Saturday, July 6, 2013

Definisi Kampanye

Definisi Kampanye Kampanye adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan secara terlembaga. (Antar Venus, 2004:9)

Menurut kamus besar bahasa Indonesia edisi ketiga Departemen Pendidikan Nasional bahwa yang dimaksud dengann Kampanye memiliki dua arti, diantaranya:

1. Gerakan (tindakan) serentak (untuk melawan, mengadakan aksi)
2. Kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi politik atau calon yang memperebutkan kedudukandalam 
    parlemen dan sebagainya untuk mendapat dukungan massa pemilih dalamsuatu pemungutan suara.

Dan yang dimaksud dengan kampanye promosi menurut kamus besar bahasa Indonesia edisi ketiga Departemen Pendidikan Nasional adalah kampanye yang dilaksanakan dalam rangka promosi untuk meningkatkan atau mempertahankan penjualan.

Ada beberapa pakar mengartikan tentang kampanye menjadi pengertian yang memiliki makna yang berbeda-beda, yaitu:

· Rogers dan Storey (1987) mendefinisikan kampanye sebagai “serangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan menciptakan efek tertentu pada sejumlah khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu”.

Selain itu adapula yang mendefinisikan kampanye yang merujukpada pengertian yang dilakukan oleh Rogers dan Storey, diantaranya:

· Pfau dan Parrot (1993)
”A campaign is conscious, sustained and incremental process designed to be implemented over a spesified periode of time purpose of influencing a spesified audience” (Kampanye adalah suatu proses yang dirancang secara sadar, bertahap dan berkelanjutan yang dilaksanakan dalam rentang waktu tertentu dengan tujuan mempengaruhi khalayak sasaran yang telah ditetapkan).

· Lesti B. Snydder (Gudykunt dan Mody, 2002)
”A Communication campaign is an organized communication activity, derected at a particular audience, for a particular periode of time, to achieve a particular goal” (Kampanye komunikasi adalah tindakan komunikasi yang terorganisasi yang diarahkan pada khalayak tertentu, pada waktu tertentu guna mencapai tujuan tertentu)

· Rajasundaram (1981)
” A Campaign is coordinated use of different methods of communication aimed at focusing attention on a particular problem and its solution over a period of time” (Kampanye dapat diartikan sebagai pemanfaatan berbagai metode komunikasi yang berbeda secara terkoordinasi dalam periode waktu tertentu yang ditujukan untuk mengarahkan khalayak pada masalah tertentu berikut pemecahannya).

Selain itu, ada juga beberapa pakar mengartikan tentang definisi dari kampanye, diantaranya:
  1. Sebagai suatu usaha yang terencana dan berjalan untuk memberikan informasi, mendidik dan meyakinkan bagian dari kehidupan masyarakat untuk tujuan pembangunan khusus. Tujuan kampanye itu sendiri membentuk suatu perubahan sosial atau kondisi tingkat pendidikan masyarakat tertentu. (Rosady Ruslan, S.H.)
  2. Menggunakan berbagai lambang untuk mempengaruhi manusia sedemikian rupa tingkah laku yang timbul karena pengaruh tersebut sesuai dengan keinginan komunikator. (Prof. Duyker)
  3. Rencana kegiatan komunikasi pemasaran yang berkesinambuungan dan dilaksanakan berdasarkan suatu jadwal yang menunjukperan satu atau berbagai media seperti televisi, radio, majalah, surat kabar dan film. (Rhenald Khasali).
  4. Keinginan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi opini individu atau kelompok (publik), kepercayaan, tingkah laku serta keinginan audiensi dengan daya tarik komunikator yang sekaligus komunikatif. (Rice dan Paisley)
Dari beberapa definisi tentang kampanye menurut beberapa pakar, maka dapat diambil suatu kesimpulan, sebagai berikut :

· Kampanye adalah kegiatan yangg dilakukan untuk mempengaruhi masyarakat dengan cara mengadakan suatu informasi agar masyarakat dapat mengerti dari apa yang sedang diinformasikan oleh suatu lembaga atau perorangan dengan tujuan membentuk suatu perubahan sosial pada masyarakat.

Kegiatan kampanye biasanya memuncak dalam event tertentu untuk menarik perhatian, dukungan, pemahaman dan meningkatkan kesadaran sekaligus mempengaruhi masyarakat tentang suatu tema tertentu.

Ditulis Oleh : Unknown // 3:09 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment