Friday, July 26, 2013

Pengertian Kepercayaan

Pengertian Kepercayaan 
Kepercayaan adalah rasa aman dan yakin. Berkembangnya kepercayaan merupakan investasi penting dalam membina hubungan yang saling menguntungkan dalam jangka yang panjang. Kepercayaan akan timbul ketika kedua belah pihak saling berbagi pengalaman dan saling manafsirkan dan mengkaji motif masing- masing. Jika sudah saling memahami, resiko dan keraguan akan semakin berkurang (Buttle,2007:20). 

Pengertian Retention 
Retention adalah suatu metode yang dipakai untuk mempertahankan pelanggan (Roger, 2004:15). Retention ditunjukan untuk mencegah pelanggan yang tidak puas agar tidak menyebarkan ketidakpuasannya ke komunitas yang lebih besar. 

Retention biasanya amat diperlukan oleh perusahaan-perusahaan yang mengandalkan repeat sales sebagai metode penjualannya. 

Hubungan antara kepuasan pelanggan dengan customer retention amatlah mudah untuk dipahami. Namun tingkat kompetisi yang sangat tinggi di industri pusat kebugaran mempengaruhi besar kecilnya suatu usaha retention yang harus dilakukan. Pada industri yang dimana marketnya memiliki sedikit pilihan seperti perusahaan air dan listrik, maka konsumen mungkin tetap tinggal dan menikmati jasa tersebut walaupun mereka tidak puas. Dalam market seperti pusat kebugaran yang memiliki kompetisi cukup tinggi dan switching cost untuk berpindah ke kompetitor cukup rendah, maka strategi marketing dan juga customer retention amat mutlak diperhatikan. 

Segmentasi Pasar 
Untuk melakukan suatu segmentasi terhadap pelanggan dapat dilakukan dalam berbagai pendekatan yang berdasarkan dari profil pelanggan yang dihasilkan oleh Geographic, Demographic, Psychographic, dan Buyer Behavior (Kotler, 2006:231-240): 

a. Geografi 
Segmentasi geografi digunakan untuk menjelaskan pasar menjadi unit geografi yang berbeda seperti bangsa, negara bagian, wilayah, negara, kota atau lingkungan. 

b. Demografi 
Dalam segmentasi Demografi, pasar dibagi menjadi beberapa group variabel seperti usia, besar keluarga, kelamin, penghasilan, pekerjaan, tingkat pendidikan, agama, keturunan, generasi, kewarganegaraan, dan kelas sosial. 

c. Psikografi 
Psikografi adalah ilmu yang menggunakan psikologi dan demografi untuk mengerti pelanggan lebih baik. Dalam segmentasi psikografi, pembeli dibagi menjadi beberapa group yang berbeda berdasarkan basis dari karakter psikologi, gaya hidup, atau nilai. 

d. Perilaku kebiasaan belanja 
Dalam segmentasi kebiasaan, pembeli dibagi berdasarkan basis pengetahuan mereka, kelakuan, penggunaan, atau tanggapan terhadap sebuah produk. Pasar menyadari bahwa masyarakat memiliki tingkat kesiapan untuk membeli sebuah produk ditingkat yang berbeda.

Ditulis Oleh : Unknown // 4:40 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment