Wednesday, June 26, 2013

Organisasi Penyusun Standar Akuntansi Syariah di Indonesia

Organisasi Penyusun Standar Akuntansi Syariah di Indonesia 
Untuk dapat menghasilkan standar akuntansi keuangan yang baik, maka badan penyusunnya terus dikembangkan dan disempurnakan sesuai dengan kebutuhan. Awalnya, cikal bakal badan penyusun standar akuntansi adalah Panitia Penghimpunan Bahan-bahan dan Struktur dari GAAP dan GAAS yang dibentuk pada tahun 1973. Pada tahun 1974 dibentuk Komite Prinsip Akuntansi Indonesia (PAI) yang bertugas menyusun dan mengembangkan standar akuntansi keuangan. Komite PAI telah bertugas selama empat periode kepengurusan IAI sejak tahun 1974 hingga 1994 dengan susunan personel yang terus diperbarui. Selanjutnya, pada periode kepengurusan IAI tahun 1994-1998 nama Komite PAI diubah menjadi Komite Standar Akuntansi Keuangan (Komite SAK). 

Kemudian, pada Kongres VIII IAI tanggal 23-24 September 1998 di Jakarta, Komite SAK diubah kembali menjadi Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) dengan diberikan otonomi untuk menyusun dan mengesahkan PSAK dan ISAK. Selain itu, juga telah dibentuk Komite Akuntansi Syariah (KAS) dan Dewan Konsultatif Standar Akuntansi Keuangan (DKSAK). Komite Akuntansi Syariah (KAS) dibentuk tanggal 18 Oktober 2005 untuk menopang kelancaran kegiatan penyusunan PSAK yang terkait dengan perlakuan akuntansi transaksi syariah yang dilakukan oleh DSAK. Sedangkan DKSAK yang anggotanya terdiri atas profesi akuntan dan luar profesi akuntan, yang mewakili para pengguna, merupakan mitra DSAK dalam merumuskan arah dan pengembangan SAK di Indonesia. 

Organisasi Penyusun Standar Akuntansi Internasional dan Standar yang dikembangkannya 
1Pengenalan AAOIFI 
Akuntansi dan Auditing Organization for Islamic Financial Institutions (AAOIFI) adalah organisai internasional Islam non-badan hukum nirlaba yang menyiapkan standar akuntansi, audit, pemerintahan, etika dan standar Syariat Islam lembaga keuangan dan industri. Program kualifikasi profesional (terutama CIPA, Penasihat syariat dan Auditor "CSAA", dan program kepatuhan perusahaan) yang disajika oleh AAOIFI dalam upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia industri dasar dan struktur pemerintahan. 

AAOIFI didirikan sesuai dengan Perjanjian Asosiasi yang ditandatangani oleh lembaga-lembaga keuangan Islam pada 1 Safar, 1410H berkorespondensi dengan 26 Februari 1990 di Aljazair. Kemudian terdaftar pada tanggal 27 Maret 1991 di Negara Bagian Bahrain. 

Sebagai organisasi internasional yang independen, AAOIFI didukung oleh kelembagaan anggota (200 anggota dari 45 negara, sejauh ini) termasuk bank sentral, lembaga keuangan Islam, dan peserta lain dari industri perbankan islam internasional dan keuangan, di seluruh dunia. 

AAOIFI telah memperoleh dukungan untuk memastikan pelaksanaan standar, yang sekarang diadopsi di Kerajaan Bahrain, Dubai International Financial Centre, Yordania, Lebanon, Qatar, Sudan dan Suriah., yang relevan di Australia, Indonesia, Malaysia, Pakistan, Kerajaan Arab Saudi, dan Afrika Selatan telah mengeluarkan panduan yang didasarkan pada standar AAOIFI dan pernyataan-pernyataan. 

2 Tujuan dari AAOIFI adalah: 
  1. Untuk mengembangkan pemikiran akuntansi dan audit yang relevan dengan lembaga-lembaga keuangan Islam; 
  2. Untuk menyebarluaskan pikiran akuntansi dan audit yang relevan dengan lembaga-lembaga keuangan Islam dan penerapannya melalui pelatihan, seminar, penerbitan surat kabar berkala, melaksanakan penelitian dan sarana lainnya; 
  3. Untuk menyiapkan, menyebarkan dan menafsirkan standar akuntansi dan audit untuk lembaga keuangan Islam. 
  4. Untuk meninjau dan mengubah standar akuntansi dan audit untuk lembaga keuangan Islam. 
AAOIFI melaksanakan tujuan tersebut sesuai dengan ajaran syariat Islam yang merupakan sistem yang komprehensif untuk semua aspek kehidupan, sesuai dengan lingkungan di mana institusi keuangan Islam telah berkembang. Kegiatan ini dimaksudkan baik untuk meningkatkan kepercayaan pengguna dari laporan keuangan lembaga keuangan Islam dalam informasi yang dihasilkan tentang lembaga-lembaga ini, dan untuk mendorong para pengguna untuk melakukan investasi atau deposito dana mereka di lembaga keuangan Islam dan untuk menggunakan layanan mereka. 

AAOIFI telah berhasil menyusun beberapa hal, yakni : 
1. Tujuan dan konsep akuntansi keuangan untuk lembaga keuangan 
2. Standar akuntansi untuk lembaga keuangan khususnya bank 
3. Tujuan dan standar auditing untuk lembaga keuangan 
4. Kode etik untuk akuntan dan auditor lembaga keuangan 

3 Standar syariah yang diterbitkan oleh AAOIFI 
1. Perdagangan dalam mata uang. 
2. Debit Card, Charge Card dan Kartu Kredit. 
3. Default di Pembayaran oleh Debitur. 
4. Penyelesaian Utang oleh Set-Off. 
5. Jaminan. 
6. Konversi dari Bank Konvensional Bank Islam. 
7. Hawala. 
8. Murabahah untuk Orderer Pembelian. 
9. Ijarah dan Ijarah Muntahia Bittamleek. 
10. Salam dan Paralel Salam. 
11. Paralel Istisna'a dan Istisna'a. 
12. Sharika (Musyarakah) dan Modern Korporasi. 
13. Mudharabah. 
14. Documentary Credit. 
15. Jua'la. 
16. Commercial Papers. 
17. Investasi Sukuk. 
18. Kepemilikan (Qabd). 
19. Pinjaman (Qardh). 
20. Komoditas di Pasar terorganisir. 
21. Keuangan Papers (Saham dan Obligasi). 
22. Concession Contracts. 
23. Agency. 
24. Pembiayaan sindikasi. 
25. Kombinasi Kontrak. 
26. Islamic Insurance. 
27. Indeks. 
28. Layanan Perbankan. 
29. Etika dan ketentuan untuk fatwa. 
30. Monetisasi (Tawarruq) 
31. Gharar Ketentuan dalam Transaksi Keuangan 
32. Arbitrase 
33. Waqf 
34. Ijarah pada Buruh (Individu) 
35. Zakat

Ditulis Oleh : Unknown // 10:38 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment