Monday, July 8, 2013

Syarat-syarat Pindah Sekolah

Syarat-syarat yang harus disiapkan, apabila anak kita  mau pindah sekolah dari Sekolah Asal ke Sekolah Baru. 

Pindah sekolah jaman sekarang gak semudah dulu tapi juga gak rumit-rumit amat sih. Kalo mau pindah atau mutasi, ini berkas-berkas yang diperlukan : 
1. Photo copy ijazah yang dilegalisir
2. Photo copy SKHUN yang dilegalisir
3. Photo copy nilai raport terakhir yg dilegalisir
4. Surat keterangan pindah dari sekolah asal
5. Surat keterangan diterima dari sekolah yang dituju
6. Surat permohonan dari orang tua
7. Surat dari dinas pendidikan Kab/Kota bila pindah antar Kab/Kota
8. Surat dari dinas pendidikan Provinsi bila pindah antar provinsi
Info ini ku dapet dari surat edaran dinas pendidikan Kabupaten yang ditujukan ke kepala sekolah SMP, SMA, SMK Negeri dan Swasta se-kabupaten tentang syarat-syarat penerimaan siswa pindahan.

Banyak ya? Iya. Jadi langkah pertama orang tuanya lebih dulu datengin sekolah yang dituju, ajuin permohonan pindah secara tertulis. Biasanya pihak sekolah liat posisi kelas yang dituju dulu, masih ada lowongan ato nggak. Terus liat nilai ijazah sama SKHUN si anak, menuhin standar sekolah ato nggak. Kalo sudah oke baru dia kasih surat persetujuan menerima si anak di sekolah mereka. Kok mesti ke sekolah yang dituju lebih dulu? Karena sekolah asal nggak mau memproses mutasi siswa kalo belum ada sekolah yang bakal nerima untuk mencegah siswa terkatung-katung, soalnya kalo surat mutasi sudah dikeluarkan maka siswa gak bisa balik lagi ke sekolah asal.

Langkah kedua setelah dapet surat persetujuan, bawa itu surat ke sekolah asal, kasitau kalo si anak mau mutasi sekolah. Ntar pihak sekolah bakal ngasih surat rujukan yang bakal kita bawa ke dinas pendidikan kabupaten. Di raport siswa dikasih keterangan pindah yang ditanda tangani kepala sekolah. Beres disini, silahkan berangkat ke kantor dinas pendidikan Kab/Kota. Enak kalo ada yang kenal, kalo gak ada tanya aja ato cari ruangan bagian pengurusan sekolah menengah kalo siswa SMP atau SMA, bagian sekolah dasar kalo siswa SD yang mau pindah . Tanya disitu mesti ngadep siapa kalo mau urus mutasi siswa. Mereka nanti yang bakal ngasih berkas yang kita butuhkan. Berhubung sistem pendidikan kita sekarang udah komputerisasi biasanya penting banget minta surat tanda bukti pengajuan mutasi siswa yang didalemnya memuat data siswa, data mutasi siswa dan kode validasi. Kode validasi ini menjadi bukti transaksi ke sistem Data Pokok Kependidikan Nasional.

Aturannya kalo pindah antar provinsi kan mesti minta surat dari dindik provinsi, tapi sebaiknya tanya dulu kesekolah tujuan, apa harus banget ada atau boleh nggak, karena ada juga sekolah yang nggak ngotot minta surat dari dindik provinsi yang penting sudah ada surat yang berisi kode validasi tadi. Maklum sih, karena kadang agak susah ngurus surat ke provinsi biasanya kendala jarak yang jauh. Jadi mereka kasih dispensasi lah, gitu. 

Nah, kalo sudah lengkap semua berkas tinggal nyamperin sekolah yang dituju deh. Nggak rumit kan? Berdasarkan pengalaman ku sih nggak rumit tuh, semua yang ku temui cukup kooperatif. Emang kalo di Dindik biasanya nggak selalu langsung kelar hari itu juga karena kadang Kasi yang berhak nanda tangan suka gak ada ditempat. Dan soal biaya rasanya cuma keluar biaya diongkos doank tuh. Emank sih waktu ngurus berkas Nka sempet ngasih uang rokok tapi itu lebih karena rasa terima kasih dan tersentuh soalnya TU-nya adalah TU jaman aku sekolah dulu, 20 tahun yang lalu, brur. 

Legaaa, walau pun urusan berkas Tara belum bisa dibilang beres. Karena emang baru langkah pertama yang dijalanin. Untungnya ada pamannya di Lampung yang bisa bantu urus di sekolah. Ada teman SMA ku di Dindik yang bisa bantu urusan dinas. Tinggal masalah waktu. Urusan kirim berkas. Soalnya kiriman pos suka lama antara Koba-Lampung. Jasa pengiriman yang laen kurang efektif di kota asalku, soalnya emang rada jauh dari kota. Tapi mudah-mudahan Pos Indonesia tercinta bisa diandalkan.

Ditulis Oleh : Unknown // 11:36 PM
Kategori:

48 komentar:

  1. Mkasih atas infonya, sangat membantu...
    tetapi, alangkah lebih baik lagi klo di sertai contoh suratnya juga... terima kasih.

    ReplyDelete
  2. kalau surat sudah lengkap dan sudah siap diajukan ke sekolah yang dituju apakah sekolah tersebut(yang dituju) memungut biaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga bingung di masalah ini juga

      Delete
    2. Kalau pindahan dari sukabumi ke Jakarta ribet ga ya? Tapi KK aku asli jakarta dan asli jakarta jga sementara aku sekolah di sukabumi bukan warga sna trs gmna ya kalau mau pindah?

      Delete
    3. Sedangkan aku di sukabumi swasta pengen pindah ke negeri di jakarta terus sedangkan hutang pembiayaan sekolah di sukabumi blm terlunaskan, apakah harus dilunaskan? Atau gmna mohon sarannya

      Delete
    4. Saya kan kelas 11 SMA apakah bisa pindah di semester ganjil/genap?

      Delete
  3. Saya pernah memindahkan sekolah anak2 saya dari Jakarta ke Balikpapan,yang 1 kelas 2 SD,yang 1 lagi kelas 4 SD,yang 1 lagi SMA kelas 1.
    pada saat mendaftar saya dikenakan biaya masuk karena pindahan dari Luar profinsi
    masing2 dikenakan biaya Rp.600,000,-
    terus terang saat itu kami sekeluarga pindah kesana dengan biaya yg tdk sedikit,dan kamipun bukan termasuk orang yang mampu.

    Sekarng saya sudah kembali lagi membawa anak2 pindah ke Jakarta,Dan di jakarta pun kami dikenakan lagi biaya masuk karena pindahan dari Luar Profinsi,terus terang anak2 saya sampai harus menunggu tahun ajaran baru untuk dapat masuk sekolah,karena kami orang tua yang harus mengumpulkan uang untuk biaya masuk sekolah,
    apakah benar Prosedurnya begitu ? kalau yang SMA diminta minimal Rp.2.000.000,- SMAN lho....
    masuk sekolah negeri bayar ,ngurus surat pindahpun juga dipungut biaya jadi saya double siapkan uang sekolah bagi 2 anak saya yang pindah dan masuk sekolah,belum lagi saya hrs siapkan uang buat kedua anak saya yang akan masuk sekolah dasar baru,juga buat anak saya yang akan masuk ke SMA,karena tidak punya biaya masuk sekolah maka tidak meneruskan sekolah,
    saya mohon informasinya Bapak/Ibu terhormat,Dimana letak keadilan bagi orang kecil kalau Tergencet dengan situasi orang2 berpendidikan tapi menekan orang kecil,Tolong untuk di evaluasi kebijakan seperti ini.
    terima kasih,
    wassalam

    Erlyn

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg skrg mau pindah lagi ke kota asal saya di bogor, apakah bisa baru pindah dari bogor ke ntb, terus smt2 nya pindah lagi ke bogor? apakah masih bisa karna saya skrg kelas 11 sma

      Delete
    2. saya kelas 2 SMK semester 2,,saya ga betah di skolahan yang lama,niatnya saya mau pindah ke SMA,,itu kira kira bisa ngga ya ga ngulang dari kelas 1??

      Delete
  4. bang emang sekarang dari madrasah ke sd negri dah kaga bisa pindah y
    tolong pencerahan

    ReplyDelete
  5. kan itu yang di minta SKHUN, kalo SKHUN nya jelek Tetapi Nilai Raport di Sekolahnya baik gimana ?

    ReplyDelete
  6. Pak izazah paket b bisa Pak meurus surat pindah ke smk karna saya gk ada rapot Pak apakah bisa saya lanjut klz 2 atau klz 3 gitu pak

    ReplyDelete
  7. Pak izazah paket b bisa Pak meurus surat pindah ke smk karna saya gk ada rapot Pak apakah bisa saya lanjut klz 2 atau klz 3 gitu pak

    ReplyDelete
  8. kalo nilai un nya tidak sesuai dengan sekolah tujuan apa bisa?

    ReplyDelete
  9. Pak kalau siswa nya ingin pindah karena tidak betah di sekolahan nya itu gimana trs sangking gak beta nya siswa nya sampek jarang masuk karena lingkungan sekolah yg tidak mendukung, dan akhir nya anak nya tidak naik kelas trs klk mau pindah sekolah itu naik kelas apa tetep di kelas itu. .
    Trimakasi

    ReplyDelete
  10. Pak ponakan sy SD kelas 5 rencana mw pindah sekolah.apakah nanti disekolah yg baru tetep kelas 5 apa turun kels 4,,,,mohon sarannya

    ReplyDelete
  11. Bang kalo pindah SMK ke SMK jurusan nya sama tapi domisili nya beda nah itu susah gak ?

    ReplyDelete
  12. Mau nanya pak,kalo kelas 6 MI apakah bisa pindah sekolah keluar kota??

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Saya kls 8 smp, apakah boleh pindah sekolah klo blum ikut semester 1

    ReplyDelete
  15. Kalau sma kls 1 semester 2 mau pindah ke smk bisa nggak tapi jangan berhenti satu tahun sekolah bisa nggak?

    ReplyDelete
  16. Ass...mau tanya pak.anak sy kls 1.mau naik kls 2 aliyah dari MA Swasta ingin pindah ke MAN karena pingin sekolah yg negri bisa gx.dari ponpes turus.ingin pindah ke man 1 serang banten.bisa gx

    ReplyDelete
  17. kalau dari sekolah negeri di depok ke sekolah swasta di jakarta pusat, persyaratan pindahnya sama juga ?

    ReplyDelete
  18. Mau tanya donk, adiknya SMA kelas 3, tapi mendadak berenti sekolah, udah lebih dari 3thun, entah knp sy kurang tau alasan berenti sekolah, kalau mau pindah dan lanjutin ke sekolah lain, tanpa harus ngulang dari awal kira2 bisa ndk yah ?

    ReplyDelete
  19. Kalau nem kurang cukup enggak bisa ya ?

    ReplyDelete
  20. Kalau pindah sekolah satu kota bisa ya pak?

    ReplyDelete
  21. anak saya bersekolah di salah satu boarding school di sulsel,yang masih PLS atau karangtina. dia tidak bisa berjauhan dengan mamanya jadi saya berencana memindahkannya tetapi belajar saja belum. Raportnya juga belum ada

    ReplyDelete
  22. Misalnya saya kelas 10 semester 1 SMAN mau pindah ke man itu tetap kan kelas 10 apa harus ngulang tahun depan?

    ReplyDelete
  23. Absen dan nilai dijadikan syarat juga gak?

    ReplyDelete
  24. Asalamualaikum, mau tanya...anak saya sekarang sudah kls 11 SMKN mau pindah ke SMKN yg lain bisa ga, anak saya merasa ga nyaman di sekolah yg sekarang dengan lingkungannya,kalo sepakat di pindahkan ke SMKN yg lain ngulang lagi atau di lanjut ke semester berikut nya

    ReplyDelete
  25. Assallamualaikum.. bang saya skrg kls 10 di SMK Swasta mau coba pindah ke SMA swasta pindahnya mau disemester 2 bisa ga bang? soalnya kata guru saya harus dapet rapot dulo.

    ReplyDelete
  26. Assallamuallaikum..bang aku skrng klas 10 dismks mau pindahke smks harus pake raport smp apa smks ya soalnya saya blm ada rapots smks

    ReplyDelete
  27. Anak saya kls 3 aliyah sklh boardingshcool di jogja dan rmh kami di jatim, anak saya ingin sekali pindah ke jatim krn sdh tdk nyaman bgt disana,sedang di jatim skr pendaftaran UNBK nya sdh di tutup
    Kira kira bisa tidak ya pak ngurus surat pindah?
    Trm ksh byk sebelumnya

    ReplyDelete
  28. Anak saya kls 3 aliyah sklh boardingshcool di jogja dan rmh kami di jatim, anak saya ingin sekali pindah ke jatim krn sdh tdk nyaman bgt disana,sedang di jatim skr pendaftaran UNBK nya sdh di tutup
    Kira kira bisa tidak ya pak ngurus surat pindah?
    Trm ksh byk sebelumnya

    ReplyDelete
  29. Bang pindah sekolah semester 2 tanla rapot semester 1 gimana

    ReplyDelete
  30. Kalo pindah setelah ujian semester 1 masih bisa kah? Saya baru kelas 10 SMA mau pindah ke SMK

    ReplyDelete
  31. saya kelas 10 smkn mau pindah ke sma negeri masih bisa kan ya? saya ga betah di smk hehe

    ReplyDelete
  32. Bisa gk yaa dari SMAN pindah ke SMKN??

    ReplyDelete
  33. Tanya pak,anak sy sekarang kelas 8smp,,,dia mnt pindah ke pesantren dsna kls 8 juga,,,, br 1 mnggu gk betah pak,, lalu apakah saya bs memindahkan anak saya lagi ke smp,, d tnggu jawaban, y terima kasih

    ReplyDelete
  34. Orng tua jd bingung klo bgni,, tp pngn anak y tetep bersekolah

    ReplyDelete