Thursday, November 26, 2009

Pengertian Komputer


Pengertian Komputer : Komputer adalah sejenis alat, semacam mesin tik hitung belajar monitor, tetapi tidak sama, komputer bisa bekerja sesuai dengan program-program ataupun perintah- perintah yang menggunakannya. Komputer bisa digunakan yang menulis, mengoreksi kesalahan tulisan, mengatur tata letak suatu tulisan, menggandakan, mencetak, menghitung, menyimpan data dan memanggil kembali sebagian atau seluruh data atau keterangan data atau keterangan lain yang sudah ada tanpa mengganggu sistem penyimpanan yang sudah ada dan sebagainya. Hampir semua aspek dalam kehidupan manusia bisa memanfaatkan alat yang bernama Komputer.

Dalam dunia perpustakaan, komputer juga bisa digunakan untuk segala tujuan keperluan surat menyurat dibagian administrasi perpustakaan, dibagian teknis, dibagian teknis pengolahan bahan misalnya dalam pengolahan informasi melalui pengolahan data.

Kemampuan komputer yang luar biasa yang menyimpan, pengolahan, merekam dan mengeluarkan kembali sejumlah informasi yang direkan dan disimpan. Kemampuan tersebut dilakukan dalam waktu yang singkat sehingga lebih sesuai dengan konsep pelayanan perpustakaan yang serba memerlukan informasi dengan cepat dan tepat karena tuntutan pengguna, supaya tidak ketinggalan informasi yang kita kembangkan semakin kompleks. Tidak semua perpustakaan yang relatif memadai, yang sudah menggunakan komputer karena kondisi yang belum memungkinkan.

Dengan adanya melalui alat bantu penelusuran informasi berupa indeks, abstrak, bibligrafi dan jumlah katalog yang semuanya ada dikomputer, orang atau pengguna perpustakaan pada umumnya bisa dengan cepat menemukan sejumlah data atau keterangan yang diperlukan sangat praktis.

Sistem Komputer
Sistem komputer dapat digunakan untuk mengolah data maka berbentuk sistem komputer (computer system).

Sistem adalah jaringan daripada elemen-elemen yang saling berhubungan dan membentuk suatu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi supaya tujuan tersebut dapat dilaksanakan maka harus ada elemen-elemen dari sistem komputer yaitu : Hardware, Software dan Brainware.

1 Hardware (Perangkat Keras)
Hardware adalah seluruh komponen peralatan yang membentuk suatu sistem komputer, dan peralatan lainnya yang memungkinkan komputer dapat melaksanakan tugasnya antara lain sebagai berikut :
Input Masukan (Satuan Masukan)
- Keyboard
- Joistik
- Mouse
   Central Proccessing Unit (Satu Proses). Unit ini terdiri dari
- Unit kontrol yang berfungsi untuk mengambil keputusan
- Alu (Aritatic Logika Unit)
  Unit memori yaitu alat pengikat pada komputer yang mendukung setiap instruksi yang ada pada komputer.
  Unit keluaran yaitu :
- Monitor
- Printer
- Disket

2 Software (Perangkat Lunak)
Perangkat lunak adalah suatu perangkat yang dipergunakan untuk mendukung perangkat lunak. Tanpa adanya perangkat lunak ini perangkat keras tidak akan berfungsi.

Fasilitas perangkat lunak yaitu :
- Operating System (Sistem Operasi) yaitu untuk mengoperasikan komputer pertama sekali untuk dapat 
  digunakan
- Compiler yaitu suatu sistem yang digunakan sebagai alat untuk menterjemahkan bahasa manusia menjadi 
   bahasa mesin.
- Bahasa pemrograman yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis 
   dalam pemrograman kedalam bahasa mesin agar dapat dimengerti oleh komputer.

3. Brainware (Operator Komputer)
Brainware adalah manusia dan ilmu pengetahuannya yaitu mereka yang bekerja yang berhubungan langsung dengan komputer manusia harus mempunyai kemampuan dalam segi bahasanya, dengan suatu alat yang disebut dengan interpreter yang berfungsi untuk menterjemahkan bahasa manusia menjadi bahasa kompter yang umumnya digolongkan sebagai “BRAINWARE” adalah :
- Analisa sistem yaitu membantu dan membangun fasilitas system design.
- Programmer yaitu mereka yang menyusun instruksi atau pembuat program komputer.
- Data entry operator yaitu mereka yang akan melakukan pengurusan terhadap pengiriman informasi yang 
  dihasilkan komputer.

4. Pengertian Sistem
Sistem adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Suatu sistem dari beberapa subsistem yang saling berinteraksi membentuk suatu kesatuan sehingga tujuan tersebut dapat tercapai.

Menurut Ir. Beni Surojo
“sistem adalah suatu perangkat lunak, perangkat keras dan manusia yang melaksanakan tugas tertentu”.

Menurut Prof. Dr. Mr. S. Prajudi Admosudirjo
“Sistem adalah suatu berdiri atas objek-objek, unsur-unsur tersebut merupakan satu kesatuan pemrosesan atau pengolahan tertentu”.

 Pengertian Analisa
Analisa adalah meninjau atau mengamati kendala-kendala dengan membandingkan kendala-kendala untuk mencari keputusan apakan perlu rancangan baru atau tidak. Dan apabila sudah dibentuk rancangan baru maka dibentuk lagi implementasi.

Pengertian Merancang
Merancang adalah mendisain sebuah gambaran atau data-data yang jelas atau memberikan gambaran yang jelas dan rancangan bangunan yang lengkap pada pemrograman komputer dan ahli-ahli tehnik yang terlibat didalam merancang data tersebut.

Pengertian Sistem Database
Database terdiri dari dua suku kata jalur data dan base. Data adalah fakta tentang suatu objek/suatu keterangan yang mengandung arti yang dapat dimengerti oleh manusia. Base adalah suatu landasan atau dasar yang merupakan pendukung atau konsep dasar dari suatu sistem. Maka dapat disimpulkan bahwa database adalah kumpulan data yang teratur yang paling berhubungan dan dapat digunakan bersama-sama melalui aplikasi secara tertentu sehingga menghasilkan informasi teratur yang disimpang dalam komputer.
Dalam database informasi disimpan dalam record dan file informasi. Pada pengolahan database tugas utama dilakukan untuk menambah informasi baru, mengurut, mencetak laporan, menyunting dan menghapus data.
Untuk memahami data terlebih dahulu harus diketahui pengertian-pengertian dasar yang berhubungan dengan database yaitu:
1. ENTITY adalah segala sesuatu yang membentuk enterprise atau unsur-unsur yang membentuk enterprise. Enterprise dapat berupa data pasien yang dapat memberikan informasi.
2. Atribute (data elemen) adalah semua informasi yang menerangkan suatu entity, antara lain, alamat, umur, jenis kelamin.
Contoh : Informasi Data Pasien
§ Nama Pasien
§ Alamat Pasien
§ Umur Pasien
§ Jenis Kelamin
3. Data Value adalah data pasien aktual yang diisikan pada suatu data elemen.
Contoh : Informasi Data Pasien
§ Nama : Yilizar
§ Alamat : Jl. Panglima No. 10
§ Umur : 22 Tahun
4. Data file adalah sekumpulan dari beberapa record yang sejenis/file yang berisi sekumpulan klasifikasi data secara keseluruhan.
Contoh : Data File Pasien
Data File Berobat
Contoh Data File Pasien.
No.
Nama File
Type
Length
Dec
Keterangan
01.
02.
03.
04.
05.
No_Brt
Nm_Pasien
Alt_Pasien
Jk
Umur Pasien
Character
Character
Character
Character
Numerik
9
26
13
14
2
0
Nomor Berobat
Nama Pasien
Alamat Pasien
Jenis Kelamin
Umur Pasien

Pengolahan Data
Pengolahan data adalah segala macam pengolahan terhadap data atau kombinasi-kombinasi dari bermacam-macam pengolahan terhadap data untuk membuat data itu berguna sesuai dengan hasil yang diinginkan, sehingga dapat segera dipakai menjadi informasi yang dibutuhkan atau berguna sesuai dengan yang diinginkan sehingga dapat segera dipakai. Sedangkan data adalah suatu peristiwa atau fakta kejadian baik berupa angka, gambar atau keterangan dalam menyusun laporan dan untuk mengambil suatu keputusan.

 Fungsi Puskesmas
Pertumbuhan ekonomi yang terus berkembang pesat pada dewasa ini sungguh amat dirasakan dampak positifnya pada masyarakat. Dan dibidang kesehatan harus diperhatikan. Dengan demikian Puskesmas sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Sehingga dapat disimpulkan fungsi atau kegunaan puskesmas adalah :
1. Melayani masyarakat dalam bidang kesehatan.
2. Memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang gizi.
3. Memberi masukan dan klasifikasi untuk studi kelayakan pada masyarakat luas tentang masyarakat keluarga.
4. Memberikan pelayanan gizi kepada masyarakat yang para sejahtera dengan secara Cuma-Cuma.

Sekilas Tentang Pemrograman Clipper 4
Bahasa pemrograman Clipper pada awalnya merupakan suatu compiler terhadap pake program Dbase III+. Clipper hadir tidak untuk bersaing dengan Dbase III+ tetapi Clipper justru mengkompilasi program yang ditulis dalam paket Dbase III+.
Sebuah Compiler berfungsi untuk menterjemahkan tiap baris instruksi sekali dan kemudian menyimpan hasil terjemahan kedalam file yang disebut sebagai objek file (OBJ). Objek file tersebut kemudian harus digunakan (LINK) untuk mendapatkan sebuah file yang siap dijalankan (FILE EXE) jadi Compiler mengurangi kerja interpreter yang berulang karena yang dijalankan dalam bahasa yang sudah dimengerti oleh komputer maka praktis waktu pengerjaan instruksinya lebih cepat dibandingkan dengan interpreter.

Statemen-statemen Yang Digunakan Dalam Pemrograman Clipper 4
Beberapa instruksi-instruksi yang dipakai dalam pemrograman clipper compiler antara lain.
  1. Accept []
Instruksi untuk menyimpan variabel memori jenis string hasil masukan dari keyboard.
  1. Call[With]
Instruksi yang mengerjakan program yang dicompile dengan compiler lain dengan melewatkan nilai parameternya.
  1. Cancel
Instruksi untuk menghentikan jalannya suatu program. Biasanya kontrok kembali kesistem operasi.
  1. Clear
Instruksi untuk menghapus layar. GET dan meletakkan kursor pada posisi 0.0.
  1. Clear ALL
Instruksi untuk menutup semua file dari semua jenis-jenis, menghapus semua variabel memori dan memilih daerah operasi.
  1. Clear Get
Instruksi untuk menghapus variabel memori yang telah dipakai oleh GET.
  1. Clear Memory
Instruksi untuk menghapus semua memori variabel, baik PUBLIC maupun PRIVATE.
  1. DO[WITH]
Instruksi untuk menjalankan prosedur tertentu dengan nilai parameter yang sesungguhnya.
  1. Set Talk
Bentuk umum : Set talk On/Off
Jika On maka status pemrosesan bekas akan ditampilkan dilayar dan bila Off berarti tidak menampilkan informasi tersebut.
  1. External
Instruksi yang menyebabkan prosedur dapat ditempatkan pada sebuah overlay. Caranya adalah dengan mendeklarasikan simbol yang akan dipakai pada program.
  1. Go/Go To/Bottom/Top
Instruksi yang menyebabkan penunjuk record dari suatu database berpindah dengan nilai yang diberikan pada .
  1. Keyboard
Instruksi untuk mengisi buiter keyboard dengan karakter string. Tujuannya adalah otomatisasi masukan dari keyboard.
  1. Kondisi IF…..Else…..Endi
Bentuk umum : IF
Else
Endif
Bila bernilai .T., maka instruksi yang dikerjakan adalah , sedangkan bila bernilai .F., maka yang dikerjakan adalah . Jika bagian else tidak ada maka yang dikerjakan adalah instruksi setelah Endif.
  1. Statement perulangan (LOOP) Do While……Enddo
Bentuk umum : Do While
……………
[exit]
[Loop]
……………
Enddo
Pada perintah pemrograman berstruktur ini, akan diuji nilainya selama bernilai .T., maka persyaratan diantara Do While dan Enddo yang sesuai akan dilaksanakan. Perintah Exit biasanya dilaksanakan diantara Do While Enddo.
  1. Statement Do Cse Endcase
Bentuk umum : Do Case
Case
……………
Case
Other Wise
Selama bernilai .T., maka pernyataan akan dilaksanakan sampai case berikutnya.
  1. Quit
Instruksi yang menyebabkan berhentinya semua kegiatan baik jalannya program, penutupan semua file yang sedang aktif dan kontrol kembali kesistem operasi.
Cara Mengoperasikan Clipper 4
Pada umumnya Clipper Compiler sama dengan Compiler-compiler lain yaitu:
1. Lakukan proses Compiling sama dengan Compiler biasa, gunakan syntax yang berlaku pada Clipper.
2. Bila proses Compiling tidak mengandung kesalahan, Clipper menyimpan file hasil proses Compiling dalam objek file (file.obj).
3. Agar objek file tersebut menjadi sebuah file yang dapat di jalankan, lakukan proses linking, yaitu menghubungkan (jika ada) beberapa objek file.
4. Jika proses linking selesai tanpa ada kesalahan maka terbentuk sebuah file yang dapat dijalankan.
5. Setelah file.EXE tebentuk, program sumber yang ditulis dalam DBASE III PLUS tidak diperlukan lagi.
Contoh :
C:\cd Clipper4
C:\Clipper4\set obj =\Clipper4 (Enter)
C:\Clipper4\Clipper (nama file) (Enter)
C:\Clipper4\Plink86 fi (nama file) (Enter)
C:\Clipper4\(File.EXE) (Enter)
Program sudah dapat dijalankan dengan nama file yang telah di Compile dan kemudian dilakukan Plink menjadi File.EXE

Ditulis Oleh : Unknown // 2:19 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment