Friday, February 8, 2013

Pengertian Sistem Informasi

Pengertian Sistem Informasi : Menurut Andri Kristanto dalam bukunya Perancangan Sistem Informasi, menyatakan bahwa :
”Sistem informasi merupakan kumpulan dari perangkat keras dan perangkat lunak komputer serta perangkat manusia yang akan mengolah data menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak tersebut”. (2003:11)

Sedangkan menurut Witarto dalam bukunya Memahami Sistem Informasi, menyatakan bahwa :

”Sistem informasi merupakan sistem yang berisi jaringan SPD (sistem pengolahan data), yang dilengkapi dengan kanal-kanal komunikasi yang digunakan dalam sistem organisasi data”. (2004:19)

Sistem Informasi Berbasis Komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer.

Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

Informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya tersebut sangat diperlukan misalnya dalam rangka pengambilan keputusan-keputusan stategis.

Terbentuknya sistem informasi yang akurat untuk membantu setiap pengambilan keputusan. Di tengah lajunya kemajuan industri yang berbasis teknologi telekomunikasi dan informatika, informasi yang cepat dan akurat semakin menjadi kebutuhan pokok para decission maker. Informasi merupakan kebutuhan dasar yang diperlukan oleh setiap manajemen untuk melakukan pengambilan keputusan. Sedangkan suatu sistem informasi bertujuan untuk memasok segala kebutuhan informasi bagi mereka yang membutuhkannya. Sistem informasi yang tepat akan membantu kebijakan level manajerial dalam hal program-program dan rencana-rencana operasional serta sasaran yang akan dicapai misalnya oleh organisasi atau perusahaan.

Sumber-Sumber Sistem Informasi
Sumber-sumber sistem informasi meliputi sumber manusia sebagai pengelolah semua sistem informasi, hardware sebagai peralatan fisik dan bahan fisik yang digunakan dalam proses sistem informasi sedangkan software adalah semua himpunan instruksi proses informasi.

Sumber Manusia
Manusia dibutuhkan untuk mengolah semua sistem informasi. Sumber manusia terdiri atas:
  1. End User (sering disebut pengguna atau client), adalah orang-orang yang menggunakan sistem informasi atau informasi yang telah dihasilkan. Dalam tugas akhir ini, mereka itu adalah mahasiswa sebagai bagian dari civitas akademika.
  2. Spesialis Sistem Informasi. Mereka adalah analis sistem, programmer, operator komputer dan sebagainya. Analis sistem mendesain sistem informasi yang didasarkan pada kebutuhan informasi dari end user. Programmer menyiapkan program-program komputer yang didasarkan pada spesifikasi dari analis sistem serta operator komputer mengoperasikan program sistem komputer.
Sumber Hardware
Sumber hardware ini terdiri dari semua peralatan fisik dan bahan fisik yang digunakan dalam proses sistem informasi, bukan hanya terdiri dari mesin seperti komputer dan kalkulator tapi juga semua media data yaitu semua obyek yang dapat disentuh dimana data direkam. Contoh hardware yang digunakan dalam sistem informasi adalah :
  1. Sistem komputer, yang terdiri dari CPU dan berbagai peralatan peripheral yang dihubungkan.
  2. Komponen peripheral, merupakan peralatan seperti keyboard atau mouse elektronik untuk memasukkan data dan perintah, monitor atau printer untuk output informasi serta disk magnetik atau optik untuk penyimpanan sumber-sumber data.
  3. Jaringan telekomunikasi, terdiri dari komputer, prosesor komunikasi dan peralatan lain yang dihubungkan dengan berbagai macam media komunikasi.

Ditulis Oleh : Unknown // 10:44 PM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment