Wednesday, June 12, 2013

PROPOSAL Program Magang (Internship)

PROPOSAL  Program Magang (Internship) 
Mahasiswa Program Studi Manajemen 
Fakultas Ekonomi UNPAD 

Persaingan dunia usaha yang semakin kompetitif, mendorong perusahaan untuk menjadikan sumber daya manusia sebagai aset utama dan mitra strategis dalam mencapai visi dan misi perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan seringkali bersaing untuk mendapatkan SDM yang kompeten dan berkualitas sedini mungkin. Untuk mendapatkan calon karyawan yang berkualitas unggul dengan lebih cepat dibanding pesaing, perusahaan biasanya memanfaatkan program magang (internship) bagi mahasiswa tingkat akhir dari suatu Universitas. 

Program Studi Manajemen FE UNPAD telah lama bermitra dengan perusahaan-perusahaan nasional untuk memagangkan mahasiswanya. Keunggulan mahasiswa Program Studi Manajemen FE UNPAD adalah mahasiswa pilihan yang masuk universitas melalui jalur SPMB/UMPTN yang sangat ketat dan kompetitif, memiliki daya saing unggul dengan kekhususan pengetahuan-pengetahuan di bidang keuangan, pemasaran, produksi, sumber daya manusia, kewirausahaan, dan manajemen syariah. 

Program Studi Manajemen FE UNPAD ter-Akreditasi "A" dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Diknas. Menurut survey Majalah Tempo 2009, lulusan Program Studi Manajemen FE UNPAD merupakan pilihan favorit ke-2 industri untuk ditempatkan lulusannya sebagai karyawan di perusahaan / instansinya. Prestasi yang ditorehkan oleh dosen maupun mahasiswanya juga sangat beragam, baik di tingkat nasional maupun internasional. 

Prestasi Internasional yang diraih mahasiswa, yaitu meraih 1st Winner of 2008 World Grand Finale Global TIC Talentpreneur Award & Forum yang dilaksanakan oleh Global TIC Association di Taiwan serta sebagai Candidate of Finalist Teams for TIC Americas Young Enterpreneur Talent & Innovation Competition, Columbia, Amerika Serikat. 

Prestasi tingkat nasional adalah: (i) Best Paper of TQM 2007 yang diselenggarakan Jamsostek, (ii) sebagai peraih beasiswa Fullbright untuk mengikuti kuliah setahun 2008/2009 di Montana State University, Bozemen, Montana Amerika Serikat, (iii) Juara Karya Tulis Nasional, (iv) Juara ke-3 Prasetya Mulya 2008 Marketing Plan Competition, (v) Miss Indonesia 2007, (vi) Juara ke-1 Brand Activation Plan Competition 2009 dari Prasetya Mulya Business School. 

Perusahaan mitra magang diharapkan dapat memberikan kompensasi dalam bentuk makan siang, bantuan transportasi, bantuan akomodasi, dan atau honorarium. 

Bagi Perusahaan : 
1. Medapatkan SDM unggulan yang langsung dapat direkrut dan diseleksi. 
2. Mendapatkan akses langsung informasi SDM yang siap pakai dan kompeten. 
3. Mendapatkan ide segar, inovatif, dan kreatif dari mahasiswa peserta program magang. 
4. Mendukung pelaksanaan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibilities) perusahaan. 

Bagi Mahasiswa: 
  1. Memperkuat keterampilan kerja mahasiswa sekaligus mempraktekkan langsung ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah ke dunia kerja. 
  2. Mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja lebih cepat dan profesional. 
  3. Menjadikan perusahaan tempat magang sebagai objek penelitian untuk skripsi mahasiswa, sehingga skripsi yang dibuat benar-benar mencerminkan masalah riil yang terjadi di perusahaan. 
Bagi Institusi Program Studi Manajemen: 
1. Membangun hubungan kemitraan dengan perusahaan mitra maganng. 
2. Mendukung kurikulum pendidikan. 
3. Mendukung Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Manajemen FE UNPAD. 
4. Mempersingkat waktu tunggu lulusan dan memperbesar penyerapan lulusan ke dunia kerja. 

Bagi Perusahaan 
Program magang ini dapat menjadi salah satu sumber rekrutasi, sehingga perusahaan dapat lebih cepat untuk memperoleh kandidat-kandidat terbaik. Selain itu, program magang ini juga dapat menjadi sarana bagi perusahaan untuk memanfaatkan ilmu yang dimiliki oleh mahasiswa untuk melakukan riset-riset terkait dengan mencari solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan. 

Bagi Institusi Program Studi Manajemen 
Program magang ini diharapkan dapat mempercepat waktu penyesuaian bagi lulusan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UNPAD dalam memasuki dunia kerja. 

Bagi Mahasiswa 
Sebagai sarana untuk mengembangkan kompetensi dan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh sehingga mampu mengatasi masalah-masalh riil yang terjadi di dunia kerja dan dapat mendukung kapasitas kompetitif yang hendak mereka bangun. 
  • Program ini diikuti oleh mahasiswa S1 Program Studi Manajemen FE UNPAD semua konsentrasi (Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia, Operasi, Kewirausahaan, dan Manajemen Syariah). Mahasiswa diseleksi melalui persyaratan administrasi. 
  • Program internship ini dilaksanakan dalam jangka waktu 3-6 bulan, dan dapat diperpanjang namun tidak melebihi 12 bulan, tergantung pada kebijakan perusahaan yang menjadi mitra program magang. 
  • Mahasiswa peserta program magang diwajibkan bekerja secara fulltime, sehingga mahasiswa yang dapat mengikuti program magang ini adalah mahasiswa yang telah tutup teori dan sedang dalam proses penyusunan skripsi. 
  • Program ini dapat diambil pada saat kegiatan SAT untuk masa magang 2-3 bulan atau pada saat perkuliahan semester Ganjil/Genap untuk masa magang lebih dari 3 bulan. 
  • Penelitian skripsi yang dilakukan oleh para peserta program magang ini diharapkan dapat berupa masalah riil yang dihadapi oleh perusahaan yang menjadi tempat magang. 
  • Program magang ini dapat berbentuk penelitian yang dilakukan oleh Tim Mahasiswa sebagai upaya untuk mencari solusi atas masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan mitra magang. 
  • Peserta program magang diwajibkan untuk membuat laporan ilmiah terkait dengan hal-hal yang dilaksanakan dan dihadapi selama proses magang. 
Persyaratan Akademis: 
  1. Mahasiswa minimal duduk di Semester 7 dan telah selesai teori (Tidak ada perkuliahan di kelas) serta belum lulus ujian komprehensif dan skripsi. 
  2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 3,00. 
  3. Skor TOEFL minimal 500. 
  4. Memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan program-program komputer dengan baik. 
  5. Aktif dalam organisasi dan pernah terlibat dalam suatu kepanitian, baik di tingkat universitas, fakultas, maupun Program Studi. 
Persyaratan Administrasi 
Pada saat akan mengikuti proses seleksi untuk program magang, mahasiswa harus menyerahkan dokumen-dokumen sebagai berikut: 
  1. Surat permohonan mengikuti program magang yang ditujukan kepada perusahaan mitra magang yang dikehendaki. 
  2. Fotokopi transkrip yang dilegalisir oleh pejabat berwenang, masing-masing rangkap 2 (dua). 
  3. Pasfoto (berwarna) terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 (dua) lembar. 
  4. Curriculum Vitae (CV)/Daftar riwayat hidup rangkap 2 (dua). 
  5. Fotokopi sertifikat skor TOEFL. 
  6. Surat keterangan bebas teori dari ketua Program Studi. 
  7. Fotokopi sertifikat pelatihan komputer. 
  8. Surat keterangan aktif dalam kegiatan organisasi baik di tingkat fakultas maupun universitas. 
  9. Surat keterangan sehat dari dokter. 
  10. Surat keterangan kelakuan baik dari POLRES setempat. 
  11. Surat izin dari orang tua untuk mengikuti program magang. 
  12. Surat pernyataan bersedia bekerja secara full time dan mentaati peraturan yang berlaku di perusahaan tempat magang.

Ditulis Oleh : Unknown // 2:30 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment