Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi berkembang atau tidaknya usaha ini, yaitu :
- Munculnya kompetitor baru di bidang usaha
yang sama karena usaha ini merupakan usaha baru dan relatif mudah untuk
ditiru
- Lokasi merupakan faktor yang bisa
menyebabkan bisnis ini berkembang atau tidak
- Inovasi merupakan hal yang sangat
mempengaruhi karena inovasi bisa membantu memciptakan perbedaan atau
kekhasan yang dapat menjadi kekuatan ‘Warung Sehat’
- Promosi merupakan hal yang perlu
diperhatikan mengingat bisnis ini merupakan bisnis baru di bidangnya
- Variasi menu makanan karena dengan bahan
utama sayur dan buah diperlukan menu makanan yang variatif untuk menarik
konsumen
- Tata cara penyajian menu makanan, hal ini
dapat mendukung variasi menu makanan
- Pelayanan yang ramah, hal ini dapat
meningkatkan keloyalan konsumen dan sebagai media promosi karena promosi
yang paling baik adalah melalui mulut ke mulut, jika pelanggan puas dengan
produk yang ditawarkan ditambah dengan pelayanan yang memuaskan maka
cenderung untuk mengajak relasi lainnya
Analisis Potensi Pasar, Konsumen dan Kompetitor
Target konsumen pada usaha ‘Warung Sehat’ yaitu anak sekolah,
mahasiswa, dan wisatawan domestik ataupun asing yang ke Bandung (dengan tujuan
biasanya untuk berbelanja, mencari jajanan, atau sekedar jalan-jalan) dan
masyarakat sekitar. Warung Sehat merupakan suatu tempat makan yang didesain
bernuansa kafe akan tetapi sederhana sehingga diharapkan dengan diletakkan pada
daerah dengan kriteria tersebut dapat menjangkau konsumen dengan kriteria
tersebut.
Anak sekolah dan mahasiswa dapat berbelanja pada hari biasa dan hari
libur siang ataupun malam. Dengan lokasi yang berada di daerah dago maka
diperkirakan malam hari tetap akan ramai oleh mahasiswa atau anak sekolah yang
senang nongkrong. Sedangkan konsumen wisatawan dan masyarakat sekitar
diharapkan dapat berbelanja pada hari libur atau akhir minggu. Hal ini
disebabkan dua konsumen tersebut merupakan orang-orang yang bekerja sehingga
waktu kosongnya ada di akhir minggu atau di hari libur.
Market Analysis
|
||||||||
2008
|
2009
|
2010
|
2011
|
2012
|
||||
Potential
Customer
|
Growth
|
CAGGR
|
||||||
SMU
|
25%
|
22
|
28
|
35
|
44
|
55
|
25.74%
|
|
Mahasiswa
|
20%
|
25
|
30
|
36
|
43
|
52
|
20.09%
|
|
Wisatawan
|
15%
|
15
|
17
|
19
|
21
|
23
|
11.28%
|
|
Lainnya
|
10%
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
15.83%
|
|
Total
|
70%
|
67
|
71
|
97
|
116
|
139
|
72.94%
|
Usaha Segmen pasar yang dipilih dalam usaha ini adalah
masyarakat menengah ke bawah. Produk ‘Warung Sehat’ disesuaikan dengan target
pasarnya, oleh karena itu harga produk dapat terjangkau. Segmen masyarakat menengah ke atas pada usaha ini sudah
cukup banyak terutama di kota-kota besar sehingga pesaingnya lebih banyak
dibandingkan dengan segmen pasar menengah ke bawah. Competitive advantage dalam usaha ini adalah differentiation maksudnya yaitu usaha ini merupakan usaha yang
berbeda dari jenis usaha makanan lainnya karena fokus usaha ini adalah pada
pengelolaan sayur mayur dan buah menjadi
makanan dan minuman yang variatif dengan segmen
pasar yang berbeda dari usaha yang sudah ada sehingga pesaing di usaha ini
masih sedikit.
No comments:
Post a Comment