Wednesday, March 27, 2013

Pengertian Apotek

Apotek merupakan sarana penyaluran obat, informasi tentang obat dan apotek bisa juga tempat kerja lapangan (PKL) bagi mahasiswa/i D-III yang akan menyelesaikan pendidikannya. PKL di Apotek Keluarga Anda Medan. Selama mengikuti PKL tersebut ditemukan beberapa permasalahan antara lain: Penulisan resep kadang sulit di baca, pasien yang tidak sabar menunggu pelayanan resepnya, sistem pencatatan dengan kartu stock kurang efisien, terjadinya kondisi pembelian yang berbeda.


Penulisan Resep Kadang Sulit di Baca

          Di Apotek Keluarga Anda kadang-kadang dijumpai beberapa resep yang sulit dibaca. Hal ini menjadi kendala untuk pengerjaan resep. Sehingga pihak Apotek menanyakan resep tersebut kepada dokter atau klinik yang memberikan resep tersebut supaya resep tersebut bisa dikerjakan.

Pasien yang Tidak Sabar Menunggu Pelayanan Resepnya
          Pasien yang datang di Apotek Keluarga Anda terkadang tidak sabar menunggu karena adanya kesulitan dalam membaca resep, obat yang diminta stock nya sedang kosong sehingga pihak apotek membeli ke apotek lain maka pengerjaan resepnya menjadi lama.
  
Sistem Pencatatan dengan Kartu Stock Kurang Efisien
          Stock barang adalah suatu persediaan barang (obat) yang ada di apotek. Persediaan barang yang ada di apotek Keluarga Anda adalah obat narkotika, obat psikotropika, obat keras dan obat bebas serta alat-alat kesehatan. Obat-obat yang ada di apotek Keluarga Anda di catat menggunakan kartu stock. Pencatatannya kurang efisien karena ada beberapa barang yang tidak sesuai dengan stock barang.

Terjadinya Kondisi Pembelian yang Berbeda
            Apotek Keluarga Anda membeli perbekalan Farmasi di PBF resmi dengan pembelian kontan dan kredit. Kondisi pembelian kontan lebih besar di bandingkan dengan pembelian kerdit. Pada pembelian kontan diskon yang diberikan 1% - 1,5% hal ini akan mempengaruhi harga jual di apotek ( HJA). Selain itu juga di perlukan uang cash yang besar untuk mendapatkan diskon yang besar.

Ditulis Oleh : Efendi Pakpahan // 9:17 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment