Friday, October 30, 2009

Kurva permintaan


Kurva permintaan
  1. Kurva permintaan perorangan konsumen untuk suatu komoditi dapat diperoleh dari informasi rnengenai selera mereka untuk semua barang dan dari kendala anggaran mereka.
  2. Kurva Engel, yang menggambarkan hubungan antara jumlah suatu barang yang dikonsumsi dan pendapatan, berguna untuk membahas bagaimana pengeluaran konsumen bervariasi dengan pendapatan.
  3. Dua barang dapat merupakan substitusi jika neningkatan harga satu barang mengakibatkan peningkatan jumlah permintaan dari barang lain. Sebaliknya, dua barang adalah komplemen bila kenaikan harga satu barang mengakibatkan pengurangan jumlah permintaan barang lain.
  4. Efek perubahan harga atas jumlah permintaan dari suatu barang dapat dipecah menjadi dua bagian-efek substitusi, dengan kepuasan tetap konstan tetapi harga berubah, dan efek pendapatan, dengan harga tetap tetapi kepuasan berubah. Karena efek pendapatan dapat positif atau negatif, perubahan harga dapat mempunyai efek kecil atau besar atas jumlah permintaan. Pada suatu kasus yang tidak biasa yaitu pada barang Giffen, jumlah permintaan mungkin bergerak searah dengan perubahan harga, mengakibatkan kemiringan kurva permintaan menaik.
  5. Kurva permintaan pasar adalah penjumlahan dari kurva permintaan perorangan semua konsumen dalam pasar untuk barang yang bersangkutan. Kurva permintaan pasar dapat dipakai untuk menghitung sejauh mana orang-orang menilai konsumsi dari barang dan jasa tertentu.
  6. Permintaan tidak elastis terhadap harga apabila peningkatan harga 1 persen mengakibatkan penurunan kurang dari 1 persen dalam jumlah permintaan, sehingga pengeluaran konsumen meningkat. Permintaan elastis terhadap harga apabila peningkatan harga 1 persen mengakibatkan penurunan lebih dari 1 persen dalam jumlah permintaan, sehingga pengeluaran konsumen menurun. Permintaan elastis satuan apabila peningkatan 1 persen dalam harga mengakibatkan penurunan 1 persen dalam jumlah permintaan.
  7. Konsep surplus konsumen dapat berguna dalam rnenentukan keuntungan yang diterima orang dari mengkonsumsi suatu produk. Surplus konsumen adalah perbedaan antara apa yang bersedia dibayar seorang konsumen untuk suatu barang dan apa yang sebenarnya dibayarnya ketika membeli barang tersebut.
  8. Terdapat eksternalitas jaringan apabila permintaan seseorang dipengaruhi langsung oleh keputusan pembelian konsumen lain. Suatu contoh dari eksternalitas jaringan positif, efek ikut-ikutan, terjadi apabila jumlah permintaan seorang konsumen secara khas meningkat karena ia menganggap membeli produk yang dibeli orang lain merupakan suatu gaya. Sebaliknya, eksternalitas jaringan negatif, efek snob, terjadi apabila jumlah permintaan seorang konsumen meningkat jika lebih sedikit orang yang memiliki barang itu:
  9. Beberapa metode dapat dipakai untuk memperoleh informasi tentang permintaan konsumen. Ini mencakup wawancara, pendekatan eksperimen, dan pendekatan statistik yang tidak langsung. Pendekatan statistik sangat bermanfaat untuk diterapkan, tetapi penting untuk menetapkan variabel yang tepat yang mempengaruhi permintaan sebelum pekerjaan statistik itu selesai.

Ditulis Oleh : Unknown // 10:46 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment