Find Your Family : Games outbound ini termasuk kategori fun game. Sangat cocok untuk dipakai ice breaking dan untuk mencari kelompok secara acak.
Tujuan
permainannya adalah :
- Melatih konsentrasi
- Melatih kekompakan
- Melatih kesabaran
- Melatih indra
pendengar
- Melatih daya ingat
Alat yang
digunakan :
-
Penutup mata (slayer atau yang lainnya)
-
Tali rafiah untuk pembatas
Cara
permainan games
- Sebelum permainan
dimulai, arena diberi garis pembatas dulu, tergantung kondisi lapangan
- Semua peserta outbound
berada dalam area
- Semua peserta outbound
diberi secarik kertas yang bertuliskan suara binatang, misal : MEONG, GUK,
CIT, PETOK, dll
- Masing-masing suara
binatang maksimal 10 buah kertas (tergantung jumlah kelompok yang akan
dibentuk)
- Semua peserta outbound
diminta menutup matanya dengan slayer
- Peserta outbound harus
mencari keluarganya dengan cara menyuarakan suara yang telah dibaca
mereka sebelumnya
- Waktu pencarian
dibatasi
- Peserta tidak boleh
keluar arena
- Peserta tidak bersuara
selain suara yang telah ditentukan
Kereta Terpanjang
Tujuan permainan/games :
- Kerjasama antar
anggota dan team
- Mengatur strategi
dan kreativitas
- Menempatkan diri
sesuai dengan kemampuan yang dimiliki
Aturan
permainan/ games outbound :
- Peserta tiap-tiap kelompok outbound
terdiri dari 8-10 orang
- Seluruh peserta sebaiknya menggunakan
celana panjang
- Gunakan lokasi/tempat yang tidak becek
- Dilakukan serentak dan terdiri dari
beberapa regu
- Tiap regu memiliki jumlah yang sama
- Tiap regu berusaha keras membuat timnya
menjadi regu dengan deretan paling panjang
- Peserta boleh menggunakan apa saja yang
saat itu dibawa sebagai penyambung (dompet, kartu, tali sepatu, ikat
pinggang, badan, dll)
- Tidak diperkenankan melepas baju
- Regu pemenang adalah yang membuat deretan
yang terpanjang
Lifting Water
Tujuan
permainan :
- Kerjasama tim
- Kekompakan
- Melatih kehati-hatian
- Melatih kesabaran’
- Mengatur strategi tim
- Membangun jiwa kompetisi
Alat
yang digunakan :
- Tongkat pramuka
sejumlah peserta.
- Ember (jumlah sesuai
dengan jumlah kelompok outbound)
Cara
permainan
- Permainan dilakukan
secara beregu/berkelompok dengan jumlah masing-masing kelompok sekitar
8-10 orang
- Masing-masing peserta outbound
mendapatkan satu buah tongkat pramuka
- Instruktur outbound
menentukan titika start dan titik finish nya terlebih dahulu (jaraknya
sebaiknya antara 5 sampai 10 meter).
- Letakkan ember yang
telah diisi dengan air (tak perlu penuh) di titik start sejumlah regu yang
bertanding.
- Instruktur outbound memberi aba-aba mulai. Seluruh peserta
outbound mulai mengangkat air menuju titik finish.
Aturan
main :
- Dalam mengangkat ember yang berisi air,
peserta hanya boleh menggunakan tongkat, tidak boleh memakai tangan. Ember
bisa diangkat dengan tongkat caranya menyentuhkan ujung tongkat ke bibir
ember.
- Permainan diulang lagi bila ember
terjatuh atau dianggap gagal.
- Pemenang adalah kelompok yang paling dahulu sampai titik finish tanpa menjatuhkan ember.
Blind Leader
Tujuan permainan ini adalah untuk melatih keseimbangan otak peserta outbound.
Langkah yang harus dilakukan oleh peserta outbound adalah tiap-tiap peserta
dalam outbound training ditutup matanya, kecuali yang ditunjuk
sebagai leader, mengikuti jalur yang sudah dibuat. Dengan arahan Leader,
peserta berjalan mengikuti jalur tanpa menyentuh pembatas. Orang yang pertama
memasuki garis finish ditetapkan sebagai pemenang. Pemaknaan dalam permainan
ini adalah bagaimana seorang bisa tampil sebagai pemimpin (leader)
dan bagaimana rasanya dipimpin orang lain. Saling percaya antar sesama
divisi dalam perusahaan.
Evakuasi Bambu
Tujuan
permainan ini adalah melatih kerjasama yang komunikatif.
Alat bantu yang digunakan adalah bambu, air, tali dan bola pimpong
Prosedur dalam permainan ini adalah :
- Tiap kelompok berlomba mengeluarkan bola
dari dalam bambu dengan cara menuangkan air ke dalam bambu.
- Cara menuangkannya, bambu yang berisi air
hanya boleh diangkat dengan menggunakan tali yang telah disediakan
- Saat melakukan evakuasi, anggota badan
tidak boleh melewati batas aman dari daerah yang telah ditentukan
Pemaknaan
dalam permainan ini adalah :
- Bagaimana langkah
peserta dalam melaksanakan tugas ini
- Strategi apa saja
yang peserta gunakan untuk menyelesaikan tugas ?
- Mampukan mereka
bekerjasama dengan baik ?
- Siapakah yang mampu
memimpin dan berkomunikasi dengan baik
Hunter My Name
Game ini termasuk dalam kategori low
game.
Peralatan
yang dibutuhkan untuk memainkan game ini adalah :Kertas yang di potong ukuran
10×5 cm. Pulpen, dan webbing atau tali dibuat melingkar berdiameter
kurang lebih 1meter.
Cara
permainan : Peserta outbound dibuat menjadi beberapa kelompok.
Masing-masing peserta diminta untuk menuliskan namanya masing-masing pada
kertas kecil yang sudah disediakan. Kemudian kertas tersebut digulung dandi
aduk/diacak. Seluruh peserta outbound diminta untuk masuk kedalam webbing/tali
yang sudah disediaka n instruktur. 3 atau 4 anggota kelompok ditutup matanya.
Kemudian instruktur outbound menyebar kertas yang berisi nama seluruh peserta
outbound di lapangan/area outbound. Seluruh peserta diminta untuk mencari
namanya masing2 dalam waktu yang teah ditentukan oleh instruktur outbound. Peserta dilarang keluar lingkaran group dalam mencari nama
mereka.
Teaching
point :
-
Melatih kekompakan group
-
Mengetahui kekurangan dan kelebihan teman kita
-
Cepat bertindak dan mengambil keputusan
-
Mengetahui strategi yang baik dalam suatu permasalahan.
-
Berfikir kreatif dan inovatif
Menjahit Manusia
Game ini bisa dimainkan di dalam
ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor). Peserta pelatihan outbound di bagi dalam beberapa tim, yang jumlahnya masing-masing tim antara 7-10 orang.
Masing- masing kelompok diberikan spidol yang diikat dengan tali rafiah yang
cukup panjang.
Cara
permainan (games)
- Peserta diminta instruktur untuk berbaris menyamping di masing-masing
kelompok
- Atas perintah
instruktur outbound, peserta mulai memasukkan spidol yang diikat
rafiah ke dalam bajunya. Dengan cara : dari lengan baju sebelah kiri
peserta pertama, ke pundak. Dalam tubuh, menuju ke bawah (rok atau
celana) kiri. Menyeberang ke kaki kanan, terus naik ke paha. Ke tubuh
terus keluar melalui pundak sebelah kanan, kemudian ke lengan kanan.
- Peserta kedua mulai
melakukan proses yang sama.
- Begitu seterusnya,
hingga peserta terakhir.
- Kelompok outbound
yang paling pertama menyelesaikan games ini adalah pemenangnya.
Tujuan
permainan :
- Kekompakan team/tim
- Menunjukkan bahwa
sesuatu yyyannng tadinya dianggap tidak mungkin, dapat terwujud
bila ada dorongan dan pendapat kolektif yang serempak dan
kompetitif
Diskusi :
-
Apa yang muncul dibenak peserta ketika mendengar nama permainan menjahit
manusia?
- Dimana letak hikmah
dari permainan ini?
- Bagaimana agar bisa
cepat selesai?
- Apakah diperlukan
figur pemimpin dalam permainan ini?
- Apa hubungan
persepsi dengan permainan ini?
The Opposite
Pendahuluan
dan Persiapan
Games ini dapat dimainkan di dalam maupun
di luar ruangan. Peserta dibagi dalam 3-4 kelompok yang terdiri dari 6-10
orang.
Instruksi
dan petunjuk permainan
- Setiap kelompok diminta
membentuk barisan ke belakang seperti kereta, dengan tangan memegang bahu
atau pinggang kawan yang ada di depannya.
- Jika memungkinkan,
minta mereka memeluk rekan yang ada didepannya masing-masing.
- Kemudian kita beri
aba-aba untuk mereka secara bersama-sama bergerak ke kiri atau ke kanan
atau ke depan ke belakang sesuai instruksi,
- Peserta harus bergerak
dengan cara melompat bersama, tanpa boleh barisannya putus atau rusak.
- Setelah beberapa kali
mencoba ke arah yang sesuai dengan instruksi, maka kemudian mereka harus
melakukan gerakan yang berlawanan dengan instruksi yang diberikan.
Larangan
dan hukuman
- Barisannya tidak boleh
putus atau rusak.
- Minta mereka untuk
tidak bersuara (yang dapat dijadikan “alat bantu komando”) pada
saat melakukan gerakan.
- Bagi kelompok yang
salah atau ada anggota kelompoknya salah melakukan pergerakan maka
kelompok tersebut harus gugur
Target
- Permainan terus dilanjutkan
hingga didapat pemenang, yaitu yang tidak pernah melakukan kesalahan
Variasi
- Untuk mendistorsi, kita dapat memberi instruksi dengan ditambahkan gerakan tangan atau kita melompat juga sambil memberi instruksi.
Meteor Garden
Tujuan
permainan :
- Meningkatkan
kekompakan kelompok
- Kecermatan
- Kecepatan
- Bertindak cepat
- Bisa mengatur
strategi
Alat yang
digunakan :
- Bola plastik sebanyak mungkin dengan berbagai ukuran
- Tali/ rafiah untuk
daerah pembatas bagi peserta
- Dua kantong plastik
besar untuk tempat bola
- Penghalang (kain)
Cara
permainan :
- Permainan meteor
garden dimainkan secara kelompok. Jumlah anggota kelompok antara 10-15
orang
- Instruktur dan fasilitator melemparkan bola dari
balik penghalang, dan peserta harus dapat menangkap bola, tetapi harus
tetap berada di garis pembatas yang berbentuk persegi
- Lemparan bola dilakukan
dengan cepat dan tidak beraturan, agar peserta kesulitan menangkapnya
- Setelah bola ditangkap,
langsung dimasukkan kedalam kantong plastik yang telah disediakan
Aturan :
- Peserta tidak boleh
keluar dari garis pembatas selama menangkap bola
- Bola yang tidak
tertangkap tidak boleh diambil peserta
- Kelompok yang paling banyak menangkap bola adalah pemenangnya.
Do You Love Me?
Tujuan
permainan :
- Melatih menemukan
kesamaan
- Bermain strategi
- Melatih kejujuran
Alat : Sepatu
atau kertas tebal sebagai tanda
Cara
permainan :
- Permainan ini dilakukan
dalam kelompok besar
- Seluruh peserta
membentuk satu lingkaran besar, dan setiap peserta mempunyai posisi
sendiri-sendiri dengan diberi tanda sepatu atau kertas tebal
- Seorang peserta sebagai
relawan berada di tengah, lalu bertanya kepada peserta lain, “apakah
kamu mencintaiku?” Para peserta lain bebas menjawab “ya” atau “tidak
- Apabila mengatakan
“ya”, maka seluruh peserta harus pindah tempat dari posisi awal keposisi
yang lain. Relawan tersebut berusaha merebut posisi dalam barisan
- Apabila peserta yang
ditanya menjawab “tidak”, maka ia harus memberi alasan. Misalnya “ karena
saya mencintai orang yang memakai sepatu hitam”. Maka seluruh peserta yang
memakai sepatu hitam harus mencari posisi (tempat) lain dengan cara
berpindah tempat. Dan relawan tersebut juga berusaha merebut barisan.
- Peserta yang tidak
mengenakan sepatu warna hitam tetap pada posisinya.
- Peserta yang tidak
mendapatkan posisi dalam lingkaran, menggantikan relawan tersebut.
- Peserta harus jujur
apabila menemukan kesamaan dalam dirinya
- Dalam berebut
posisi, peserta tidak boleh merebut peserta lain yang telah
mendapatkan posisi
Changing name
Teaching
Point :
- Melayani pelanggan
(customer) dengan baik
- Menghilangkan
struktur hirarki dalam organisasi
- Melatih konsentrasi
kerja
- Cara baik untuk
mengakrabkan peserta outbound dengan saling menyebutkan nama.
Peralatan
yang dibutuhkan :
- Bola/yang lainnya dipakai untuk melempar
Cara
permainan :
Permainan
ini sangat bagus dipakai untuk ice breaking (game awal/game
pemecah kebekuan) dalam suatu pelatihan atau kegiatan outbound. Bisa
dimainkan indoor (dalam ruangan) maupun outdoor (diluar ruangan).
Dimainkan pada awal pelatihan, bahkan kalau bisa sebelum peserta sempat
memperkenalkan dirinya kepada yang lain.
Peserta
diminta untuk berdiri dan membentuk lingkaran. Kalau peserta belum saling
mengenal, mereka kita minta untuk memperkenalkan diri.
Setelah
semua peserta memperkenalkan diri, peserta diminta untuk saling melempar bola
dan saling menangkap bola dengan menyebut nama dan orang yang akan dituju untuk
menangkap bola yang akan dilempar.
Mereka
yang salah menyebutkan nama diri sendiri atau orang yang akan dituju dikenakan
sangsi tertentu, misalnya dengan meminta maaf. Untuk beberapa menit pertama,
mungkin anda akan banyak mengenakan sangsi tersebut. Kesuksesan tim
diukur dari berapa banyak kesalahan yang dibuat. Makin sedikit, makin
sukses tim tersebut.
Agar lebih
menarik permainan dilanjutkan dengan menambah jumlah bolanya. Menjadi 2 atau 3
bola.
Get Our Dream
Tujuan
Permainan :
- Melatih sikap
pantang menyerah dalam menggapai impian
- Mampu belajar dari
pengalaman yang salah
Alat :
- Tali plastik kecil
- Carabineer
- Kerta bertuliskan
impian peserta
Cara
permainan :
- Tali diikatkan pada
pohon-pohon
- Kerta bertuliskan
impian ditempatkan pada pohon dengan posisi kertas terbalik, sehingga
tulisan tidak terlihat
- Peserta diberi
carabineer
- Permainan ini
diumpamakan peserta dalam posisi menggantung pada tali dengan kaki tidak
menyentuh tanah, sehingga mereka harus menggunakan carabineer untuk tetap
bisa menggantung
- Pada saat peserta
berpindah dari tali yang satu ke yang lain, mereka terlebih dahulu harus
mengaitkan carabineer dengan tali tersebut.
- Peserta harus tetap
berjalan mencari kertas yang bertuliskan impian mereka sendiri.
- Apabila peserta
menemukan impian temannya, maka harus dikembalikan ke tempat semula
- Setelah peserta menemukan impian mereka sendiri, peserta harus kembali ke posisi start dengan cara yang sama.
0 komentar:
Post a Comment