Customer Dependency
Elemen
ketrgantungan konsumen terhadap produsen disebabkan oleh:
o Akses
lokasi karena sangat strategis
o Kemampuan
pegawai mengenal pelanggan
o Inovasi
produk bermutu atau jasa memuaskan
Keterikatan
yang sukarela menandakan adanya rasa puas, tapi bila terpaksa maka perusahaan
menghadapi tantangan untuk menumbuhkan dalam diri pelanggan perasaan yang tulus
terhadap hubungan mereka. Pada bank: keterikatan nasabah dipengaruhi oleh
kedekatan karyawan bank dengan nasabahnya, dan ketersediaan akses. Pada pusat
belanja: para pedagang merasa terikat karena program bauran pemasaran, CRM, dan
nilai pelanggan.
1. Turbo
Marketing
Setelah kita melihat orientasi
perusahaan dalam menghadapi saingan melalui evaluasi konsep maka ada
pembaharuan terakhir usaha perusahaan mengatasi saingan melalui strategi turbo
marketing.
Sedari dulu perusahaan mengungguli
saingan melalui:
- Perang harga, dengan cara meningkatkan efisiensi, harga murah, produksi besar-besaran
- Perang dessain, produk perusahaan tampil beda dari perusahaan lain. Orang berlomba dalam membuat desain, style, rasa, bentuk, dan sebagainya
- Perang kualitas, produk perusahaan diusahakan makin baik, berkualitas dengan menerapkan Total Quality Control
- Perusahaan menerapkan strategi turbo marketing, dengan berusaha menekan waktu sehingga perusahaan lebih unggul dalam hal:
v Proses
produksi lebih cepat sehingga konsumen tidak menunggu lama.
Contoh: KA Ekspres, surat kilat khusus,
produk mobil terbaru tidak perlu inden.
v Pelayanan
lebih cepat sehingga konsumen lebih cepat melihat hasilnya.
Contoh: cetak foto
kilat, fast food, dll.
2.
Kebijaksanaan Harga
Kebijaksanaan harga adalah
keputusan mengenai harga-harga yang akan diikuti untuk jangka waktu tertentu.
Kebijaksanaan harga dapat ditentukan oleh beberapa lembaga seperti:
v Produsen
v Grosir
v Retailer
v Pemerintah
Produser dapat membuat kebijaksanaan harga seperti
model skimming price, penetration price.
Grosir dapat melakukan kebijaksanaan harga
berdasarkan daerahpembeli, dengan membebankan ongkos transport atau sebaliknya.
Kebijaksanaan harga oleh retailer, lebih banyak
variasinya, yang tujuannya adalah untuk menarik konsumen.
Kebijaksanaan harga pemerintah sebagai pengawas
ekonomi di masyarakat dapat menetapkan harga berdasarkan ceiling price dan
floor price.
Ø Price Discount
Kadang-kadang toko eceran menjual barang lebih
murah, ini dimugkinkan karena adanya discount. Discount ini dapat diberikan
berdasarkan jumlah pembelian, karena musim, ada tujuan tertentu perusahaan dan
karena sistem pembayaran.
Ø Promotional Discount
Ada dua tipe promotional discount, yaitu markdowns
dan loss leaders. Markdown discount berarti discount yang diadakan untuk
memberanikan konsumen membeli barang yang sebenarnya tidak ia perlukan.
Ø A loss leader
Ini berarti usaha untuk menjual barang dibawah
harga pokoknya. Agar denagn demikian merangsang orang untuk membeli barang
lain. Pengusaha akan rugi besar bila konsumen yang datang hanya membeli barang
loss leadersaja. Akan tetapi dalam kenyataan konsumen yang datang, juga membeli
barang lain untuk kebutuhan rumah tangga.
Ø Penetapan harga barang baru
Price
skimming. Dalam hal ini
pengusaha menetapkan harga setinggi mungkin. Hal iini dimungkinkan karena belum
ada barang saingan, dal barang ditujukan untuk golongan kaya. Barang ini harus
mempunya keistimewaan, dan menimbulkan prestise bagi para konsumennya. Setelah
barsng laku, kemudian harganya berangsur diturunkan, dan keuntungan pengusaha
makin berlipat ganda
Penetration
pricing. Kabijaksanaan
harga ini berlawanan dengan skimminh price. Barang ini sudah banyak saingan di
pasar. Oleh sebab itu untuk memasuki pasar harganya harus di banting serendah
munggkin.
Geographic
pricing. Kebijaksanaan
harga terakhir adalah yang memperhatikan ongkos pengiriman. Setelah terjadi
penjualan siapakah yang menanggung biaya pengiriman, apakah penjual atau
pembeli, ini disebut geographic pricing karena mempertimbangkan lokasinya
3.
Promotion atau Komunikasi Bisnis
Promosi adalah elemen ke empat dalam marketing
mix. Promosi didefinisikan sebagai komunikasi yang memberi informasi kepada
calon konsumen mengenai suatu produk, yang dapat memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen dan mendorong mereka untuk membeli. Ada beberapa elemen
promosi yang dikenal sebagai promotional mix, yaitu:
ü Advertising
Merupakan alat komunikasi yang sangan ampuh, dapat
mencapai daerah yang sangat jauh, dan sulit dimasuki. Advertising dapat masuk
ke rumah-rumah penduduk tidak mengenal waktu siang atau malam.
ü Personal selling
Adalah promosi yang dilakukan oleh orang. Misalnya
para penjual di toko, atau penjual dari rumah ke rumah. Jangkauan
operasionalnya sangat terbatas dan biayanya mahal. Akan tetapi personal selling
memiliki keunggulan, yaitu dapat mengetahui keberatan-keberatan yang diajukan
oleh konsumen, mereka dapat berdialog dengan konsumen.
ü Public relation
Merupakan bagian dari perusahaan yang memberi
informasi pada publik tentang perusahaan dan produk yang dihasilkannya.
ü Sales promotion
Adalah memberi intensif atau hadiah kepada
konsumen, agar mereka tertarik untuk membeli. Sales promotion mengajak mereka
agar mau membeli sekarang juga.
0 komentar:
Post a Comment