Wednesday, October 14, 2009

Latar Belakang Pemilihan Judul

Latar Belakang Pemilihan Judul : Suatu prestasi yang membanggakan bila mengingat pada masa lalu jika untuk melakukan pendataan saja sebuah perusahaan ataupun instansi pemerintah membutuhkan waktu berbulan-bulan, dan data tersebut bisa saja tidak akurat dan tidak sesuai lagi dalam masa yang akan datang, apalagi saat ini begitu banyaknya perusahaan maupun instasni pemerintah yang sangat membutuhkan informasi baik bagi perusahaanya maupun informasi tersebut ditujukan kepada pihak luar yang membutuhkan. Untuk itu sebuah perusahaan ataupun instansi pemerintah harus memanfaatkan kemajuan teknologi dalam kegiatan usahanya. Karena sebuah data dalam sebuah perusahaan ataupun instansi pemerintah yang diolah secara manual tidak dapat dijamin ketelitian dan kebenarannya, oleh karena itu manajemen komputer sebagai alat dan sistem pengolahan data mempunyai keistimewaan yaitu sanggup mengolah data dengan kecepatan yang luar biasa, mempunyai tingkat ketelitian yang tinggi atau dapat dipercaya. Dari keterangan di atas tentunya dapat disimpulkan bahwa sebuah perusahaan ataupun instansi pemerintah begitu sangat membutuhkan komputer dalam setiap pekerjaan apalagi yang menyangkut tentang pendataan, kepegawaian ataupun laporaan kerja lapangan.

Dinas Pertambangan dan Energi Tapanuli Utara dalam pengolahan data kepegawaian serta data untuk potensi pemetaan daerah penambangan sumber daya alam di Tapanuli Utara masih melakukan secara manual. Untuk memperoleh data yang dipercaya atau untuk melaporkan aktifitas yang dilakukan, maka diperlukan adanya suatu manajemen kepegawaian yang baik, maka penulis bermaksud mengembangkan data sistem informasi untuk potensi pemetaan daerah penambangan Sumber Daya Alam dengan menggunakan menejemen komputer.

Dengan alasan-alasan di atas, penulis tertarik mengajukan sebuah sistem, yang merupakan salah satu cara sebagai usaha masukan bagi pihak instansi pemerintah yang bertujuan untuk menyediakan informasi yang berguna khususnya dibidang pengolahan data potensi pemetaan daerah penambangan Sumber Daya Alam di Kabupaten Tapanuli Utara.

Dari uraian di atas, penulis malakukan sebuah riset pada Dinas Pertambangan Dan Energi Tapanuli Utara dengan memberi judul “Sistem Informasi Pertimbangan Potensi Pemetaan Daerah Penambangan Sumber Daya Alam di Tapanuli Utara Pada Dinas Pertambangan dan Energi”

Perumusan Masalah
Dalam pembuatan laporan mengenai pekerjaan proyek lapangan daerah penambangan, kemungkinan besar terjadi kehilangan data serta kesulitan dalam penemuan serta pembuatan data. Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat dirumuskan yang akan diuraikan yaitu:
  1. Bagaimana cara untuk dapat menemukan data lokasi daerah penambangan yang dilakukan oleh Dinas Pertambangan dan Energi Tapanuli Utara.
  2. Bagaimana potensi alam yang ada dari lokasi daerah penambangan.
  3. Bagaimana menata serta membuat pemetaan daerah penambangan.
  4. Bagaimana memperoleh izin dari pemerintah demi pelaksanaan proyek penambangan tersebut sesuia dengan yang telah ditentukan.
  5. Bagaimana tata adminstrasi perolehan izin tersebut.

Batasan Masalah
Mengingat begitu banyaknya masalah yang timbul dalam sebuah pekerjaan, maka dalam hal ini penulis akan memberikan batasan-batasan masalah yang sangat jelas agar dapat mempermudah penulis dalam menyusun penelitian data tersebut. Adapun batasan masalah yang penulis kemukakan adalah:
  1. Pencatatan data Potensi bahan Tambang di Kabupaten Tapanuli Utara.
  2. Pencatatan daftar izin pertambangan Kabupaten Tapanuli Utara
  3. Pembuatan Sistem Informasi Pertimbangan Potensi Pemetaan Daerah Penambangan Sumber Daya Alam di Tapanuli Utara Pada Dinas Pertambangan Dan Energi .
  4. Laporan dibuat dengan menggunakan pemrograman Visual Basic 6.0 serta menggunakan Crystal Report 8.5 untuk menampilkan lapora

Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut:
  1. Mengetahui gambaran dari sistem yang dijalankan atau dipergunakan Dinas Pertambangan dan Energi Tapanuli Utara dalam pengolahan data dan menjadikannya sebagai acuan dalam penulisan laporan tersebut.
  2. Merancang sistem Informasi pertimbangan potensi pemetaan daerah penambangan Sumber Daya Alam.
  3. Sebagai salah saru syarat kelulusan dalam penyelesaian Program Studi Diploma III (D3) khususnya jurusan Manajemen Informatika Komputer pada STMIK Budidarma

Metode Penelitian
Adapun metode penelitian yang penulis ambil dalam penulisan Tugas Akhir ini yaitu:
1. Penelitian Lapangan (Field Research)
Yaitu mengumpulkan data yang diperlukan secara langsung ke Dinas Pertambangan dan Energi Tapanuli Utara. Dalam penelitian lapangan ini digunkaan beberapa teknik antara lain:

a. Wawancara (Interview)
Yaitu dengan mengadakan tanya jawab kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas pada Dinas Pertambangan dan Energi Tapanuli Utara. Wawancara juga memiliki arti lain yaitu percakapan yang diarahkan pada pemecahan suatu masalah dengan menghadapkan dua orang atau lebih secara fisik, sehingga data-data yang diperoleh dapat dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan. Wawancara dilakukan langsung dengan Kepala Dinas dan Pegawai-pegawai serta staf yang terkait dengan masalah tersebut.

b. Pengamatan (Observasi)
Observasi adalah mengadakan penelitian secara langsung ke objek yang berkaitan atau berhubungan dengan pengolahan data daerah penambangan pada Dinas Pertambangan dan Energi Tapanuli Utara dan mempelajari pendataan yang dilakukan secara manual dan untuk mengetahui sejauh mana pendatan secara manual tersebut membantu pekerjaan tersebut.
2. Penelitian Kepustakaan
Yaitu suatu penelitian yang dilakukan terhadap kepustakaan untuk mendapatkan landasan yang bersifat teori dengan mempelajari dan mencatat literatur dari catatan selema mengikuti perkuliahan di STMIK Budidarma Medan, serta buku-buku referensi yang berhubungan dengan penulisan Tugas Akhir ini.
Penelitian kepustakaan yang penulis ambil merupakan data-data teori sebelum penulis membuat suatu pengolahan data, hal ini memberikan pengetahuan yang lebih baik bagi penulis dan sangat mempermudah penulis dalam penulisan Tugas Akhir ini.

Sistematika Penulisan
Dalam Tugas Akhir ini penulis membuat suatu sistematika penulisan agar Tugas Akhir ini dapat dipahami dengan mudah.
Adapun penulisan Tugas Akhir ini dapat diuraikan menjadi beberpa bab seperti yang dijelaskan sebagai berikut:

BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan tentang Latar Belakang Pemilihan Judul, Perumusan Masalah, Ruang Lingkup Masalah, Tujuan Penelitian dan Sistematika penulisan.

BAB II : TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
Bab ini penulis akan menguraiakan sejarah berdirinya Dinas Pertambangan dan Energi Tapanuli Utara, Struktur Organisasi, Uraian Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab.

BAB III : LANDASAN TEORI
Bab ini membahas Tentang Pengolahan Data, Komputerisasi, Sistem, Informasi, Sistem Informasi, Analisa Sistem, Perancangan Sistem, Database, Konsep Dasar Bahasa Pemrograman.

BAB IV : ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini berisi tentang Analisa Sistem Yang Sedang Berjalan,Perancangan Sistem Yang Diusulkan, Rancangan Logika Program.

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini membahas tentang Kesimpulan dan Saran penulis tentang Tugas Akhir ini sebagai akhir dari penulisan.

Ditulis Oleh : Efendi Pakpahan // 8:43 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment