Thursday, June 27, 2013

Tinjauan Umum tentang Komunikasi Massa

Tinjauan Umum tentang Komunikasi Massa 
1 Pengertian Komunikasi Massa 
Komunikasi massa menurut Bittner seperti dikutip oleh Jalaluddin Rakhmat “mass communication is messages communicated through a mass medium to a large number of people” (komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang). (Rakhmat 2003:188) 

Menurut Gerbner seperti dikutip oleh Jalaluddin Rakhmat, “mass communication is the technologically and institutionally flow of message in industrial societies” (komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang kontinu serta paling luas dimiliki orang dalam mayarakat industri). (Rakhmat 2003:188) 

Komunikasi massa (mass communication) ialah komunikasi melalui media massa modern yang meliputi surat kabar yang mempunyai sirkulasi yang luas, siaran radio dan televisi yang ditujukan kepada umum dan film yang dipertunjukan di gedung bioskop.(Effendy, 2000:79) 

Komunikasi massa menyiarkan informasi, gagasan dan sikap kepada komunikan yang beragam dalam jumlah yang banyak dengan menggunakan media. 

Melakukan kegiatan komunikasi massa jauh lebih sukar daripada komunikasi pribadi. Seorang komunikator yang menyampaikan pesan kepada ribuan pribadi yang berbeda pada saat yang sama, tidak akan bisa menyesuaikan harapannya untuk memperoleh tanggapan mereka secara pribadi. Seorang komunikator melalui media massa yang mahir adalah seseorang yang berhasil menemukan metode yang tepat untuk menyiarkan pesannya guna membina empati dengan jumlah terbanyak diantara komunikannya. Meskipun jumlah komunikan bisa mencapai jutaan, kontak yang fundamental adalah antara dua orang; benak komunikator harus mengenai benak setiap komunikan. Komunikasi massa yang berhasil ialah kontak pribadi dengan pribadi yang diulang ribuan kali secara serantak. 

2 Karakteristik Komunikasi Massa 
Karakteristik Komunikasi Massa adalah sebagai berikut : 

1. Komunikasi massa bersifat umum 
Pesan komunikasi massa yang disampaikan melalui media adalah terbuka untuk semua orang. Benda-benda tercetak, film, radio dan televisi apabila dipergunakan untuk keperluan pribadi dalam lingkungan organisasi yang tertutup, tidak dapat dikatakan komunikasi massa. 

2. Komunikan bersifat heterogen 
Perpaduan antara jumlah komunikan yang besar dalam komunikasi massa dengan keterbukaan dalam memperoleh pesan-pesan komunikasi, erat sekali hubungannya dengan sifat heterogen komunikan. 

3. Hubungan komunikator-komunikan bersifat non pribadi 
Dalam komunikasi massa, hubungan antara komunikator dan komunikan bersifat non pribadi, karena komunikan yang anonim dicapai oleh orang-orang yang dikenal hanya dalam peranannya yang bersifat umum sebagai komunikator. Sifat non pribadi ini timbul disebabkan oleh teknologi dari penyebaran yang massal dan sebagian lagi dikarenakan syarat-syarat bagi peranan komunikator 

4. Media massa menimbulkan keserampakan 
Yang dimaksud keserampakan ialah keserampakan kontak dengan sejumlah besar penduduk dalam jarak yang jauh dari komunikator, dan penduduk tersebut satu sama lainnya berada dalam keadaan terpisah. yang bersifat umum. (Effendy, 2000:50) 

Ditulis Oleh : Unknown // 11:26 PM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment