Thursday, June 4, 2015

CARA MENGHINDARI BEGAL MALAM HARI


Cara Menghindari Begal pada Malam Hari :
Baru-baru ini kita masyarakat sudah pasti tau dan merasa resah tentang adanya Begal (Perampokan dan Perampasan Sepeda Motor yang tak segan segan melukai korbannya) sebagaimana yang kita lihat baik berita dari Media Televisi ataupun Media Sosial Online Internet, Begal sebenarnya bukanlah hal yang harus ditakuti selama Anda dapat menghindari tempat yang menjadi sarangnya. Biasakan Selalu waspada dan hati-hati menjadi kunci utama keselamatan.Bila perlu apabila memang karena kerja atau urusan penting setiap harinya pulang malam, ada baiknya untuk mengajak teman2 kerja biar serentak pulang, supaya menipiskan terjadinya keberanian begal pada malam hari.


Kini, perampasan kendaraan dan barang berharga, atau yang biasa disebut dengan "Begal", semakin marak. Tentu saja hal ini membuat kita lebih khawatir, terutama ketika orang-orang yang kita cintai mengabarkan mereka akan pulang malam akibat lembur. Lebih parah lagi, kriminalitas ini telah menelan sejumlah korban jiwa dan cacat fisik permanen akibat melawan para penjahat tersebut. Untuk itu, sampaikan 13 tips ini kepada orang-orang terdekat agar selalu waspada dan berhati-hati demi keselamatan mereka:

1. Tingkatkan kewaspadaan saat berkendara
Berwaspadalah saat berkendara, terutama saat melintasi jalan yang sepi dan terbilang rawan begal, agar selalu sigap terhadap segala kejadian di luar perkiraan.

2. Jangan berhenti di tempat yang sunyi
Tempat yang sepi dan sunyi adalah tempat operasinya si tukang begal. Cobalah untuk mencari tempat yang lebih ramai dan banyak lampu penerangan.

3. Selalu memberi kabar
Mintalah mereka untuk selalu mengirim pesan atau telepon agar Anda tahu di mana mereka berada.

4. Kendaraan selalu dalam keadaan prima
Usahakan kondisi kendaraan masih bagus antara lain klakson yang berguna memberi peringatan terhadap pengendara yang membahayakan keselamatan dan mencurigakan atau memberikan kode darurat kepada pengendara yang lewat.

5. Hindari pergi pada malam hari sendirian
Berkendara tunggal adalah sasaran bagi penindak kejahatan, karena begal pastinya berkelompok dan tidak sendirian.

6. Hindari kecepatan rata-rata rendah
Tambah sedikit kecepatan terutama pada jalan yang sedikit rawan. Akan tetapi tetaplah berhati-hati jangan sampai membahayakan pengendara lain.

7. Jangan berdandan berlebihan
Berpakaianlah yang sederhana dan tidak mencolok demi keselamatan.

8. Hindari mengendarai motor mewah pada malam hari
Begal dapat memperkirakan nilai atau harga kendaraan yang akan menjadi korban, jadi jangan terlalu sering melintasi jalan rawan dengan kendaraan yang mewah.

9. Kuasai jalan
Dengan menguasai jalan, Anda dapat memilih jalan alternatif yang lebih aman.

10. Kelengkapan kendaraan
Hal ini dapat membantu Anda untuk lebih berwaspada, seperti kelengkapan kaca spion yang dapat melihat pengendara di belakang.

11. Pasang GPS bila perlu
Kelengkapan ini akan terbilang super lengkap, karena dapat membantu penyelidikan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

12. Bersikap tenang tapi waspada terhadap gerak-gerik mencurigakan
Sigap itu penting agar begal merampungkan niat jahatnya karena begal mencari korban yang terlihat lemah.

13. Berdoa dan berserah terhadap Tuhan
Kita harus pastikan kemana pun kita melangkah jangan lupa untuk Berdoa dan memohon pertolongan dan keselamatan agar selalu dilindungi Yang Maha Kuasa perjalanan yang akan ditempuh hingga selamat sampai tujuan. Tuhan akan selalu menyelamatkan orang yang selalu memohon pertolongan terhadap-Nya. Amin

Ditulis Oleh : kumpulan karya tulis ilmiah // 8:13 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment