Wednesday, March 22, 2017

Makalah Kinerja Komputer Generasi Ke 4

Pendahuluan : Evaluasi computer dari generasi ke generasi antara lain disebapkan adanya kemajuan dalam dunia teknologi pembuatan hardwere yang digunakan utuk membangan / membuat kompuer.Berdasarkan hardwere yang digunakan,computer dapat di kelompokkan menjadi genrasi I,II,III,IV.. masing masing memiliki ciri ciri tersendiri. Misalnya komputer generasi pertama ditandai dengan mengunakan vacuum tube, Computer generasi kedua di tandai dengan pengunaan  transistordan generasi berikutnya di tandai dengan pengunaan itegratet circuit (IC), selain itu tiap generasi mempunyai cara kerja yang berbeda beda pula.

PEMBAHASAN :
Komputer Generasi Keempat  Tahun 1975 - Sekarang
Komputer generasi ke empat adalah komputer yang kita jumpai atau kita lihat saat ini. Computer yang dalam komponennya elektiknya masih menggunakan microchip walau ukuran dan bahan yang digunakan berbeda. Ukurannya lebuh kecil membuat komputerpun lebih sederhana , dampak dari ide cemerlang KILBY yang mengembangkan teknologi IC dapat di rasakan dengan hadirnya komputer komputer yang lebih cerdas dan bekerja lebih cepat dan handal, mempunyai kapasitas memori yang sangat besar serta keungulan keunggulan lainnya.meskipun bentuk dan ukuran volumenya justru makin kecil. Xerox corporation pertamakali memperkenalkan komputer diatas meja (desk-top computer) yang dapat menampilkan beberapa bentuk layar dan sekaligus bentuk jendela (window) dan menggunakan alat mouse pertama yang di produksi oleh perusahaan appel pada tahun 1984.kemudahan dari computer ini adalah telah menggunakan konsep GUI.

Sejak tahun 1970 perkembangan komputer generasi ke empat memiliki 2 tahap pengunaan yaitu
  • Mengunakan LARGE SCALE INTEGRATION (LSI) atau di sebut juga dengan nama BIPOLAR LARGE SCALE INTEGRATION. Lsi merupakan pemadatan ribuan ribuan IV yang di jadikan dalam satu chip,istilah chip biasanya dingunakan untuk menandakan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkayan rangkayan terpadu (integrated circuits), kemudian Lsi di kembangkan menjadi VERY LARGE SCALE INTEGRATION atau (VLSI).
  • Dikembangkannya komputer mikkro yang menggunakan microprosesor dan semiconductor yang berbentuk chip yang berkapasitas besar (internal memori) sedangkan komputer sebelumnya masi mengunakan magnetic core storage.
Pertama kali ahli teknik mengembangkan sircuit dari chip dengan bantuan CAD (computer aided design) yang di hasilkan nya bentuk rancangan sercuit yang sangat tipis dan mudah pecah seperti Kristal kaca yang disebu kedok (mask).

Proses selanjutnya adalah mencairkan silicon murni yang di bentuk menjadi silinder Kristal memanjang dan mengasilkan irisan irisan silicon yang tipis yang disebut wafer.

Chip yang telah lolos seleksi akan di masukkan ke rumahnya yang di lapisi dengan plastic keras .rumah dari chip dapat di bentukkan dalam kemasan dua baris kaki ( dual inline carrier) atau kemasan bujur sangkar dengan 4 baris kali (sqare chip carrier).

Ciri-Ciri Komputer Generasi Keempat 
  • Komputer generasi ke empat memiliki mikroprocesor berbasis sistem
  • Komputer generasi ini adalah yang termurah dari generasi computer
  • Kecepatan,akurasi dan keandalan komputer di tingkatkan dalam komputer generasi ke empat
  • Banyak bahasa tingkat tinggi di kembangkan dalam komputer generasi ke empat seperti COBOL,FORTRAN,BASIC,PASCAL dan bahasa C
Jaringan antar sistem di kembangkan
Bukan hanya itu saja generasi ini juga di kembangkan trus meningkatnya jumlah komputer hingga lebih sederhana dan komputer komputer tersebut dapat berbagi pakai memori, piranti lunak, informasi bahkan dapat saling berkomunikasi satu dengan komputer yang lain dengan adanya jaringan ini maka komputer lebih muda di gunakan dengan menggunakan .pada generasi kempat ini juga ditemukan jaringan LAN (local area network) yang dimana komputer satu dengan komputer lain dapat berhubungan dengan mengunakankabel dalam satu ruangan dan LAN Kemudian dikembangkan hingga bisa membentuk jaringan WAN dan MAN 


Komputer IBM PC yang pertama
Pada tahun 1981 IBM memperkenalkan komputer mikro yang disebut 
Dengan komputer personal IBM (IBM personal computer atau IBM PC)

Komputer ini sangat laris di pasaran sehingga IBM meluncurkan komputer dengan seri XT sehingga di kenal dengan sebutan IBM PC/XT komputer ini telah menggunakan mikroprocesor buatan intel.intel yang di gunakan komputer ini ialah intel 8088 dengan kecepatan 5 sampai 8 Mhz bersama RAM(random access memori)yang di gunakan sebesar 128 KB(kili byte) sampai 640 KB dengan hard disk berkapasitas 10MB dan 5 ¼ disket berkapasitas 360 KB sistem yang di gunakan komputer ini adalah MS DOS dan PC DOS

IBM PC/AT
IBM ini dikenalksn ibm pada tahum 1984 merupakan seri lanjutan dari IBM PC/XT menggunakan mikroprocesor intel 80286 dngan kecepatan 8MHZ,RAM sebesar 256 KB sampai dengan 3MB,hard disk dengan kapasitas 20MB dengan ukuran disk 5 ¼ berkapasitas 1.2 MB dengan mengunakan sistem operasi PC DOS dan MS DOS.

IBM OS/2
Sistem Operasi IBM OS/2 ini dibuat secara bersama-sama oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation,untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS. Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2, Sistem Operasi ini didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor Intel 80286 termasuk diantaranya adalah Modus terproteksi (Protected Mode), mampu menjalankan tugas secara Simultan, serta mendukung Memori Virtual,  dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS yang beredar saat itu,

Bukan hanya disitu juga IBM juga meluncurkan IBM PS/2 pada tahun 1987 menggunakan mikroprocesor intel 8086 dengan kecepatan 10 MHZ, sebenarnya intel ini sudah lama di buat namun terlalu canggi untuk komputer IBM PC/XT tapi namun masih menggunakan ontel 80286.

IBM PC/386 Komputer 32 BIT Yang Pertama 
Seri selanjutnya setelah menggunakan IBM PS/2 maka muncul IBM/386 yang mengunakan mikroprocesor intel 80386 dengan kecepatan 16 sampai dengan 33 MHZ merupakan komputer 32 bit pertama.

Setelah IBM PC/386 di kembangkan maka muncul mikroprosesor intel 80486 yang kemudian di kenal dengan IBM PC/486 dengan kecepatan 25 sampai dengan 60 MHZ.

Pentium II
Mikroprocesor juga banyak di gunakan komputer IBM PC yang mulai dari intel 8088, 80286, 80386, 80486. Dan seri Pentium dengan intel P6 Perkenalan pada tahun 1997 Pentium II mempunyai seri intel Pentium 233 MHZ dan intel Pentium 300 MHZ, dan sering juga disebut codename Klamath.

Microsoft Windwos 
Mircorost Windows atau biasa kita sapa dengan sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.

Awalnya Windows bermula dari Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Windows Versi pertama, Windows Graphic Environmnet 1.0 merupakan perangkat lunak yang bekerja atas arsitekstur 16-Bit dan bukan merupakan Sistem Operasi dan berjalan atas MS-DOS, sehingga untuk menjalankannya membutuhkan MS-DOS.

MS-DOS sendiri sebenarnya dibuat oleh perusahaan pembuat komputer Seattle Computer Products dan barulah kemudian direkrut oleh Microsoft yang selanjutnya dibeli lisensinya.

Kemudian berkembang menjadi Windows 1.0 versi pertama Sistem Operasi dalam dunia Sistem Operasi yang berbasiskan GUI (Graphical User Interface) dan mendukung Multi-Tasking atau dapat mengerjakan banyak pekerjaan secara simultan. Setelah itu Windows 1.0 berkembang menjadi Windows 2.0, Windows 2.0 ini berbasis GUI dan mendukung penggunaan VGA (Video GraphicsArray) dan juga mendukung Multi-Tasking. Windows 2.0 juga support terhadap penggunaan Processor Intel 80286 dimana Processor Intel 80286 adalah Processor pertama dengan kemampuan untuk memproteksi area memory.

Kemudian dilanjutkan dengan generasi Windows 3.0 dimana Windows 3.0 memiliki kemampuan yang sama dengan Windows sebelumnya dan ditambah dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon yang lebih baik. Dalam era tersebut, Microsoft juga menyediakan SDK (Software Development kit) sehingga para developer piranti lunak dapat mengembangkan aplikasi/programnya agar mampu berjalan di Windows 3.0 ini. Windows 3.0 juga memperkenalkan adanya Virtual Device Driver (VXD) dimana dapat berguna untuk meminimalisasi ketergantungan pada setiap driver pada perangkat keras tertentu. Windows 3.0 kemudian berevolusi menjadi Windows 3.1 yang sudah diperkenalkan dengan fitur Multimedia dan True Type Font. selain itu juga memudahkan End-User karena adanya fitur Drag and Drop dan akhirnya Windows versi 3 ini berkembang menjadi Sistem Operasi yang sudah mengenal NetWorking (Windows 3.11).

Setelah berkembang cukup lama akhirnya Microsoft memperkenalkan Sistem Operasi hibrida 16-Bit/32-Bit yang dikenal dengan nama Windows 95. Banyak perubahan dari Windows versi sebelumnya, yaitu : Windows 95 memiliki GUI yang lebih menarik dan atraktif, mendukung Plug and Play, mendukung penamaan yang panjang, memiliki beberapa fasilitas seperti : Browser yang terintegrasi dan Windows Explorer untuk menjelajah Windows. Selain itu juga Windows 95 memiliki fitur untuk memanajemen daya (APM) dan diperkenalkannya juga Client-Server.

Generasi penerus dari Windows 95 adalah Windows 98 dimana Windows 98 sudah mendukung VGA berbasis AGP, serta mendukung media penyimpanan ringkas seperti USB, diperkenalkannya NAT untuk berbagi koneksi Internet dan digantikannya Virtual Device Driver dengan Windows Driver Model. Ada juga beberapa fitur tambahan berupa aplikasi Microsoft Office dan Internet Explorer versi 5. Windows 98 juga sudah memiliki kemampuan-kemampuan untuk menjalankan aplikasi dan game

Perkembangan selanjutnya adalah Windows ME, tidak ada yang spesial dari Windows ME selain transisi dukungan grafis dari 16-Bit ke 32-Bit dan pada era Windows ME sudah banyak pengguna rumahan yang memakainya. Windows ME pun akhrinya digantikan dengan Windows NT yang sudah mendukung arsitekstur x86 (80×86) Intel IA64 dan AMD64 (x64) serta mendukung grafis 32-Bit. Windows NT sebenarnya dibangun dari pengembangan IBM OS/2 dan Windows NT juga banyak digunakan dalam jaringan komputer. Windows NT juga memperkenalkan File System NTFS yang lebih baik dari FAT maupun FAT-32.

Selanjutnya Windows NT berkembang menjadi Windows 2000 banyak fitur tambahan diantaranya.Active Directory, Image Preview, Browser Internet Explorer v6,DirectX dan Open GL, Plug and Play dan Windows Driver Model yang lebih baik performanya dibanding sebelumnya.Setelah Windows NT munculah Windows XP yang menawarkan banyak perubahan, mempunyai banyak fitur dan performa yang semakin mengingkat. Bisa dikatakan Windows XP merupakan Windows yang paling laris dan digandrungi oleh pengguna PC maupun perangkat PC bergerak (Mobile). Seiring dengan kebutuhan akan networking maka Microsoft 

Corporation mengeluarkan Sistem Operasi yang berkonsentrasi pada jaringan, yaitu : Windows Server 2003. Bisa dibilang Windows Server 2003 adalah reinkarnasi dari Windows NT.

Banyak sekali fitur yang ditawarkan pada Windows Server 2003 ini salah satunya adalah diperkenalkannya platform .Net. Diperkenalkan juga fitur Domain Controller Server, PKI (Public Key Infrastructure) Server, Domain Name System (DNS), Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Windows Internet Name Service (WINS), Microsoft IIS, dan lain sebagainya. Microsoft pun melanjutkan perkembangan Sistem Operasi dengan Windows Vista (Longhorn), ini merupakan revolusi dari Windows XP.

Windows Vista lebih mengutamakan interface atau penampilan grafis antarmuka dibandingkan dengan performa, dibuktikan dengan adanya fitur : AERO, Sidebar, dan lain sebagainya.

Windows Vista juga menawarkan tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan Windows XP, karena pada Windows Vista diperkenalkan adanya Windows Firewall with Advanced Security, Windows Defender, Parental Control, User Account Control (UAC), BitLocker Drive Encryption, ASLR. Windows Vista juga sudah mengenal IPv6, DirectX versi terbaru, dan arsitekstur 64-Bit. Perkembangan selanjutnya adalah transisi dari Windows Server 2003 menjadi Windows Home Server yang ditujukan sebagai File Server untuk rumahan. Windows Server juga mengenalkan beberapa teknologi yaitu Headless Operation (Server tidak membutuhkan monitor atau keyboard untuk memanjemen perangkat), Kontrol jarak jauh, Pemantauan kesehatan komputer, Sharing dan Streaming.

Generasi berikutnya ditandai dengan munculnya penggabungan Sistem Operasi Windows Vista dengan Windows Server, yaitu Windows Server 2008. Fitur Windows Vista dan Windows Server digabung menjadi satu padu untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan End-User. Selanjutnya Windows Server 2008 berkembang menjadi Windows Server 2008 R2. Versi terakhir Sistem Operasi besutan Windows adalah Windows 7, Windows 7 dirilis untuk menggantikan kekurangan Windows XP dan kelebihan Windows Vista. Boleh dikatakan jikalau Windows 7 adalah fusi dari Windows XP dan Windows Vista, tidak seperti pada Windows Vista, Windows 7 memiliki performa yang lebih baik dari Windows Vista.

Referensi : pengenalan computer oleh Prof.Dr.Jogianto H.M,M.B.A.,Akt

Ditulis Oleh : Podani Natoras // 2:43 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment