Wednesday, March 27, 2013

Macam- macam pelayanan kesehatan

Faktor -faktor yang menentukan bentuk dan jenis pelayanan kesehatan.
1.      Pengorganisasian pelayanan

2.      Ruang lingkup kegiatan
3.      Sasaran Pelayanan Kesehatan
            Macam- macam pelayanan kesehatan
1.       Pelayanan Kesehatan masyarakat
Pelayanan Kesehatan yang termasuk dalam kelompok Pelayanan Kesehatan masyarakat ditandai dengan cara pengorganisasian yang umumnya secara bersama-sama dalam satu organisasi, tujuan utamanya adalah untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit dan sasarannya terutama kelompok dan masyarakat.
2.       Pelayanan Kedokteran
Pelayanan Kesehatan yang ternasuk dalam kelompok ini Pelayanan Kedokteran ditandai dengan cara pengorganisasian yang dapat bersifat sendiri, tujuan utamanya untuk menyembuhkan penyakit dan memulihkan kesehatan dan sasarannya terutama untuk perorangan dan keluarga.

Sistem pelayanan kesehatan
1.      Pelayanan Kesehatan Dasar
Pada umumnya pelayanan dasar dilaksanakan di puskesmas, puskesmas pembantu, puskesmas keliling dll selain rumah sakit.
2.      Pelayanan Kesehatan rujukan
Pelayanan umum dilakukan dirumah sakit. Pelayanan keperawatan diperlukan baik dalam pelayanan kesehatan dasar maupun pelayanan kesehatan rujukan.

Kedudukan Etika Kesehatan
Sebagai tantangan bagi konsep-konsep dari kewajiban moral masyarakat umumnya dan tenaga kesehatan khususnya yang berlaku agar hubungan dan tanggung jawab antara moral, kesehatan, dan masyarakat khususnya tenaga kesehatan ; berjalan selaras/seimbang, sehingga permasalahan kesehatan dapat diatasi secara optimal.
Kedudukan Etika Kesehatan
Adalah merupakan telaah dan penilaian perilaku masyarakat terhadap kesehatan, apakah pelaksanaannya berlangsung sesuai dengan norma kesopanan sehingga berlangsung tertib dan menyenangkan dalam hubungan antar sesama didalam masyarakat; atau sesuai dengan norma hukum agar peraturan-peraturan yang dibuat/ yang ada bertujuan menciptakan kehidupan bersama dalam kesehatan masyarakat untuk mencapai ketentraman dan kedamaian.

Kedudukan Etika Kesehatan
Sebagai modal penting bagi masyarakat dan tenaga kesehatan dalam memberikan tanggapan/respon yang baik sehingga penerapan kesehatan yang diharapkan dapat berjalan optimal dengan dukungan perilaku positif dari masyarakat dan tenaga kesehatan untuk menciptakan kesehatan sesuai aturan yang berlaku.

Ruang Lingkup Etika Kesehatan
Etika kesehatan mencakup penilaian terhadap gejala kesehatan baik yang disetujui maupun tidak disetujui, serta mencakup rekomendasi bagaimana bersikap/bertindak secara pantas dalam bidang kesehatan.

Ruang Lingkup Etika Kesehatan
Etika kesehatan mencakup ruang lingkup, minimal :
1.      treatment pada pasien yang menghadapi ajal
2.      mengijinkan unsur mengakhiri penderitaan dan hidup pasien dengan sengaja atas permintaan pasien sendiri, pembatasan perilaku, dan informed consent
3.      Bioetika (aborsi, pembatasan kelahiran, ….)
4.      Pengungkapan kebenaran dan kerahasiaan dalam bidang kedokteran

Ditulis Oleh : Efendi Pakpahan // 9:51 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment