HAMBATAN
KOMUNIKASI
1. Hambatan dari Proses Komunikasi
- Hambatan dari pengirim pesan, misalnya pesan yang akan disampaikan belum jelas bagi dirinya atau pengirim pesan, hal ini dipengaruhi oleh perasaan atau situasi emosional.
- Hambatan dalam penyandian/simbol
- Hal ini dapat terjadi karena bahasa yang dipergunakan tidak jelas sehingga mempunyai arti lebih dari satu, simbol yang dipergunakan antara si pengirim dan penerima tidak sama atau bahasa yang dipergunakan terlalu sulit.
- Hambatan media, adalah hambatan yang terjadi dalam penggunaan media komunikasi, misalnya gangguan suara radio dan aliran listrik sehingga tidak dapat mendengarkan pesan.
- Hambatan dalam bahasa sandi. Hambatan terjadi dalam menafsirkan sandi oleh si penerima
- Hambatan dari penerima pesan, misalnya kurangnya perhatian pada saat menerima /mendengarkan pesan, sikap prasangka tanggapan yang keliru dan tidak mencari informasi lebih lanjut.
- Hambatan dalam memberikan balikan. Balikan yang diberikan tidak menggambarkan apa adanya akan tetapi memberikan interpretatif, tidak tepat waktu atau tidak jelas dan sebagainya.
2. Hambatan Fisik
Hambatan fisik dapat
mengganggu komunikasi yang efektif, cuaca gangguan alat komunikasi, dan lain
lain, misalnya: gangguan kesehatan, gangguan alat komunikasi dan sebagainya.
3. Hambatan Semantik.
Kata-kata yang
dipergunakan dalam komunikasi
kadang-kadang mempunyai arti
mendua yang berbeda, tidak jelas atau berbelit-belit antara pemberi pesan dan
penerima
4. Hambatan Psikologis
Hambatan psikologis dan
sosial kadang-kadang mengganggu komunikasi, misalnya; perbedaan nilai-nilai
serta harapan yang berbeda antara pengirim
dan penerima pesan.
PENUGASAN
- Kelas dibagi menjadi empat (4) kelompok
- Masing-masing kelompok memilih ketua kelompok.
- Ketua kelompok menugaskan anggota kelompoknya
untuk berpasang-pasangan. Masing-masing menanyakan kepada pasangannya
tentang :
-
Keluarga (anak, istri/suami dll)
-
Pendidikan
-
Tempat kerja
-
Rencana masa depan, termasuk rencana yang berkaitan
dengan SPMKK dan tidak boleh dibuat catatan.
- Setelah itu saling bergantian (10 menit).
- Setelah itu masuk dalam kelompok kecil dan
menceritakan apa yang dia peroleh dari pasangannya (pasangannya tidak
boleh berkomentar sebelum selesai penyampaian).
- Setelah selesai baru
diklarifikasi oleh yang bersangkutan (YBS).
- Terakhir diskusikan apa yang
dapat anda peroleh dari permainan diatas
- Catatan untuk fasilitator :
-
Metoda ini untuk melihat :
a.
Apakah seseorang dapat menjadi seorang pendengar yang
baik
b.
Apakah seseorang dapat menyampaikan
informasi dengan jelas
-
Setelah itu sampaikan “10 Ciri-Ciri
Pendengar yang Baik” (lihat.ppt)
KESIMPULAN
Komunikasi dirumuskan sebagai suatu proses penyampaian pesan/informasi diantara beberapa orang. Karenanya komunikasi melibatkan seorang pengirim, pesan/informasi saluran dan penerima pesan yang mungkin juga memberikan umpan balik kepada pengirim untuk menyatakan bahwa pesan telah diterima. Komunikasi adalah suatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dalam berkomunikasi seseorang harus memiliki dasar sebagai berikut; niat, minat, pandangan, lekat, libat. Dalam proses komunikasi kita juga harus ingat bahwa ada hambatan yaitu baik dari pengirim, saluran, penerima dan umpan balik serta hambatan fisik dan psikologis.
Tujuan komunikasi adalah berhubungan
dan mengajak dengan orang lain untuk mengerti apa yang kita sampaikan dalam mencapai tujuan. Keterampilan
berkomunikasi diperlukan dalam bekerja sama dengan orang lain. Ada dua jenis
komunikasi, yaitu verbal dan non verbal,
komunikasi verbal meliputi kata-kata yang diucapkan atau tertulis, sedangkan komunikasi non verbal
meliputi bahasa tubuh. Menurut bentuk komunikasi, ada yang disebut komunikasi
satu arah dan komunikasi dua arah.
Komunikasi satu arah berarti sebuah
pesan dikirim dari pengirim ke penerima
tanpa ada umpan balik. Komunikasi dua arah terjadi bila pengiriman pesan dilakukan dan
mendapatkan umpan balik. Komunikasi
berdasarkan besarnya sasaran
terdiri dari komunikasi massa, komunikasi kelompok, dan komunikasi
perorangan. Sedangkan komunikasi berdasarkan arah pesan terbagi atas; komunikasi satu arah dan
komunikasi timbal balik.
EVALUASI
- Sebutkan tiga pengertian komunikasi yang anda ketahui !
- Sebutkan tujuan komunikasi !
- Jelaskan proses komunikasi !
- Jelaskan komunikasi non verbal yang mempengaruhi
isi pesan yang disampaikan!
- Sebutkan faktor penghambat dalam berkomunikasi.
KEPUSTAKAAN
Ann
Marriner,Tomey, Guide to Nursing
management and Leadership,
Mosby year book Inc 1996
Elaine.L.Monica, Kepemimpinan
dan Management Keperawatan ,pendekatan berdasarkan pengalaman, Penerbit
buku kedokteran EGC 1998
Roger.
B. Ellis Robert,J Gates and Neil kenwarthy, Interpersonal communication
in Nursing Theory and Practice, Churcill Livingstone, 1995
0 komentar:
Post a Comment