I. PERSIAPAN RENCANA USAHA
Suatu bisnis / usaha dimulai dengan adanya ide, oleh karena itu untuk merealisir suatu bisnis yang baik diperlukan juga ide produk yang baik dan tepat. Langkah-langkah dibawah ini merupakan salah satu cara untuk membantu dalam mendapatkan ide produk sampai terwujudnya suatu bisnis.
II. PEMBUATAN RENCANA USAHA (BUSINESS PLAN)
A. UMUM
1. APA PRODUK KITA
Jenis produk / jasa yang ingin dibuat / dijual keistimewaannya secara umum dan khusus
1. DIMANA DAN MENGAPA MEMILIH LOKASI USAHA
- Peta tempat usaha
- Alasan pribadi dan ekonomi memilih lokasi tersebut
B. RENCANA PEMASARAN
1. SIAPA YANG AKAN MENJADI PELANGGAN DAN DARIMANA MEREKA
Pedagang besar, pengecer, perorangan, rumah tangga, sekolah, rumah sakit, kantor pemerintah dsb.
2. BAGAIMANA SAYA DAPAT MENJELASKAN SETIAP PELANGGAN
Jelaskan kelompok pelanggan yang berbeda untuk setiap produk, karakteristik dari anggota-anggota setiap kelompok secara umum, dan siapa saja yang ingin dan mampu membeli produk tersebut.
3. BERAPA UNIT YANG AKAN DIBELI OLEH PELANGGAN DALAM SETAHUN
- Menetapkan kelompok pelanggan untuk masing-masing produk
- Perkirakan jumlah mereka
- Perkirakan berapa sering mereka membeli
- Perkirakan berapa banyak yang mereka beli dalam satu tahun
4. SIAPA YANG AKAN MENJADI PESAING DAN BERAPA UNIT PRODUK YANG DAPAT
MEREKA JUAL DALAM SETAHUN
Tentukan para pesaing untuk setiap produk dan perkirakan berapa unit yang mereka dapat jual dalam setahun
5. BERAPA UNIT PRODUK MAKSIMAL YANG MUNGKIN DAPAT DIJUAL
Berdasarkan peluang dan pesaing, perkirakan berapa banyak masing-masing produk yang dapat dijual
6. BAGAIMANA MEMPROMOSIKAN PRODUK YANG ADA
Jelaskan berapa cara mempromosikan produk dan pesan yang tepat untuk calon pelanggan
7. BAGAIMANA PERKEMBANGAN PERMINTAAN ATAS PRODUK DI PASAR
- Perkembangan populasi di wilayah pasar
- Perkembangan jumlah pelanggan
- Perkembangan keinginan dan kemampuan membeli
8. BERAPA BANYAK PRODUK YANG AKAN DIBUAT DAN DIJUAL PADA TAHUN
PERTAMA, KEDUA, DAN KETIGA
Buatlah perkiraan jumlah unit utama yang akan dibuat dalam jangka tiga tahun pertama operasi usaha
9. KUALITAS PRODUK YANG BAGAIMANA YANG DIINGINKAN PELANGGAN
- Bentuk (appearance) : keenakannya dipandang mata
- Penampilan (performance) : punya arti tersendiri
- Keawetan (durability) : tahan lama
- Keamanan (safety) : tidak mencelakakan
- Kenyamanan (comfort) : enak dirasakan
- Ekonomis (economy) : dihubungkan dengan harga
10. BAGAIMANA KUALITAS YANG DITAWARKAN
Perhatikan keunggulan dan kelemahan produk pesaing
11. BERAPA HARGA JUAL YANG DITENTUKAN
- Biaya plus tingkat keuntungan tertentu
- Memperhatikan harga pesaing
- Harga promosi
C. RENCANA PRODUKSI DAN OPERASI
1. BAGAIMANA LANGKAH-LANGKAH DALAM MEMPRODUKSI SETIAP PRODUK
Jelaskan langkah-langkah produksi untuk setiap produk dan juga waktu dari setiap langkah tersebut
2. MESIN, ALAT-ALAT DAN PERLENGKAPAN APA SAJA YANG DIBUTUHKAN
Catat semua mesin, alat, perlengkapan yang dibutuhkan dan jelaskan penggunaannya masing-masing
3. DIMANA MESIN. ALAT, DAN PERLENGKAPAN TERSEBUT DIDAPAT / DIBELI DAN
BERAPA BIAYANYA
4. BAGAIMANA PERAWATAN / PEMELIHARAAN MESIN DILAKUKAN DAN APAKAH SUKU CADANGNYA TERSEDIA DI PASAR SETEMPAT
- Jelaskan tugas-tugas perawatan dan siapa yang melaksanakannya
- Dimana dan kapan suku cadang didapat
5. BERAPA LUAS TEMPAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK BENGKEL KERJA
Gambar sketsa tata ruang dan berapa luas total yang dibutuhkan
6. JENIS PEKERJA LANGSUNG YANG DIBUTUHKAN DAN KETRAMPILAN APA SAJA YANG
DIMILIKI OLEH MEREKA
- Nama jenis pekerjaan yang akan dilakukan dalam setiap langkah produksi / operasi
- Jelaskan kualifikasi dan pengalaman yang harus mereka miliki
7. BERAPA PEKERJA LANGSUNG YANG DIBUTUHKAN UNTUK OPERASI TAHUN
PERTAMA, KEDUA, DAN KETIGA
8. TENAGA KERJA TIDAK LANGSUNG APA YANG DIBUTUHKAN DAN KETRAMPILAN APA
YANG HARUS MEREKA MILIKI
Supervisor, sekretaris, manajer dll
9. BERAPA BESAR BIAYA TOTAL UNTUK PEKERJA LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG
Biaya total untuk pekerja langsung dan tidak langsung
10. JENIS BAHAN / MATERIAL YANG DIBUTUHKAN DAN DIMANA MENDAPATKANNYA
Yang perlu diperhatikan untuk mencari pemasok adalah: jauh-dekat, tersedia bila dibutuhkan, keragaman sediaan dan syarat pembelian seperti kredit. Selain itu adalah harganya
11. BERAPA BANYAK BAHAN LANGSUNG YANG DIBUTUHKAN DAN BIAYA BAHAN PER
UNIT PRODUK
Banyaknya bahan yang dibutuhkan setiap produk dan biaya per unit produk
12. BERAPA BESAR BIAYA BAHAN LANGSUNG TAHUN PERTAMA, KEDUA, DAN KETIGA
13. BERAPA BANYAK BAHAN TIDAK LANGSUNG YANG DIBUTUHKAN DAN BIAYANYA
UNTUK OPERASI TAHUN PERTAMA, KEDUA, DAN KETIGA
Untuk setiap tahun jelaskan jenis, kualitas, dan biaya bahan tidak langsung yang dibutuhkan
0 komentar:
Post a Comment