Thursday, August 1, 2013

KIAT MENCEGAH DAN MENANGGULANGI KEGEMUKAN

KIAT MENCEGAH DAN MENANGGULANGI KEGEMUKAN
Apabila seorang anak sudah mengalami kegemukan (obesitas) maka tingkat penguasaan ketrampilan gerak dasarnya secara otomatis akan menjadi terhambat dan juga tingkat kebugaran jasmaninya akan relatif menurun atau kurang baik. Untuk mencegah terjadinya kegemukan (obesitas) maka sangat disarankan untuk:

1. Melakukan Olahraga dan Rekreasi secara Teratur
Olahraga merupakan salah satu bagian program penurunan berat badan. Olahraga yang dilakukan dengan tepat, teratur, dan terukur dapat memberikan peningkatan pengeluaran energi yang cukup besar untuk menjaga atau menurunkan berat badan secara berkala. Selain itu olahraga yang teratur dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh atau kebugaran jasmani dan menghindarkan atau meminimalisir dari berbagai serangan penyakit.

2. Mengatur Menu, Pola dan Porsi Makan
mengurangi mengkonsumsi makanan cepat saji atau fast food, makanan ringan dalam kemasan, minuman ringan, cemilan manis atau makanan dengan kandungan lemak tinggi. Sebaliknya, sajikan daging dan sayuran segar. Perbanyak konsumsi buah,susu dan makan yang berserat untuk melancarkan pencernaan dan yang baik pula untuk pertumbuhan anak. Berikan porsi yang sesuai dan jangan terlalu berlebihan. Sarapan merupakan awal yang baik untuk anak saat memulai harinya. Ini diperlukan agar anak dapat kuat saat beraktivitas di sekolah dan mencegah makan berlebihan setelahnya. Dengan membawa makanan dari rumah, orang-tua dapat mengontrol gizi anak dan menghindari agar anak tidak perlu jajan di luar. Jangan terlalu banyak menggoreng makanan agar tidak terlalu banyak lemak yang dikonsumsi. sebaiknya mencoba untuk mengukus, merebus atau memanggang makanan agar makanan lebih sehat. Biasakan agar anak makan di meja makan bukan di depan televisi atau komputer. Banyak anak tidak menyadari berapa banyak makanan yang sudah disantapnya bila dia makan sambil menikmati tayangan televisi atau di depan komputer.

3. Diet
Apabila sudah terjadi kelebihan berat badan atau mungkin kegemukan maka disarankan untuk melakukan diet (mengurangi porsi makan). Menurut pendapat Budiyanto (2002: 22), diet adalah mengurangi kandungan energinya di bawah kebutuhan normal, cukup vitamin dan mineral serta banyak mengandung serat yang bermanfaat dalam proses penurunan berat badan. Diet ini membatasi makanan padat energi, seperti kue-kue yang banyak mengandung karbohidrat sederhana dan lemak, serta goreng-gorengan. Menurut pendapat Budiyanto (2002: 25), tujuan diet energi rendah adalah untuk:
a. Mencapai dan mempertahankan status gizi sesuai dengan umur, gender, dan kebutuhan fisik.
b. Mencapai IMT normal yaitu 18,5-25 kg/m2
c. Mengurangi asupan energi, sehingga tercapai penurunan berat badan sebanyak 0,5-1 kg/minggu. Pastikan 
    bahwa yang berkurang adalah lemak dengan mengukur tebal lemak lipatan kulit dan lingkar pinggang.

4. Terapi dan Obat-Obatan
Terapi obesitas adalah terapi yang bertujuan untuk mengurangi asupan makanan yang mengganggu metabolisme tubuh dengan cara mempengaruhi proses pra atau pasca absorbsi. Terapi ini berusaha untuk menambah dan meningkatkan pengeluaran sistem energi (termogenesis) yang dimanfaatkan oleh tubuh untuk beraktivitas jasmani.
a. Efedrin: meningkatkan pengeluaran energi, akan meningkatkan konsumsi oksigen sekitar 10 % selama beberapa jam. Pada uji klinis efedrin dan kafein menghasilkan penurunan berat badan lebih besar dibanding kelompok plasebo. Diperkirakan 25-40 % penurunan berat badan oleh karena termogenesis dan 60-75 % karena pengurangan asupan makanan. Efek samping utama adalah peningkatan nadi dan perasaan yang berdebar-debar.

b. Sibutramin: menurunkan energy intake dan mempertahankan penurunan pengeluaran energi setelah penurunan berat badan. Pada penelitian ternyata terbukti sibutramin menurunkan asupan makanan dengan ara mempercepat timbulnya rasa kenyang dan mempertahankan penurunan pengeluaran energi setelah penurunan berat badan, 

c. Obat yang mengurangi nafsu makan terdiri atas noradrenergic agent (benzphetamine, phendimetrazine, phentermine, phentermineresin, diethylpropion), serotonin agent, dan kombinasi keduanya (sibutramine). Obat ini bekerja dengan menekan neurotransmitter seperti norepinephrine, serotonin, dopamine, dll di susunan saraf pusat yang berperan dalam meningkatkan nafsu makan. Obat ini hanya dapat dikonsumsi selama 12 minggu hingga 6 bulan. Efek samping yang mungkin timbul adalah insomnia, mulut kering, konstipasi, sakit kepala, euforia, palpitasi dan hipertensi.

d. Obat yang mengurangi absorbsi makanan di usus yaitu orlistat. Obat ini bekerja dengan mengikat lipase yang merupakan enzim yang berperan dalam mempermudah absorbsi lemak di usus, sehingga akhirnya lemak tidak bisa diserap. Obat ini dapat digunakan dalam jangka panjang dan efek samping yang dapat timbul adalah buang gas disertai kotoran, sulit menahan BAB, steatorrhea, bercak minyak di celana dalam, frekuensi BAB meningkat, dan kekurangan vitamin yang larut dalam lemak (A,D, E, K) tetapi bisa diatasi dengan suplemen dari luar.

5. Pembedahan
Pembedahan atau sering disebut dengan istilah sedot lemak merupakan pilihan alternatif terakhir untuk menurunkan berat badan apabila dari berbagai usaha-usaha di atas gagal atau minim hasilnya. Pembedahan dan sedot lemak sebaiknya dilakukan oleh seorang dokter atau orang yang benar-benar ahli agar tidak terjadi kesalahan atau mal praktik yang dapat berujung pada kematian pasien.

PENUTUP
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa, kegemukan (obesitas) adalah suatu keadaan di mana berat badan seseorang berada di atas 120 % dari berat badan relatif (BBR) atau berada di atas 27 dari indeks masa tubuh (IMT). Sesungguhnya tubuh yang gemuk kurang baik bagi kesehatan, baik bagi orang dewasa maupun bagi anak-anak, karena pada tubuh yang gemuk biasanya mudah terserang penyakit (mudah sakit dan tidak bugar). Anak-anak yang memiliki berat tubuh yang berlebihan atau mengalami kegemukan (obesitas) cenderung manja dan malas-malasan dalam beraktifitas jasmani dan berolahraga (fisik). Akibat dari keadaan tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan motorik anak menjadi tidak stabil atau terganggu.

Berat badan merupakan ekspresi atau deskripsi dari keadaan keseimbangan dalam bentuk variabel tertentu atau merupakan indikator dari baik buruknya penyediaan atau pemenuhan dari zat gizi yang diserap oleh tubuh. Pola dan menu makan yang tidak teratur tanpa memikirkan seberapa besar kalori dan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh akan dapat berdampak pada anak yaitu kekurangan gizi sehingga tubuhnya akan kurus, lebah, daya tahan atau kebugaran jasmaninya berangsur-angsur akan turun (rendah). Demikian juga sebaliknya apabila anak mengalami kelebihan gizi maka berat tubuhnya akan meningkat yang kemudian menjadi gemuk (obesitas) sehingga akan mengurangi atau membatasi kemampuan dan ketrampilan gerak anggota tubuhnya. Berat badan sering digunakan sebagai cara untuk mengevaluasi keseimbangan antara asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan energi yang digunakan atau dikeluarkan untuk beraktivitas. Dengan porsi makan yang banyak dan semakin jarang beraktivitas, maka tubuh manusia akan menjadi semakin cepat gemuk (obesitas). Melalui aktivitas jasmani yang dilakukan, anak akan mendapatkan banyak pengalaman gerak, kebugaran jasmani, mengenal jati diri dan lingkungannya. Selain itu melalui gerak atau aktivitas jasmani juga dapat memberikan manfaat lain, yaitu untuk mencegah terjadinya kegemukan (obesitas). Anak yang malas bergerak atau beraktivitas jasmani akan cenderung lebih cepat mengalami kegemukan. Bermain atau beraktivitas jasmani selain untuk rekreasi dan menyalurkan hobi, beraktivitas jasmani juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menyalurkan kelebihan energi dan membakar timbunan lemak dalam tubuh.

Kiat atau kunci dalam menjaga dan menurunkan berat badan secara sehat tetaplah niat yang kuat dan disiplin untuk beraktivitas jasmani/berolahraga secara teratur dan terukur, mengatur menu/pola dan porsi makan, diet yang sehat, terapi dan rutin berkonsultasi atau mengkonsumsi obat-obatan yang membantu proses pencernaan, meningkatkan metabolisme tubuh di bawah pengawasan dokter atau ahli kesehatan.


DAFTAR PUSTAKA
Akhmadi. (2010). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Budiyanto. (2002). Obesitas dan Perkembangan Anak. Jakarta: Grafindo Persada.

Djoko Pekik Irianto. (2000). Panduan Latihan Kebugaran yang Efektif dan Aman. Yogyakarta: Lukman Offset.

Erminawati. (2009). Kebugaran dan Kesehatan. Jakarta: Ricardo.

J. Matakupan. (1995). Teori Bermain. Jakarta: Depdikbud, Universitas Terbuka.

Mutohir dan Gusril (2004). Olahraga Kesehatan: Jakarta: Depdiknas.

M. Furqon. H. (2002). Pembinaan olahraga usia dini. Surakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Keolahragaan (Puslitbang-OR) Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Siti Partini S. (1995). Psikologi perkembangan. Yogyakarta: FIP-IKIP Yogyakarta.

Ditulis Oleh : Unknown // 5:00 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment