Monday, June 24, 2013

Penanganan ketombe secara tradisional

Penanganan ketombe secara tradisional
Masyarakat telah melakukan berbagai penanganan tradisional untuk mengatasi ketombe, salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal. Tanaman-tanaman yang sering digunakan adalah:

1. Nanas
Buah nanas (Ananas comosus (L.) Merr) adalah tanaman obat tradisional yang mempunyai efek anti inflamasi, anti oksidan, anti cancer, anti bakteri dan anti fungi.

Zat-zat kimia yang terkandung di dalam nanas antara lain adalah vitamin A dan C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, enzim bromelain, saponin, flavonoid, polifenol.

Kandungan zat kimia yang berefek anti fungi :
a) Saponin : Menunjukkan efek anti fungi, anti bakteri, anti inflamasi, dan mempunyai efek sitotoksik.12
b) Flavonoid : Mempunyai efek anti inflamasi, anti bakteri, anti fungi, anti viral, anti cancer dan anti 
    oksidan.13
c) Polifenol : Mempunyai efek anti inflamasi, anti fungi, anti bakteri, anti cancer dan anti oksidan.

2. Lemon
Penatalaksanaan ketombe di masyarakat tidak hanya dilakukan secara medis, tetapi juga dapat menggunakan cara alami, salah satunya adalah dengan menggunakan air perasan jeruk lemon. Air perasan jeruk lemon sering dipakai masyarakat untuk mengobati ketombe karena diyakini berkhasiat, bahannya mudah didapat, serta mengandung bahan alami. Martos dkk. telah meneliti bahwa kandungan d-limonene dalam jeruk lemon memiliki efek antijamur. Sebelumnya peneliti telah melakukan uji pendahuluan dan didapatkan kadar hambat minimum (KHM) air perasan jeruk lemon terhadap Malassezia sp. Secara invitro adalah pada konsentrasi 25%

3. Seledri
Selain pengobatan secara medis, pengobatan tradisional untuk menghilangkan ketombe juga dapat ditemukan di masyarakat. Salah satunya dengan cara menggunakan seledri untuk menghilangkan ketombe.7 Dalam hal ini efek antimikroba atau antijamur tanaman ini diduga memiliki peranan penting.3,7.

Pada sebuah penelitian sebelumnya diketahui ekstrak seledri memiliki efek antijamur yang dapat menghambat pertumbuhan Malassezia sp.

Ditulis Oleh : Unknown // 6:01 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment