Tuesday, July 9, 2013

Orang yang Sukses Mengembangkan Komunikasi

Orang yang Sukses Mengembangkan Komunikasi
Tantangan terbesar dalam berkomunikasi adalah mengerti pikiran, latar belakang dan proses berpikir pendengar anda. Bila anda tahu in, anda dapat mencegah banyak “gangguan komunikasi”. Sukses tidak dapat dicapai tanpa hubungan dengan orang lain. Namun benar juga bahwa bagaimana dan seberapa jauh dan dalamnya hubungan tersebut ditentukan oleh komunikasi. Keberhasilan suatu pernikahan, pekerjaan dan hubungan dengan orang lain sebagian besar bergantung pada kemampuan anda berkomunikasi.

Komunikasi dapat didefinisikan sebagai “memberi atau tukar informasi, isyarat atau pesan melalui kata, gerakan badan atau tulisan”. Definisi ini menandakan komunikasi sebagai satu proses sepihak. Tapi sebenarnya tidaklah begitu. Komunikasi bukanlah sekedar menyampaikan pesan. Ini menyangkut interaksi antara dua insan atau lebih. Agar komunikasi menjadi efektif, kedua pihak harus terus menerus memberi dan menerima informasi, baik lisan maupun tertulis. Komunikasi yang baik dapat mencapai tingkat yang sama sekali berbeda. Seseorang dapat memiliki kemampuan untuk mengalami apa yang dirasakan pihak lain pada saat itu dan kemudian menerimanya.

Ada orang yang mempunyai bakat alam dalam berkomunikasi. Mereka sepertinya dapat berkomunikasi dengan baik tentang apa saja hampir dengan siapa saja. Bagi yang lain salah komunikasi atau salah mengerti sepertinya merupakan kebiasaan dari pada suatu pengecualian. Adapun kiat berkomunikasi anda, ini dapat ditingkatkan.

Beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan bila kita mencoba berkomunikasi dengan orang lain.
1. Berhentilah bicara
Kesulitan umum yang orang alami dalam berkomunikasi adalah bahwa mereka tidak cukup lama diam agar memberi kesempatan orang lain untuk berbicara.

2. Buatlah orang lain bersikap santai
Pusatkanlah pengertian anda tentang apa yang ingin disampaikan orang itu dari pada tanggapan anda terhadap apa yang disampaikannya.

3. Bertanyalah
Pada saat yang tepat, ajukanlah pertanyaan untuk mendapatkan tambahan informasi data untuk lebih menjelaskan suatu hal yang kurang anda pahami. Selain membantu anda untuk mengerti, ini akan mendorong pihak lain dan menunjukkan bahwa anda mendengarkan.

4. Hilangkan gangguan
Bersikaplah peka terhadap segala gangguan yang dapat mengganggu komunikasi. Beberapa orang mempunyai kesulitan dalam berkomunikasi bila ada suara gaduh atau musik keras. Orang lain mengalami kesulitan dengan gangguan fisik, seperti kursi yang kurang nyaman atau sinar matahari jatuh di mukanya.

5. Bersabarlah
Tujuan anda bukan hanya untuk memahami isi pesan pihak lain, tetapi juga meyakinkan kepada pihak lain bahwa anda menghargai segala sesuatu yang dikatakannya.

6. Bertimbang-rasalah
Bila kita menempatkan diri kita pada diri orang lain, maka Kita akan kurang berkeinginan untuk menempatkan dia pada tempatnya.

7. Jangan mencoba berkomunikasi selagi marah
Setiap orang akan marah dari waktu ke waktu. Ini adalah bagian dari kehidupan. Namun bila kemarahan itu tiba selagi orang sedang berusaha berkomunikasi, maka hasilnya akan sangat mengecewakan. Seorang yang marah akan selalu mengatakan hal yang akan disesali kemudian hari. Kemarahan juga menghambat kemampuan seseorang untuk mendengarkan.

8. Cegahlah berdebat dan mengecam
Usahakanlah selalu membangun pihak lain dari pada menghancurkannya dengan kecaman. Pada situasi dimana anda harus menyampaikan pendapat yang berbeda atau membetulkan pendapat itu, lakukanlah ini secara positif

9. Usahakanlah mendapatkan tanggapan dari pendengar anda
Tidak ada yang lebih baik untuk mengecek apakah komunikasi anda berhasil selain jawaban verbal pendengar anda.

10. Mintalah pendapat pendengar anda bila tampak ada perdebatan
Pembicara yang berpengalaman sadar bahwa bicara terus bukanlah jawabannya, yang diperlukan adalah lebih banyak mendengar.

Ditulis Oleh : Unknown // 3:32 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment