Friday, October 30, 2009

Pengertian Analisis penawaran-permintaan

Ringakasan II

1. Analisis penawaran-permintaan merupakan alat dasar mikroekonomi. Dalam pasar bersaing, kurva pena­waran dan permintaan memperlihatkan kepada kita berapa banyak yang akan diproduksi oleh perusahaaan dan berapa banyak permintaan konsumen sebagai fungsi dari harga.
2. Mekanisme pasar adalah kecenderungan dari pena­waran dan permintaan dalam menuju keseimbangan (karena harga bergerak ke tingkat ekuilibrium pasar), sehingga tidak ada kelebihan permintaan dan juga tidak ada kelebihan penawaran.
3. Elastisitas menggambarkan reaksi penawaran dan permintaan terhadap perubahan harga, pendapatan, atau variabel lainnya. Misalnya, elastisitas harga _ mintaan mengukur persentase perubahan jumlah mintaan akibat kenaikan harga sebesar 1 persen.
4. Elastisitas terikat pada kerangka waktu dan untuk ~ banyakan barang adalah penting untuk memberi, antara elastisitas jangka pendek dan jangka panjang
5. Jika kita dapat memperkirakan, paling sedikit secara kasar, kurva penawaran dan permintaan untuk pa­tertentu, kita dapat menghitung harga ekuilibriu­pasar dengan menyelesaikan persamaan-persama.-­untuk jumlah penawaran dan jumlah permintaan. Jug: jika kita mengetahui bagaimana penawaran da­permintaan bergantung pada variabel ekonomi lain, seperti pendapatan atau, kita dapat menghitung bagaimana harga dan jumlah ekuilibrium pasar akan berubah selagi variabel-variabel lainnya berubah. Inilah suatu cara untuk menjelaskan atau memprediksi verilaku pasar.
6. Analisis numerik yang sederhana seringkali dapat di­lakukan dengan mencocokkan kurva linear penawaran dan permintaan pada data mengenai harga dan jumlah serta pada perkiraan elastisitas. Untuk banyak pasar tersedia data dan perkiraan tersebut, dan perhitungari yang sederhana pada "back of envelope" dapat membantu kita mengerti karakteristik dan perilaku pasar.

Ditulis Oleh : Unknown // 10:48 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment