Thursday, June 13, 2013

PROSES PENGILANGAN MINYAK BUMI

PROSES PENGILANGAN MINYAK BUMI 
Minyak mentah uang baru dipompakan keluar dari sumur minyak dan belum diproses, umumnya belum dapat digunakan secara langsung. Agar minyak tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal, minyak mentah tersebut harus diproses terlebih dahulu didalam kilang minyak. Minyak mentah merupakan campuran yang sangat kompleks, yang tersusun dari berbagai senyawa hidrokarbon. Di dalam kilang, minyak mentah tersebut akan mengalami sejumlah proses yang akan memurnikan dan mengubah struktur dan komposisinya, sehingga diperoleh produk-produk yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. 

Secara garis besar, proses yang berlangsung di dalam pengilangan minyak bumi, dapat digolongkan menjadi 2 bagian; yaitu: Proses Pimer dan Proses Sekunder 

A. Proses Primer/ Proses Fraksionasi 
Sebelum minyak bumi dimasukkan ke dalam kolom fraksionasi atau distilasi bertingkat, terlebih dahulu dipanaskan dalam pipa yang berada di dalam furnace/ tanur, hingga suhunya mencapai sekitar 350 0C. Minyak mentah yang sudah dipanaskan tersebut kemudian dialirkan masuk ke dalam alat/ kolom fraksionasi/ distilasi bertingkat pada bagian flash chamber ( biasanya berada pada sepertiga bagian bawah kolom). Untuk menjaga suhu dan tekanan dalam kolom, dibantu dengan pemanasan menggunakan steam panas yang bertekanan tinggi. Karena perbedan titik didih setiap komponen hidrokarbon penyusun minyak bumi, maka komponen- komponen tersebut akan terpisah dengan sendirinya. Hidrokarbon ringan (dengan titik didih yang relatif lebih rendah) akan berada dibagian atas kolom, diikuti dengan fraksi- fraksi yang lebih berat berada dibawahnya. Pada sekat dalam kolom (tray), komponen-komponen akan terkumpul sesuai dengan fraksi masing- masing. Pada setiap tingkatan raksi, akan terkumpul, kemudian dipompakan keluar kolom, diembunkan dalam alat pengembun, lalu ditampung dalam tangki produk Produk hasil dari fraksionsi ini belum bias langsung digunakan, karena masih harus ditambahkan bahan aditif, agar dapat memenuhi spesifikasi atau persyaratan baku mutu produk yang dikeluarkan oleh Dirjen Migas RI. 

B. Proses Sekunder 
Proses sekunder dalam pengilangan minyak bumi dilakukan untuk memodifikasi senyawa minyak bumi yang diperoleh setelah proses primer.Hal ini disebabkan karena jenis minyak bumi yang diperoleh dari hasil pengeboran jenis dan komposisinya sangat beragam. Oleh karenanya, untuk mendapatkan produk- produk yang dapat langsung digunakan, diperlukan proses sekunder; yang meliputi: 1).Proses: Konversi, 2) Proses Treatment / Pengolahan; 3) Proses Formulasi dan Pencampuran (blending), serta 4) Proses-proses lainnya. 

1.Proses Konversi 
Tujuan utama proses konversi adalah mengubah ukuran dan struktur senyawa hidrokarbon penyusun minyak bumi. Yang termasuk dalam proses ini adalah: proses Dekomposisi, dengan cara perengkahan / cracking, baik secara catalytic maupun thermal cracking pada suhu sekitar 550 0C. Perbedaan dari kedua cara cracking ini adalah kemudahan dalam mengarahkan produk yang diinginkan. Dalam thermal cracking, lebih sulit mengarahkan produk yang diinginkan dibandingkan dengan catalytic cracking. Minyak hasil prewngkahan kemudian dipisahkan kembali berdasarkan fraksi yang sempit dalam kolom fraksionasi. 

2. Proses Pengolahan 
Proses ini bertujuan untuk menyiapkan fraksi- fraksi hidrokarbon, untuk diolah lebih lanjut, dan akhirnya menjadi hasil akhir. Proses pengolahan meliputi: Proses hidrogenasi, alkilasi, polimerisasi, isomerisasi 

3. Proses Formulasi dan Blending. Merupakan proses pencampuran fraksi- fraksi hidrokarbon dan penambhan bahan aditif, untuk mendapatlkan produk akhir dengan spesifikasi tertentu 

4. Proses lainnya,. Yang termasuk dalam proses lainnya adalah: pengolahan limbah, proses penghilangan garam, sproses penghilangan zat pengotor, proses penghilangan sulfur. Apabila zat pengotor tidak dihilangkan dari rpoduk minyak bumi, maka akan mengganggu kinerja alat- alat yeng mnggunakan produk tersebut, terutama jika bekerja pada suhu tinggi..

Ditulis Oleh : Unknown // 10:13 AM
Kategori:

1 komentar:

  1. saya ingin berbagi dengan siapa pun di sini yang mencari pinjaman untuk bisnis atau pinjaman pribadi untuk menghubungi mr pedro di pedroloanss@gmail.com karena mr pedro dan perusahaan pinjamannya adalah semua yang saya percaya ketika datang ke solusi situasi keuangan jadi saya merekomendasikan ada yang mencari bantuan keuangan untuk menghubungi mr pedro dengan pinjaman 2 tingkat pengembalian tahunan, sekarang? Anda mengerti mengapa saya akan memilih pedro dengan perusahaan pinjamannya 100 keuangan asli.

    ReplyDelete