan/ Th.Beroperasi : 1982
6. Kepemilikan Tanah/Bangunan : Yayasan
a) Luas tanah/ status : 1.000 m21 SHM/ HGM/ Hak Pakai/Akte Jual Beli/ Hibah
b) Luas Bangunan : 420 m2
7. Data Siswa Dalam 3 Tahun Terakhir
Tahun Ajaran
|
Jill Siswa
Pendaftaran
(Cln Siswa
Baru)
|
Kelas VII
|
Kelas V11I
|
Kelas 1X
|
Kelas VII + VIII +
IX
| ||||
Jlh Siswa
|
Jlh
Rombel
|
Jlh
Siswa
|
Jlh
Rombel
|
Jlh
Siswa
|
Jlh
Rombel
|
Jlh
Siswa
|
Jlh
Rombel
| ||
Tahun 2006/2007
|
106 Org
|
36 Org
|
1 RBL
|
35 Org
|
1 RBL
|
35 rg
|
1 RBL
|
106 Org
|
3 RBL
|
Tahun 2007/2008
|
80 Org
|
25 Org
|
I RBL
|
27 Org
|
1 RBL
|
28 Org
|
1 RBL
|
80 Org
|
3 RBL
|
Tahun 2008/2009
|
82 Or
|
32 Or
|
1 RBL
|
25 Org
|
1 RBL
|
25 Org
|
1 RBL
|
82 Org
|
3 RBL
|
a) Data Ruang Kelas
Jumlah Ruan Kelas Asli (d)
| ||||
Ukuran 7 x 9 m2
|
Ukuran > 63 m2
|
IJkuran <>2
|
Jumlah
(d) =(a)+ (b) + (c)
Ruang kelas
5
1
-
6
b) Data Ruang Lainnya
Ruang
|
Jumlah
|
Ukuran
(m2)
|
Baik/
Rusak
|
Ruang
|
Jumlah
|
Ukuran
(m2)
|
Baik/
Rusak
|
1. Perpustakaan
|
1
|
6 x 7
|
Baik
|
6. Kepala Sekolah
|
1
|
4 x 4
|
Baik
|
2. Lab. IPA
|
1
|
6 x 8
|
Baik
|
7. Tata Usaha
|
1
|
2 x 3
|
Baik
|
3. Keterampilan
|
1
|
4 x 4
|
Sedang
|
8. Serba Guna
|
1
|
4 x 7
|
Baik
|
4. Lab Kom uter
|
1
|
4 x 5
|
Sedang
|
9. Ruang Guru
|
1
|
4 x 5
_
|
Sedang
|
5. Lab Bahasa
|
-
|
-
|
-
|
10. Asrama Guru
|
-
|
-
|
-
|
c) Data Guru
Jumlah guru/Staf
|
Bagi SMP Negeri
|
Bagi SMP Swasta
|
Keterangan
|
Guru Tetap (PNS)
|
- Orang
|
1
|
- Orang
|
Guru Kontrak
|
- Orang
|
- Orang
|
- Orang
|
Guru Honor
|
- Orang
|
14 Orang
|
- Orang
|
Pegawai Honor
|
- Orang
|
2 Orang
|
- Orang
|
Mengetahui Kepala Sekolah
Kepala Dinas Pendidikan
Subdis Prasekolali dan Pendidikan
Dinas Pendidikan Kota Medan
Riduan, S.Pd
BAB III
RENCANA PELAKSANAAN BIMBINGAN TEKNIS PELAKSANAAN KTSP
A. Bahwa Tim Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP SMP MADYA UTAMA Medan telah dibentuk Kepala Sekolah melalui Keputusan kepala sekolah nomor 16/YY/SMP.MU/IX/2008, Tentang penetapan Tim Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP Program subsidi bagi SMP tahun 2008 (terlampir).
B. Kegiatan Bimbingan Teknis KTSP yang akan direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2008 sejak tanggal 13 s.d 15 (Senin s.d Rabu)
C. Rencana Anggaran
Rencana Anggaran adalah seperti tertera pada bagian berikut :
RENCANA ANGGARAN
TAHAP
|
NO
|
KEGIATAN
|
RINCIAN
|
JLH
|
HARGA N
SATUAN
|
JUMLAH
HARGA
|
Persiapan
|
1
|
Perincian
|
Transport rapat
|
10
|
15,000
|
150,000
|
Panitia
| ||||||
2
|
Konsumsi rapat
|
10
|
5,000
|
50,000
| ||
Panitia
| ||||||
JUMLAH
|
200,000
| |||||
Pelaksanaan
|
15
| |||||
1
|
Honorarium
|
jam
|
150,000
|
2,250,000
| ||
2
|
Transport
|
Peserta
|
10
|
75,000
|
750,000
| |
Panitia
|
10
|
45,000
|
450,000
| |||
3
|
Belanja Bahan
|
ATK
|
10
|
20,000
|
196,000
| |
4
|
Belanja bahan lainnya
|
Konsumsi
|
20
|
45,000
|
900,000
| |
Dokumentasi
|
1
|
100,000
|
100,000
| |||
Sertifikat
|
20
|
5,000
|
100,000
| |||
JUMLAH
|
4,746,000
| |||||
Pelaporan
|
1
|
Pembuatan Lapoarn
|
Pembuatan dan
|
1
|
50,000
|
50,000
|
PenggaYdaan
| ||||||
Laporan
| ||||||
JUMLAH
|
50,000
| |||||
TOTAL
|
4,996,000
|
D. Jadwal Pelaksanaan Sosialisasi/Pelatihan KTSP
JADWAL BIMBINGAN TEKNIS PELAKSANA KTSP
No
|
Hari/Tanggal
|
Waktu
|
Materi
| |
1
|
Senin
|
13.45 - 14.30
|
Pembukaan
|
Panitia
|
20-10-2008
|
14.30 - 15.15
|
Kebijakan Depdiknas
|
Kadis Pend.
| |
15.15 - 16.00
|
-
|
-
| ||
16.00 - 16.15
|
Pengembangan Silabus/ SKL
|
Instruktur
| ||
16.15 - 17.00
|
Kalender Mata Pelajaran
|
Instruktur
| ||
17.00 - 17.45
| ||||
2
|
Selasa
|
13.45 - 14.30
|
KKM
|
Instruktur
|
21-10-2008
|
14.30 - 15.15
|
RPP
|
-
| |
15.15 - 16.00
|
RPP
|
-
| ||
16.00 - 16.15
|
Istirahat
| |||
16.15 - 17.00
|
Media/Model Pembelajaran
|
-
| ||
17.00 - 17.45
|
Konsektual (CTL)
|
-
| ||
3
|
Rabu
|
13.45 - 14.30
|
Bahan Ajar
|
Instruktur
|
22-10-2008
|
14.30 - 15.15
|
Penilaian Berbasis Kelas
|
-
| |
15.15 - 16.00
|
Refleksi
|
-
| ||
16.00 - 16.15
|
Istirahat
| |||
16.15 - 17.00
|
Refleksi
|
-
| ||
17.00 - 17.45
|
Penutupan
|
Kadis Pend.
|
BAB IV
RENCANA IMPELEMENTASI KTSP JANGKA MENENGAH
A. Pentingnya Impelementasi KTSP
Dengan diberlakukannya Penmen Diknas 22, 23 melalui Permen Diknas 24 tahun 2006, masing-masing sekolah telah memberlakukan KTSP sejak tahun ajaran 2006/2007. Sudah barang tentu bahwa sekolah-sekolah belum begitu mapan dalam menerapkan KTSP di setiap sekolah. Ini disebabkan oleh sosialisasi tentang Permen Diknas 22, 23 tersebut belum begitu mantap. Untuk itulah dirasa sangat perlu dilaksanakannya Bimbingan Teknis KTSP untuk sekolah-sekolah SMP secara khusus.
B. Rencana terkait Implementasi KTSP 2008 - 2011
Sekolah dapat mengimpelementasikan SI dan SKL dan sekolah dapat melaksanakan program-program dan melaksanakan pelatihan-pelatihan/ bimbingan teknis KTSP secara berkelanjutan.
C. Rencana Terkait Implementasi KTSP 2008
1) Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP
2) Penyusunan KTSP
3) Implementasi KTSP
4) Penyusunan KTSP
5) Penyusunan Model-Model Pembelajaran
6) Penilaian Berbasis Kelas
7) Pengembangan Bahan Ajar
D. Dana dan Sumber Dana Implementasi KTSP
Dana dan Sumber Dana Implementasi KTSP bersumber dari dana BOS Secara umum letak SMP MADYA UTAMAMedan sangat strategis sebagai tempat penyelenggaraan.
VISI : Dalam menghadapi era globalisasi yang semakin dinamis dan kritas SMP MADYA UTAMA Medan akan berusaha menciptakan suasana/ situasi yang berdisiplin, cerdas dan beraklak Mulia.
MISI
1. Menciptakan suasana lingkungan belajar yang kondusif
2. Penegakan disiplin dengan sungguh-sungguh dalam rangka membentuk kepribadian siswa.
3. Pengelolaan KBM secara maksmal dan profesional
4. Pemanfaatan perpustakaan dan laboratorium
5. Mengaktiflcan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler. a.n ; PMR Pramuka, UKS dan Olahraga
6. Melaksanakan kegiatan keagamaan untuk membentuk pribadi yang berbudi pekerti dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
E. Analisis Implementasi KTSP
Kurangnya kemampuan guru dalam hal peningkatan kompetensi dan profesionalisme di sekolah, salah satu alternative untuk meningkatkan hal tersebut adalah dengan mengupayakan pelatihan yang berkesinambungan. Selain itu silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang berorientasi pada standard ISI dan Standar Kompetensi Lulusan perlu diupayakan secara sistematis penyampaian dan mengatasi masalah yang dihadapai oleh guru di sekolah. Kemampuan guru dalam mengatasi hal tersebut perlu dibantu atau dicarikan jalan keluar untuk memperoleh hasil yang maksimal. Adanya peningkatan kompetensi guru mata pelajaran dalam melaksanakan pembelajaran yang secara aktif, kreatif dan melaksanakan tugas secara merata.
F. Potensi Sekolah dan Prioritas Pemenuhan Kebutuhan
- Adanya fasilitas sekolah berupa Aula dan media pembelajaran seperti OHP, Laptop, Infokus dll.
- Bahwa berdasarkan SK Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, SMP MADYA UTAMA Medan adalah sekolah penerima Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP.
- Mendapat prioritas untuk memenuhi kebutuhan pelatihan KTSP.
- Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP SMP MADYA UTAMA dilaksariakan dengan subsidi ini.
BAB V
PENUTUP
1. Dengan adanya subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP ini sekolah dapat berkembang sebagaimana yang diharapkan.
2. Sekolah berhasil menyusun KTSP secara berkesinambungan.
3. Sekolah dapat mengimplementasikan SI dan SKI, dengan baik.
4. Sekolah mampu mengembangkan bahan ajar sesuai dengan KTSP.
5. Sekolah mampu mengembangkan pembelajaran IPA dan IPS terpadu.
6. Sekolah mampu mengembangkan pembelajaran kontekstual.
7. Sekolah mampu mengembangkan media pembelajaran.
8. Sekolah mampu mengembangkan penilaian berbasis kelas.
9. Sekolah mampu meningkatkan profesionalisme guru mereka secara berkelanjutan.
SUBSIDI BIMBINGAN TEKNIS PELAKSANAAN KTSP SMP
SAWASTA MEDYA UTAMA T.A 2008
Judul Kegiatan : Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP untuk SMP MADYA UTAMA Medan T.A 2008
2. B. Ind onesia 7. IPS
3. B. Inggris 8. Penjaskes
4. Matematika 9. TIK /Keterampilan
5. IPA 10. Seni Budaya
Ketua : Drs. Rapianto
Sekretaris : Aniaty
Administrasi : Ria Sulika S
Anggota : 1. Hasanul Arifin, S.Pd
2. Fitri Ardiani, S.Pd
3. Jumiani, S.Pd
4. Muhammad Amin Lab, S.H
5. Ryska Lyana Pohan, S.Pd
Alamat MGMP : SMP MADYA UTAMA
Jl. Madio Utomo No. 25 Medan
Telepon. 6645319
Kepala SMP MADYA UTAMA
Riduan, S.Pd
Nomor : 11/YY.SMP.MU/IX/2008
Tanggal : 18 September 2008
Lampiran : 1 (satu) Berkas
Perihal : Proposal Pelaksanaan Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP
Yth : Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Up. Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan
Jl. Pelita IV No. 77
Di
Sebagai tindak lanjut penetapan sekolah kami sebagai penerima Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP tahun 2008 dari Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara, nomor ............. Tanggal ............ 2008, sebagai persyaratan pencairan dana, bersama ini kami sampaikan proposal Pelaksanaan Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP.
Sebagia kelengkapan proposal, terlampir :
1. Copy Rekening Rutin Sekolah pada Bank Pemerintah
2. Kuitansi Penerimaan Dana yang sudah ditandai tangani oleh Kepala Sekolah
3. Copy SK Tim Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP.
Demikian berkas ini kami sampaikan sebagai syarat pencarian Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP Madya Utama Medan . Atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.
Mengetahui/Menyetujui : Ketua Tim
Komite Sekolah
HASBULLAH Drs. RAPIANTO
Mengetahui/Menyetujui
Kepala Sekolah
RIDUAN, S.Pd
KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
SMP MADYA UTAMA MEDAN
NOMOR : 16/YY.SMP.MU/IX/ 2008
PENETAPAN TIM SUBSIDI BIMBINGAN TEKNIS PELAKSANAAN KTSP PROGRAM
SUBSIDI BAGI SMP TAHUN 2008
KEPALA SEKOLAH SMP MADYA UTAMA MEDAN
Menimbang : a. Bahwa dalam rangka penuntasan Program wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun yang bermutu, pemerintah (Direktorat PEMBINAAN SMP Ditjen Mendikdasmen Depdiknas) telah mengembangkan program Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP bagi SMP Tahun 2008 melalui dana dekonsentrasi ;
b. Bahwa untuk menunjang kelancaran pelaksanaan program subsidi di tingkat sekolah, perlu dibentuk Tim Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP Sekolah;
Mengingat : a. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003, tentang sistem Pendidikan Nasional ;
b. Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah;
c. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1994, tentang Pelaksanaan Wajib Belajar Pendidikan Dasar;
d. Panduan Pelaksanaan Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP untuk SMP, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Ditjen Mendikdasmen, Depdiknas tahun 2008, dan
e. Hasil Rapat Pembentukan Tim Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP Sekolah SMP MADYA UTAMA Medan .
MEMUTUSKAN
MENETAPKAN
Pertama : Menetapkan Susunan Tim Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP Sekolah SMP MADYA UTAMA Medan tahun 2008, sebagaimana tertuang pada lampiran keputusan ini.
Kedua : Tim sebagaimana pada butir pertama diatas berfungsi sebagai pelaksana teknis Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP sebagaimana tertuang dalam Panduan Pelaksanaan Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP untuk SMP Tahun 2008.
Ketiga : Tim diangkat dengan masa tugas satu tahun atau periode tahun Anggaran 2008.
Keempat : Semua Biaya yang timbul akibat dikeluarkannya Surat Keputusan ini dibebankan kepada SMP MADYA UTAMA Medan selaku penerima Subsidi dari dana dekonsetrasi melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara.
Kelima : Surat Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan, maka akan diperbaiki sebagaimana rnestinya.
Ditetapkan di : Medan
Tanggal : 10 September 2008
Kepala SMP MADYA UTAMA
RIDUAN, S.Pd
Lampiran Surat Keputusan Kepala SMP MADYA UTAMA
Nomor : 16/YY.SMP.MU/IX/2008
Tanggal : 10 September 2008
Lampiran : 1 (satu) Berkas
Perihal : Susunan Tim Subsidi Bimbingan Teknis Pelaksanaan KTSP Sekolah tahun 2008.
SUSUNAN TIM SUBSIDI BIMBINGAN TEKNIS PELAKSANAAN KTSP
SMP MADYA UTAMA MEDAN
NAMA
|
JABATAN DALAM TIM
|
RIDUAN S.Pd
|
Penanggung Jawab
|
Drs. RAPIANTO
|
Ketua
|
ANIATI
|
Sekretaris/anggota
|
DESI FITRIANI
|
Bendahara/anggota
|
RIA SULIKA.S
|
Administrasi Keuangan/anggota
|
HASANIJL ARIFIN
|
Anggota
|
FITRI ARIANI
|
Anggota
|
JIJLIANA
|
Anggota
|
MHD. AMIN HASIBUAN
|
Anggota
|
RYSKA LYANA POHAN
|
Anggota
|
No comments:
Post a Comment