Monday, July 20, 2015

Pemrosesan dan Bagan Arus (Flowchart) Siklus Pendapatan

Pemrosesan dan Bagan Arus (Flowchart) Siklus Pendapatan : adalah Pemrosesan dari peristiwa ekonomi yang mempengaruhi aktiva dan ekuitas suatu perusahaan, yaitu direfleksikan dalam perkiraan-perkiraannya dan diukur dalam suatu moneter. pemrosesan tranksasi dapat dibedakan atas pemrosesan traksaksi secara manual adan pemrosesan transaksi dengan menggunakan sistem komputerisasi yaitu dengan menggunakan peralatan elektronik.

Pemrosesan transaksi secara elektronik terbagi dua yaitu :
1. Pemrosesan Real Time (On-Line)
Pemrosesan real time (on line) memproses data pada saat terjadinya transaksi, sehingga proses ini akan menghasilkan data yang selalu up-to-date. Sistem pemrosesan ini memiliki manfaat potensial, termasuk meningkatkan perputaran persediaan, menguranti jeda waktu dalam penagihan ke pelanggan, pemrosesan pesanan penjualan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Keunggulan dari pemrosesan real time (on-line) adalah
a. Pemrosesan real time (on line) akan sangat menyederhanakan siklus kas perusahaan. sistem real time (on-line) dengan terminal komputer yang terhubung dengan komputer pusat memungkinkan pesanan diterima pag ihari dan barang bisa langsung dikirmkan pada siang hari, sehingga penagihan kepada pelanggan dalam hari yang sama memungkinkan untuk dilakukan.

b. Pemrosesal real time (on-line) akan memberikan perusahaan keuntungan dalam persaingan pasar. Informasi mutakhir yang disediakan melalui proses real time (on-line) akan meningakatkan kemampuan perusahaan untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan, yang menyebabkan peningkatan penjualan.

c. Program perbaikan yang dilakukan secara real time memperbolehkan untuk memperbaiki banyak tipe kesalahan sehingga dapat meningkatkan efektivitas serta efisiensi operasional. Prosedur manual mempunyai kecenderungan untuk menghasilkan kesalahan yang kritis, seperti nomor rekening salah, nomor persediaan yang tidak valid, dan salah dalam melakukan perhitungan harga.

d. Pemrosesan batch
Arus pemrosesan transaksi dalam sistem komputer pemrosesan batch pada hakekatnya sama dengan sistem manual. traksaksi tidak diproses pada sat terjadinya tetapi dikumpulkan dan digabung untuk kemudian diproses secar abersamaan. sebuah batch adalah kelompok transaksi yang serupa (seperti misalnya pesanan penjualan) yang diakumulasi selama beberapa wkatu dan kemudian diproses secara bersama-sama.

Keunggulan dari pemrosesan batch, yaitu :
a. Perusahaan meningkatkan efisiensi dengan bersama-sama mengelompokkan sejumlah besar transaksi ke dalam kelompok dari pada memproses setiap peristiwa secara terpisah. Pemrosesan batch merupakan suatu metode yang ekonomis untuk pemrosesan transaksi yang bervolume tinggi.

b. Pemrosesan batch memberikan sarana kontrol atas pemrosesan transaksi. Apabila ada kesalahan yang muncul selama pemrosesan (misalnya pesanan penjualan hilang), maka perhitungan kembali total transaksi tidak akan sama dengan kelompok transaksi awal, da ndengan pemrosesan batch hal ini akan terdeteksi.

Daftar Bacaan : 

Bodnar, George H., William S. Hopwood. Accounting Information System, Seventh Edition, Prentice - Hall Iternational. Inc. Upper Saddle River, New Jersey, 1998.

Hadibroto.S., Studi Perbandingan Antaran Akuntansi Amerika dan Belanda Dan Pengaruhnya Terhadap Profesi Di Indonesia, PT.Ichtiar Baru-Van Hoeve.1983.

Demikianlah penjelasan tentang Sisitem Informasi Akuntansi "Defenisi dan Tujuan Sistem Informasi Akuntansi" semoga bermanfaat khusususnya pada teman-teman mahasiswa. terimakasih

Ditulis Oleh : kumpulan karya tulis ilmiah // 12:50 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment