Friday, November 8, 2013

Belajar tidak memaksakan diri untuk bekerja

Belajar untuk tidak memaksakan diri dalam bekerja : “Tangan-Mu telah menjadikan aku dan membentuk aku, berilah aku pengertian, supaya aku dapat belajar perintah-perintah-Mu” Mazmur 119: 7. 

Karena Allah menjadikan manusia, Daud memohon kepada Allah agar kepadanya diberikan hikmat yang menyanggupkannya mempelajari segala perintah Allah. Kita pun dapat meminta hikmat kepada Allah agar kita mengerti hubungan pengendalian diri dengan kesehatan kita dan hukum-Nya. Karena Dialah Pencipta kita, Ia mengetahui yang terbaik untuk fisik, mental dan rohani kita. Kita akan membahas beberapa bidang pertarakan yang paling cocok dengan kehidupan kita. 

Pertarakan mencakup bidang yang luas dari pengendalian diri. Pergumulan dan pertolongan Allah, prinsip-prinsip pengendalian diri dapat menyanggupkan kita berbuat cukup dengan hal yang baik dna sama sekali menjaduhkan yang tidak baik. Dengan pikiran yang terang, kita akan lebih mudah mengerti kehendak Allah. 

A. BERLEBIHAN (Am 20:13; Pkh 3:17;12:12; Mrk 4:19). 
Garis bawahilah aspek tertentu dari pengendalian diri yang dibahas dalam setiap kutipan berikut ini. Mungkln sebagian kutipan ini akan membuat Saudara merasa kaget. 
  1. "Makan, minum, tidur atau melihat sesuatu tidak boleh dengan cara berlebihan. Tindakan harmonis yang menyehatkan semua tenaga, pikiran dan tubuh akan membawa kebahagiaan." -- Pertarakan, him. 134. 
  2. 'Dalam pekerjaan pun, kita harus bertarak. Kepada kita tidak diberi tanggung-jawab untuk bekerja sampai berlebihan.. . .’ 
"Sebagai ketentuan, pekerjaan siang janganlah diteruskan sampai malam ... Orang-orang yang bekerja sampai malam, sering menderita kerugian yang lebih besar daripada pendapatan-nya, karena walaupun tenaga mereka telah terkuras habis, tetapi mereka masih memaksakan diri juga." -- Pertarakan, him. 139, 140. 

3. "Ketidak-bertarakan dalam hal belajar sama halnya dengan mabuk, barangsiapa biasa melakukannya seperti pemabuk, berarti telah menyimpang dari jalan yang aman, kemudian tersandung dan jatuh di dalam kegelapan --Pertarakan, him. 140. 

4. "Salah satu penyebab yang paling menghancurkan tubuh manusia adalah upaya untuk mencari uang, keinginan besar agar menjadi kaya. Mereka mengkhususkan usaha mereka hanya untuk mengejar uang, hingga istirahat, tidur dan ketenangan hidup dikorbankan demi tujuan satu ini." -- Pertarakan, him. 140. 

Bagaimana kekayaan yang disebutkan dalam Markus 4:19 itu dapat menyesatkan? Apa artinya 'firman,"dan bagaimana ‘tipu daya kekayaan’ menghimpit firman itu? 

Bagaimana orang-orang yang disebut dalarn Luk 12:16-21 dan 18:19-21, kehilangan pengendalian diri, dan apa pengaruhnya terhadap kehidupan mereka? Bagaimana kisah tersebut memberi pengertian Markus 4:19? 

Kedua orang tersebut begitu terpesona memburu uang sehingga meng­abaikan kekayaan terbesar yaitu hidup kekal bersama Juruselamat mereka. Ketidak-bertarakan menghimpit Injil itu di dalam hati mereka sehingga tidak menghasilkan buah kesalehan. 

B. SATU LAGI KETERLALUAN! (Ams 23:1,2,21). 
Makan berlebihan secara langsung mengacaukan tu­juan pengendalian diri. Sebaliknya, jika pikiran terang kita lebih mudah memahami kehendak Allah bagi kehidupan kita. 

"Seluruh energi jiwa lebih mudah lumpuh karena makan tidak bertarak lebih daripada bekerja tidak bertarak.. . ."Segala sesuatu yang dimasukkan ke dalam perut jika tidak dapat dibentuk menjadi darah yang baik akan menghambat mesin tubuh; karena bahan itu tidak dapat diolah menjadi darah atau daging, dan kehadirannya akan membebani hati sehingga melemahkan sistem tersebut."-- Petunjuk Diet dan Makanan Anda, hlm. 107. 

Orang yang biasa makan berlebihan akan membuatnya terlalu gemuk, yang cenderung menambah timbulnya satu jenis kanker tertentu. Kege­mukan dapat juga merupakan faktor penyebab penyakit diabetes tipe II, tekanan darah tinggi, kadar gula dan kolestrol dalam darah menjadi tinggi. 

Problema lain yang timbul karena makan berlebihan adalah sakit kepala, gangguan pencernaan dan sakit perut. 

Sebutkanlah Amsal 23:1, 2,21 dengan kata-katamu sendiri. Mengapa orang yang rakus 'menjadi miskin'? 

"Kendalikanlah dirimu jika seleramu besar" (Ams 23:2, New Century, Version). 

Sebenarnya ayat 2 tidak menyuruh supaya bunuh diri (Taruhlah sebuah pisau pada lehermu, apabila besar nafsumu! ). Ayat itu menggunakan gaya bahasa yang membesar-besarkan [hiperbola] sebagai suatu sarana sastra untuk menekankan keseriusan hal itu: Makan berlebihan adalah satu hal yang sangat penting ditanggulangi sehingga kita patut mengambil langkah apa pun untuk melawan pencobaan ini. 

Karena makan berlebihan membuat pikiran menjad 'gelap" dan 'melemahkan , kepekaan moral" seseorang, sebaikanya bagaimanakah kita makan, khususnya pada hari Sabat, dan mengapa? 

C. PIKIRAN GELAP; OBAT BIUS UMUM (Ams 25:27; 1 Kor 10: 31). 
Apa nasihat Arnsal 25:27 bagian pertama? Apa istilah 'modern" dapat menggantikan kata madu? 

* Membuat pikiran jadi gelap. Gula 'menimbulkan fermentasi, yang membuat pikiran jadi gelap sehingga gampang marah. . . . "Berdasarkan terang yang diberikan kepada saya, penggunaan gula yang berlebihan lebih merusak dari makanan daging" -- Petunjuk Diet Makanan Anda, hlm. 352. 

Menggunakan gula berlebihan sering menjadi penyebab berbagai gangguan kesehatan. Pertama, asam yang terbentuk karena gula dan bakteri ada di dalam mulut membuat gigi jadi busuk. Anak-anak, khususnya, merupakan korban yang paling sering mengalaminva. Memakan banyak gula ( dan juga lemak) dapat juga menyebabkan kegemukan, kematian akan lebih cepat jika kegemukan semakin meningkat. 

Ada juga hubungan gula dengan penyakit diabetes. Orang yang cenderung menderita penyakit diabetes dapat menangguhkan penyakit itu dengan banyak makan makanan berkarbohidrat kompleks dan sedikit makan - makanan gula yang diperhalus [refined sugar]. 

Yang terakhir, gula melemahkan aktivitas sel-sel darah putih. Sel-sel ­inilah yang membantu tubuh melawan penyakit dan infeksi. 

* Obat bius yang umum. Kafein terdapat pada kopi (yg dari biji kopi), cola/ minuman bersoda, teh (yg mengandung kafein), dan beberapa obat-penghilang rasa sakit, dan sebagian minuman ringan? Karena kafein termasuk obat bius, pasti mempunyai efek sampingan. 

Kafein menaikkan kadar gula darah, tekanan darah, denyut jantung. Kafein dapat menimbulkan borok usus, asam lambung dan rasa panas di perut. Risiko penyakit jantung pun bertambah. 

Kafein juga dapat menimbulkan kecemasan, depresi dan cacat lahir. Penelitian pada bewan menunjukkan bahwa kadar kafein yang tinggi dapat memperlambat perkembangan janin, menurunkan berat badan bayi, menye­babkan cacat tulang bayi; dan kematian bayi ketika dilahirkan. Dengan meminum hanya dua cangkir kopi sehari dapat memperlambat pertum­buhan tulang. 

Meminum 1-3 cangkir kopi dapat menimbulkan efek fisiologis. Bagi seorang anak, meminum sebotol minuman soda berkafein sama dengan 4 cangkir kopi bagi orang dewasa. 

Baca kemball 1 Korintus 10: 31. Mungkinkah kafein atau kelebihan gula membuat pengertian Saudara menjadi tumpul terhadap perkarn-perkara rohani? 

D. “SIAPA MERAH MATANYA?" (Ams 23:29-35). 
Apa penyebab 30 persen dari jumlah bunuh diri di satu negara; 55 persen dari kematian kecelakan mobil; 60 persen dari kekejaman terhadap anak-anak; 85 persen dari kekerasan di rumah tanggs? Ams 23: 29-35 (Statistik ini diambil darl Kathlen Whalen Fitzgerald, Alcoholism, [New York: Doubleday,198, hlm. xii) 

Hanya satu atau dua kali saja meminum minuman beralkohol, kemam­puan otak untuk menerima informasi dari beberapa sumber pada saat yang sama, ternyata menurun. Jumlah yang sama juga akan melemahkan ingatan, persepsi, dan pertimbangan. Alkohol juga mempengaruhi sistem tubuh berikut ini: 

  1. Sistem kekebalan--Alkohol menurunkan kesanggupan sel darah putih melawan penyakit, sehingga memperbesar risiko pneumonia, tuberculosis, hepatitis, dan beberapa jenis kanker. 
  2. Sistem endocrine [kelenjar buntu]-- bila seorang wanita meminum minuman beralkohol hanya dua atau tiga kali per hari, akan menaikkan risiko keguguran, kematian bayi saat lahir, dan kelahiran prematur. 
  3. Sistem peredaran darah--Meminum alkohol akan memperbesar risiko penyakit jantung koroner, menurunkan gula darah, menaikkan lemak darah dan tekanan darah sehingga menambah tekanan darah tinggi. 
  4. Sistem pencernaan -Alkohol mengganggu lambung sehingga menimbulkan borok lambung dan pendarahan. Barangkali yang paling menderita akibat alkohol adalah hati, tempat utama sistem metabolisme. Kebisaan meminum alkohol memperbesar risiko hati berlemak, dan pengerasan (cirhosis) hati. 
Bagaimana Imamat 10:1-11 menunjukkan pengaruh alkohol terhadap pertimbangan seseorang? 

Api yang asing (ay. 1). Api biasa ini bukan berasal dari mezbah korban bakaran, yang telah dinyalakan Allah Sendiri dari mulanya. 

Jangan engkau minum (ay. 9). 'Larangan ini menimbulkan pelanggaran. 
"Anggur dan minuman keras sangat melumpuhkan pertimbangan sehingga tidak sanggup lagi membedakan yang benar dan yang salah, yang suci yang tidak suci, yang halal dan yang haram. Inilah yang membuat kedua anak tersebut membawa api biasa ketika memasuki kaabah; dalam kondisi mereka seperti itu mereka tidak dapat lagi melihat perbedaannya." -- SDA Bible Commentary, vol. 1, hlm. 749. 

E. TETAPI TERTULIS DALAM ALKITAB! (UI 14:22-26;1 Tim 5:23). 
Tadi kita mendiskusikan akibat-akibat alkohol kepada tubuh dan apa kata Alkitab mengenai obat bius ini. Hari ini kita akan meneliti dua perkara utama yang sering digunakan umat Kristen untuk membenarkan kebiasaan minum alkohol sedikit. 

Ulangan 14:22-26. Kata-kata Ibrani yang digunakan untuk "anggur" "minuman keras" pada ayat 26 dipergunakan secara umum untuk minum yang sudah difermentasi atau belum. Juga, sumber kata Ibrani untuk "minuman keras" tidak pernah mencakup pengertian "keras." Asal kata itu berarti minuman manis yang dapat menjadi pahit jika difermentasi. 

Jika kita meninjau ayat 26, "anggur" dan "minuman yang memabukkan atau "minuman keras" tersebut lebih tepat minuman yang tidak difermentasi dan minuman manis. Ayat 22-26 memberikan instruksi kepada orang-orang Israel bagaimana membuat persiapan untuk menyambut hari raya panen tahunan ketika mereka membawa persepuluban mereka kepada Allah untuk mengingat kebaikan-Nya. Pada perayaan ini para imam memberikan instruksi mengenai berbagai aspek kehidupan mereka, termasuk persekutuan kudus dengan Allah dan mengokohkan hubungan rumah tangga. Mungkinkah orang Israel dapat menerima petunjuk-petunjuk tersebut se­mentara mereka sedang dipengaruhi alkohol? 

I Tiimodus 5:23. Di sini Paulus memberikan beberapa advis kepada Timotius untuk mengatasi gangguan kesehatannya. Tetapi sekali lagi, kata Yunani yang digunakan untuk "anggur" tetap dalam pengertian umum yang berarti air anggur yang sudah difermentasi ataupun belum. 

Lebih jauh lagi, catatan penggunaan air anggur manis sebagai obat terdapat dalam berbagai sumber. Aristotle (384-322 SM), Athenaeus (280 M) dan Pliny (24-79; sezaman dengan Paulus), masing-masing menasihatkan penggunaan sari anggur manis atau air anggur manis, baik dicampur dengan air atau pun dihangatkan untuk menyembuhkan sakit perut. 

Bukankah tidak masuk akal jika dalam I Timotius 6:11, 12 Paulus sunguh-sungguh menasihati Timotius untuk minum alkohol sebagal obat? Mungkinkah Timotius 'mengejar keadilan" dan 'bertanding dalam per­tandingan iman" jlka pikirannya telah menjadi gelap karena pengaruh sedikit alkohol yang digunakan sebagai obat? 

(Untuk memperoleh keterangan yang lebih rinci mengenai ayat-ayat ini, bacalah Wine in the Bible. oleh Samuele Bacchiocchi, yang diterbitkan oleh Biblical Perspectives, 4569 Lisa Lane, Berrien Springs, MI 49103;. 

Apa yang membunuh lebih 3 juta manusia di seluruh dunia tahun ini? Apa yang akan membunuh sekitar 1 juta manusia di seluruh dunia tiap bulan pada tahun 2020? Jawabannya ialah penyakit yang diakibatkan rokok. 

Secara umum, tembakau merusak semua bagian tubuh manusia yang kena tembakau. Dari kanker bibir, mulut, lidah dan paru-paru, sampai kerusakan peredaran darah, tembakau bertanggung jawab sebagai salah satu pembunuh yang paling kejam pada zaman ini. Lebih jauh lagi, meskipun tembakau tidak memabukkan, tetapi mengandung nikotin, obat bius yang menimbulkan kecanduan. Hanya dalam waktu 7 detik nikotin sudah sampai ke otak. Kecepatannya dua kali lebih cepat dari suntikan heroin ke pembuluh darah. 

Alkitab tidak menyebutkan tembakau secara khusus, bahkan tidak dikenal pada zaman Alkitab, tetapi secara umum Saudara tentu mengetahui ayat-ayat yang berkaitan dengan kesehatan yang mencela pemakaian tembakau dalam segala bentuk apa pun juga? 

Kebanyakan Industri tembakau memusatkan upaya pemasarannya di negara-negara Dunia Ketiga. Di negara-negara tersebut, pada umumnya produk tembakau tidak disertai dengan tanda amaran bahaya bahkan dipasarkan secara bebas, termasuk kepada anal-anak. Bagaimana umat Kristen dapat menghalangi kegiatan-kegiatan seperti itu ? Apakah hanya dengan menentang perusahaan-perusahaan tembakau itu ? 

Pada Wahyu 22: 14, 15 versi King James, kata ‘tukang-tukang sihir’ berasal dari bahasa Yunani pharmakos atau ‘peracun’. Arti lain dari kata pharmakon adalah ‘obat bius’. Tuhan sihir zaman dulu menggunakan berbagai obat bius. 

Ditulis Oleh : kumpulan karya tulis ilmiah // 6:06 PM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment