Saturday, June 22, 2013

TEORI-TEORI BELAJAR ILMU JIWA PENDIDIKAN

TEORI-TEORI BELAJAR ILMU JIWA PENDIDIKAN DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI DISIPLIN ILMU 

Disini banyak aliran psikologi dan psikologi pendidikan. 
1. Psikologi yang bersifat spekulatif 
2. Psikologi behavioristik 
3. Psikologi Kognitif 
4. Psikologi humanistik 

Dan mengenai teori belajar ini tak lain karena para ahli tidak puas pendapat, para ahli sebelumnya, dari itu timbulah teori belajar yang bersifat kognitif . 

Psikologi kognitif mulai berkembang dari lahirnya teori gestalt peletak dasar teori gestatif adalah Wertheimer, yang meneliti tentang pengalaman dan problem solving. 

Menurut psikologi gestalt ada beberapa sifat khusus belajar dengan insight (pengamatan/pemahaman mendadak antara hubungan terhadap permasalahan) yaitu: 
1. Insight itu tergantung kepada kemampuan dasar yang berbeda-beda antar anak 
2. Insight itu tergantung kepada pengalaman yang relevan 
3. Insight itu tergantung pengaturan secara eksperimental 
4. Insight itu didahului oleh sesuatu periode yang berbeda-beda 
5. Insight itu dapat diulangi 
6. Insight itu yang pernah didapatkan, dapat dipakai untuk menghadapi situasi-situasi yang baru. 

Bentuk-bentuk belajar antara lain dapat dikemukakan sebagai berikut : 
1. Bentuk belajar menurut spikis 
a. Belajar dinamik yaitu artinya menghendaki sesuatu secara wajar didalam belajar 
b. Belajar efektif, cirinya belajar menghayati nilai-nilai dari obyek yang dihadapi melalui alam perasaan 
c. Belajar kognitif, cirinya dalam mempergunakan bentuk-bentuk prestasi yang mewakili obyek-obyek yang 
    dihadapi 

2. Bentuk-bentuk belajar menurut materi yang dipelajari 
a. Belajar teoritis 
b. Belajar teknis 
c. Belajar bermasyarakat 
d. Belajar estetis, cenderung bertujuan membentuk kemampuan menciptakan dan menghayati keindahan 
    diberbagai bidang kesenian. 

3. Bentuk- bentuk belajar yang tidak begitu disadari 
a. Belajar insidental : ini cirinya langsung bila orang mempelajari sesuatu dengan tujuan tertentu tetapi di 
    samping itu juga belajar hal-hal lain yang sebenarnya tidak menjadi sasaran. 
b. Belajar tersembunyi 
c. Belajar mencoba-coba 

MASALAH MOTIVASI BELAJAR 
  • Motif, motivasi dan motivasi belajar. 
  • Motif adalah : daya penggerak di dalam diri orang untuk melakukan aktifitas-aktifitas tertentu demi mencapai suatu tujuan tertentu 
  • Motivasi ialah motif yang sudah menjadi aktif pada saat-saat tertentu, motivasi belajar adalah dorongan yang mana dapat memberikan rasa belajar dengan tekun kepada peserta didik. 
  • Motif dan motivasi berkaitan erat dengan penghayatan sesuatu kebutuhan. Kaitan itu tertampung dalam istilah “lingkungan motivasi”. 

No comments:

Post a Comment