Wednesday, June 12, 2013

Prinsip Kerja Motor Bakar

Prinsip Kerja Motor Bakar 
Prinsip kerja motor bakar dibedakan menjadi 2 yaitu motor 4 langkah dan 2 langkah. 

Motor bensin 4 langkah 
Motor bensin empat langkah adalah motor yang setiap satu kali pembakaran bahan bakar memerlukan 4 langkah dan 2 kali putaran poros engkol, dapat dilihat pada (gbr.2.2). 

 Gambar 2.2. Skema Gerakan Torak 4 langkah 
(Sumber : Arismunandar, 2002) 

Prinsip kerja motor 4 langkah dapat dijelaskan sebagai berikut : 
Langkah isap : 
1. Torak bergerak dari TMA ke TMB 
2. Katup masuk terbuka, katup buang tertutup. 
3. Campuran bahan bakar dengan udara yang telah tercampur di dalam karburator masuk ke dalam silinder 
    melalui katup masuk. 
4. Saat torak berada di TMB katup masuk akan tertutup. 

Langkah kompresi : 
1. Torak bergerak dari TMB ke TMA. 
2. Katup masuk dan katup buang kedua-duanya tertutup sehingga gas yang telah diisap tidak keluar pada 
    waktu ditekan oleh torak yang mengakibatkan tekanan gas akan naik. 
3. Beberapa saat sebelum torak mencapai TMA busi mengeluarkan bunga api. 
4. Gas bahan bakar yang telah mencapai tekanan tinggi terbakar. 
5. Akibat pembakaran bahan bakar, tekanannya akan naik menjadi kira-kira tiga kali lipat. 

Langkah kerja / ekspansi : 
  1. Saat ini kedua katup masih dalam keadaan tertutup. 
  2. Gas terbakar dengan tekanan yang tinggi akan mengembang kemudian menekan torak turun kebawah dari TMA ke TMB. 
  3. Tenaga ini disalurkan melalui batang penggerak, selanjutnya oleh poros engkol diubah menjadi gerak beputar. 
Langkah pembuangan : 
1. Katup buang terbuka, katup masuk tertutup. 
2. torak bergerak dari TMB ke TMA. 
3. Gas sisa pembakaran terdorong oleh torak keluar melalui katup buang. 

Motor Bensin 2 Langkah 
Motor bensin 2 langkah adalah mesin yang proses pembakarannya dilaksanakan dalam satu kali putaran poros engkol atau dalam dua kali gerakan piston. 
 

Gambar 2.3. Skema Gerakan Torak 2 Langkah 
(Sumber ; www.keveney.com

Pada gambar di atas merupakan kerja pada motor 2 langkah, jika piston bergerak naik dari titik mati bawah ke titik mati atas maka saluran bilas dan saluran buang akan tertutup. Dalam hal ini bahan bakar dan udara dalam ruang bakar dikompresikan. Sementara itu campuran bahan bakar dan udara masuk ruang engkol, beberapa derajat sebelum piston mencapai titik mati atas, busi akan meloncatkan api sehingga terjadi pambakaran bahan bakar. 

Prinsip kerja dari motor 2 langkah : 
Langkah hisap : 
  1. Torak bergerak dari TMA ke TMB. 
  2. Pada saat saluran bilas masih tertutup oleh torak, didalam bak mesin terjadi kompresi terhadap campuran bensin dengan udara. 
  3. Di atas torak, gas sisa pembakaran dari hasil pembakaran sebelumnya sudah mulai terbuang keluar saluran buang. 
  4. Saat saluran bilas terbuka, campuran bensin dengan udara mengalir melalui saluran bilas terus masuk kedalam ruang bakar. 
Langkah kompresi : 
  1. Torak bergerak dari TMB ke TMA. 
  2. Rongga bilas dan rongga buang tertutup, terjadi langkah kompresi dan setelah mencapai tekanan tinggi busi memercikkan bunga api listrik untuk membakar campuran bensin dengan udara tadi. 
  3. Pada saat yang bersamaan, dibawah (di dalam bak mesin) bahan bakar yang baru masuk kedalam bak mesin melalui saluran masuk. 
Langkah kerja/ekspansi : 
  1. Torak kembali dari TMA ke TMB akibat tekanan besar yang terjadi pada waktu pembakaran bahan bakar 
  2. Saat itu torak turun sambil mengkompresi bahan bakar baru di dalam bak mesin. 
Langkah buang : 
  1. Menjelang torak mencapai TMB, saluran buang terbuka dan gas sisa pembakaran mengalir terbuang keluar. 
  2. Pada saat yang sama bahan bakar baru masuk ke dalam ruang bahan bakar melalui rongga bilas. 
  3. Setelah mencapai TMB kembali, torak mencapai TMB untuk mengadakan langkah sebagai pengulangan dari yang dijelaskan di atas.

Ditulis Oleh : Unknown // 3:09 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment