Tuesday, July 9, 2013

Syarat Fisik Penjual

Syarat Fisik Penjual

Seorang penjual harus memperbaikan dan memelihara keadaan dirinya (jasmani) agar selalu terlihat segar, menarik, dan simpatik. Oleh karena itu, perhatikanlah selalu persyaratan-persyaratan di bawah ini.

  • Kesehatan, misalnya dengan memperhatikan makanan yang bernilai gizi, waktu istirahat yang teratur, dan sekali-sekali perlu diadakan pemeriksaan badan oleh dokter, jangan kelihatan lesu, letih karena kurang darah.
  • Badan tegap, diusahakan dengan melakukan olah raga, permainan atau atletik sehingga mempunyai potensi tubuh yang tegap atletis.
  • Mudah tersenyum. Senyuman adalah modal bagi penjual untuk memikat dan menarik dengan ketulusan hati bukan dibuat-buat.
  • Lancar berbicara, seorang penjual jangan gugup, sebab kelancaran berbicara merupakan alat komunikasi yang baik dengan pembeli dalam memberikan penjelasan dan mengendalikan keberatan pembeli. Pembicaraan mengarah kepada pembelian, jangan berbicara ketus, to the point, tetapi diberi penjelasan dengan baik.
  • Muka riang dan peramah, seorang yang bermuka riang dan ramah bisa membawa orang yang diajak berbicara terhibur dan merasa senang.
  • Mata jernih, peliharalah mata agar tidak terdapat kotoran yang bis menyebabkan mata sakit. Kadang-kadang kita dapat menangkap perasaan orang lain melalui sinar matanya.
  • Napas bersih, peliharalah napas dengan gerakan olah raga menghirup dan mengeluarkan udara pada pagi yang segar. Makanlah pastilles atau semacamnya agar napas terasa lega dan nyaman, sehingga waktu berbicara tidak mengganggu.
  • Pakaian rapi, bersih, dan pantas. Kombinasi pakaian yang harmonis akan mempunyai daya tarik yang besar sebagai promosi tidak langsung. Aturlah cara berpakaian mulai kemeja, dasi, dan sepatu yang harmonis dalam warnanya, rapih dipakainya dan tidak perlu dari bahan yang mahal.

Syarat Mental dan Karakter Penjual

Seorang penjual dituntut memiliki sikap yang jujur, tulis, dan halus. Mempunyai inisiatif, kreatif, dinamis, dan optimis dengan kesungguhan hati. Memang karakter adalah pembawaan, tetapi dalam hal mental bisa kita ubah melalui pendidikan atau pengaruh lingkungan yang baik. Adapun syarat mental yang perlu diperhatikan oleh penjual yaitu :

a. Seksama

b. Waspada

c. Simpati

d. Berinisiatif

e. Berkeahlian

f. Optimis

g. Percaya diri

h. Jujur

i. Berani

j. mempunyai daya imajinasi

k. Tanggung jawab, dan

l. Kontrol


Sedangkan syarat-syarat karakter yang diperlukan adalah :

a. Kesetiaan

b. Rajin

c. Teliti

d. Tulus hati

e. Hati-hati

f. Sungguh-sungguh

g. Tepat waktu dan

h. Patuh

Syarat-syarat Sosial Penjual

Oleh karena penjual berhubungan dengan setiap manusia pembeli, maka wajib dan patutlah ia memiliki sifat-sifat yang bisa menyesuaikan dirinya dengan lingkungan manusia. Sifat-sifat yang perlu dimilikinya ialah :

a. Pandai bergaul

b. Lancar berbicara

c. Sopan santun

d. Bijaksana

e. Halus budi pekerti

f. Toleran

g. Simpati

h. Sikap mau bekerja dan

i. tenang dan tabah

Dengan meneliti persyaratan-persyaratan di atas yang harus dimiliki oleh seorang penjual, terlintaslah dalam alam pikiran kita betapa penjual itu harus mempunyai kepribadian yang merupakan integrasi dari segala sifat dan persyaratan fisik mental, karakter ataupun kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Perpaduan antar bakat, ilmu yang dipelajari serta seni penyesuaian dan keterampilan memberikan penyajian barang-barang yang dijualnya adalah merupakan suatu kesatuan yang tak dapat dipisahkan pada waktu penjual melaksanakan tugasnya.

Kematangan jiwa seorang penjual akan lebih dimiliki apabila ia sudah berpengalaman dapat ia peroleh karena melihat, memandang, mendengar atau melakukan sendiri melalui job training misalnya atau tugas-tugas khusus yang dilakukan dalam berjualan. Memang pengalaman itu adalah merupakan salah satu unsur yang sangat diperlukan seperti orang mengatakan the experience is the best teacher artinya pengalaman merupakan guru yang terbaik dalam mematangkan jiwa atau kepribadian penjual.

Ditulis Oleh : Unknown // 4:32 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment