Monday, July 8, 2013

Syarat-syarat Pindah Sekolah

Syarat-syarat yang harus disiapkan, apabila anak kita  mau pindah sekolah dari Sekolah Asal ke Sekolah Baru. 

Pindah sekolah jaman sekarang gak semudah dulu tapi juga gak rumit-rumit amat sih. Kalo mau pindah atau mutasi, ini berkas-berkas yang diperlukan : 
1. Photo copy ijazah yang dilegalisir
2. Photo copy SKHUN yang dilegalisir
3. Photo copy nilai raport terakhir yg dilegalisir
4. Surat keterangan pindah dari sekolah asal
5. Surat keterangan diterima dari sekolah yang dituju
6. Surat permohonan dari orang tua
7. Surat dari dinas pendidikan Kab/Kota bila pindah antar Kab/Kota
8. Surat dari dinas pendidikan Provinsi bila pindah antar provinsi
Info ini ku dapet dari surat edaran dinas pendidikan Kabupaten yang ditujukan ke kepala sekolah SMP, SMA, SMK Negeri dan Swasta se-kabupaten tentang syarat-syarat penerimaan siswa pindahan.

Banyak ya? Iya. Jadi langkah pertama orang tuanya lebih dulu datengin sekolah yang dituju, ajuin permohonan pindah secara tertulis. Biasanya pihak sekolah liat posisi kelas yang dituju dulu, masih ada lowongan ato nggak. Terus liat nilai ijazah sama SKHUN si anak, menuhin standar sekolah ato nggak. Kalo sudah oke baru dia kasih surat persetujuan menerima si anak di sekolah mereka. Kok mesti ke sekolah yang dituju lebih dulu? Karena sekolah asal nggak mau memproses mutasi siswa kalo belum ada sekolah yang bakal nerima untuk mencegah siswa terkatung-katung, soalnya kalo surat mutasi sudah dikeluarkan maka siswa gak bisa balik lagi ke sekolah asal.

Langkah kedua setelah dapet surat persetujuan, bawa itu surat ke sekolah asal, kasitau kalo si anak mau mutasi sekolah. Ntar pihak sekolah bakal ngasih surat rujukan yang bakal kita bawa ke dinas pendidikan kabupaten. Di raport siswa dikasih keterangan pindah yang ditanda tangani kepala sekolah. Beres disini, silahkan berangkat ke kantor dinas pendidikan Kab/Kota. Enak kalo ada yang kenal, kalo gak ada tanya aja ato cari ruangan bagian pengurusan sekolah menengah kalo siswa SMP atau SMA, bagian sekolah dasar kalo siswa SD yang mau pindah . Tanya disitu mesti ngadep siapa kalo mau urus mutasi siswa. Mereka nanti yang bakal ngasih berkas yang kita butuhkan. Berhubung sistem pendidikan kita sekarang udah komputerisasi biasanya penting banget minta surat tanda bukti pengajuan mutasi siswa yang didalemnya memuat data siswa, data mutasi siswa dan kode validasi. Kode validasi ini menjadi bukti transaksi ke sistem Data Pokok Kependidikan Nasional.

Aturannya kalo pindah antar provinsi kan mesti minta surat dari dindik provinsi, tapi sebaiknya tanya dulu kesekolah tujuan, apa harus banget ada atau boleh nggak, karena ada juga sekolah yang nggak ngotot minta surat dari dindik provinsi yang penting sudah ada surat yang berisi kode validasi tadi. Maklum sih, karena kadang agak susah ngurus surat ke provinsi biasanya kendala jarak yang jauh. Jadi mereka kasih dispensasi lah, gitu. 

Nah, kalo sudah lengkap semua berkas tinggal nyamperin sekolah yang dituju deh. Nggak rumit kan? Berdasarkan pengalaman ku sih nggak rumit tuh, semua yang ku temui cukup kooperatif. Emang kalo di Dindik biasanya nggak selalu langsung kelar hari itu juga karena kadang Kasi yang berhak nanda tangan suka gak ada ditempat. Dan soal biaya rasanya cuma keluar biaya diongkos doank tuh. Emank sih waktu ngurus berkas Nka sempet ngasih uang rokok tapi itu lebih karena rasa terima kasih dan tersentuh soalnya TU-nya adalah TU jaman aku sekolah dulu, 20 tahun yang lalu, brur. 

Legaaa, walau pun urusan berkas Tara belum bisa dibilang beres. Karena emang baru langkah pertama yang dijalanin. Untungnya ada pamannya di Lampung yang bisa bantu urus di sekolah. Ada teman SMA ku di Dindik yang bisa bantu urusan dinas. Tinggal masalah waktu. Urusan kirim berkas. Soalnya kiriman pos suka lama antara Koba-Lampung. Jasa pengiriman yang laen kurang efektif di kota asalku, soalnya emang rada jauh dari kota. Tapi mudah-mudahan Pos Indonesia tercinta bisa diandalkan.

Ditulis Oleh : Efendi Pakpahan // 11:36 PM
Kategori:

10 komentar:

  1. Mkasih atas infonya, sangat membantu...
    tetapi, alangkah lebih baik lagi klo di sertai contoh suratnya juga... terima kasih.

    ReplyDelete
  2. kalau surat sudah lengkap dan sudah siap diajukan ke sekolah yang dituju apakah sekolah tersebut(yang dituju) memungut biaya?

    ReplyDelete
  3. Saya pernah memindahkan sekolah anak2 saya dari Jakarta ke Balikpapan,yang 1 kelas 2 SD,yang 1 lagi kelas 4 SD,yang 1 lagi SMA kelas 1.
    pada saat mendaftar saya dikenakan biaya masuk karena pindahan dari Luar profinsi
    masing2 dikenakan biaya Rp.600,000,-
    terus terang saat itu kami sekeluarga pindah kesana dengan biaya yg tdk sedikit,dan kamipun bukan termasuk orang yang mampu.

    Sekarng saya sudah kembali lagi membawa anak2 pindah ke Jakarta,Dan di jakarta pun kami dikenakan lagi biaya masuk karena pindahan dari Luar Profinsi,terus terang anak2 saya sampai harus menunggu tahun ajaran baru untuk dapat masuk sekolah,karena kami orang tua yang harus mengumpulkan uang untuk biaya masuk sekolah,
    apakah benar Prosedurnya begitu ? kalau yang SMA diminta minimal Rp.2.000.000,- SMAN lho....
    masuk sekolah negeri bayar ,ngurus surat pindahpun juga dipungut biaya jadi saya double siapkan uang sekolah bagi 2 anak saya yang pindah dan masuk sekolah,belum lagi saya hrs siapkan uang buat kedua anak saya yang akan masuk sekolah dasar baru,juga buat anak saya yang akan masuk ke SMA,karena tidak punya biaya masuk sekolah maka tidak meneruskan sekolah,
    saya mohon informasinya Bapak/Ibu terhormat,Dimana letak keadilan bagi orang kecil kalau Tergencet dengan situasi orang2 berpendidikan tapi menekan orang kecil,Tolong untuk di evaluasi kebijakan seperti ini.
    terima kasih,
    wassalam

    Erlyn

    ReplyDelete
  4. bang emang sekarang dari madrasah ke sd negri dah kaga bisa pindah y
    tolong pencerahan

    ReplyDelete
  5. kan itu yang di minta SKHUN, kalo SKHUN nya jelek Tetapi Nilai Raport di Sekolahnya baik gimana ?

    ReplyDelete
  6. Pak izazah paket b bisa Pak meurus surat pindah ke smk karna saya gk ada rapot Pak apakah bisa saya lanjut klz 2 atau klz 3 gitu pak

    ReplyDelete
  7. Pak izazah paket b bisa Pak meurus surat pindah ke smk karna saya gk ada rapot Pak apakah bisa saya lanjut klz 2 atau klz 3 gitu pak

    ReplyDelete
  8. kalo nilai un nya tidak sesuai dengan sekolah tujuan apa bisa?

    ReplyDelete