Thursday, October 8, 2015

MASALAH-MASALAH PEMBANGUNAN EKONOMI

Menurut Sadono Sukirno – Struktur umur penduduk dan masalah pengangguran Masalah yang dihadapi adalah struktur penduduk yang berat sebelah, yaitu banyaknya penduduk yang berada dibawah umur (dibawah 15 th), dan penduduk usia produktif antara 15-64 th. Sedikitnya ketersediaan lapangan pekerjaan bagi penduduk yang berusia produktif sangat sedikit sehingga dapat menyebabkan pengangguran terjadi dimana-mana. –

Masalah perpindahan penduduk dari daerah pedesaan ke kota besar Perpindahan penduduk dari pedesaan ke kota-kota besar sangat yang berlebihan sehingga menyebabkan jumlah penduduk kota tumbuh dengan cepat dan menyebabkan terjadinya kepadatan penduduk dikota-kota besar.
Menurut Irawan dan Suparmoko
Tekanan Penduduk 
Tekanan penduduk terjadi akibat dari 
 Masalah kelebihan penduduk 
 Masalah kemanusiaan 
 Pengawasan jumlah penduduk 
 Pembangunan masyarakat desa 

Pembangunan masyarakat desa dapat didefinisikan sebagai suatu proses dimana orang-orang disitu bersama dengan pejabat pemerintah berusaha untuk memperbaiki keadaan perekonomian, sosial dan kebudayaan dalam masyarakat yang bersangkutan, mengintegrasikan masyarakat ini dalam kehidupan bangsa dan dapat membantu membangun bangsa atau negara.

Tanah yang cocok untuk pertanian merupakan faktor penting untuk perkembangan ekonomi bagi negara-negara berkembang. Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Pada umumnya produktivitas per orang yang bekerja di sektor ini sangatlah rendah. Sudah tentu karena keadaan ini maka perkesatuan tanah akan mempunyai hasil lebih rendah meskipun keadaan alam relatif lebih baik dari pada keadaan alam dinegara-negara maju.

Ditulis Oleh : kumpulan karya tulis ilmiah // 7:51 PM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment