Wednesday, December 25, 2013

Sumber daya manusia merupakan

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting dalam proses produksi disamping faktor – faktor lainnya. Organisasi apapun bentuknya haruslah mampau memberikan perlindungan kepada anggota – anggotanya dari segala jenis ancaman dan penderitaan. Jelasnya organisasi mampu memberikan rasa aman dan tentram kepada anggotanya baik secara fisik maupun psikologis.

Jika dilihat dari kegiatan mendapatkan karyawan hingga saat karyawan tersebut memberikan kontribusinya pada organisasi, bekerja dan mendapatkan balas jasa seolah – olah tugas manajemen personalia telah berakhir.

Pada hal pada tahun – tahun terakhir ini kita harus mengakui bahwa sikap karyawan harus perlu ditangani dengan cara dan usaha tertentu. Belumlah cukup kalau karyawan hanya mampu bekerja, tetapi dia harus mau bekerja dengan segala potensi yang ada pada dirinya dan yang tidak kalah pentingnya adanya rasa memiliki.

Dengan demikian karyawan akan bersedia mengabdikan dirinya dimna ia bekerja.

Salah satu usaha yang dilakukan adalah memberikan jaminan sosial yang membuat karyawan bekerja dengan rasa aman sehingga karyawan akan termotifasi untuk bekerja, dengan sendirinya prestasi kerja akan semakin meningkat.

Jaminan sosial yang diberikan misalnya asuransi jiwa, pelayanan kesehatan dan sebagainya. Jaminan sosial ini memberiRan nilai yang berbeda. A%uransi jiwa membuat karyawan merasa aman dalam bekerja karena resiko kecela­kaan bekerja sudah terlebih dahulu d£alihkan kepada perusahaan jasa asuransi jiwa yang bersangkutan. Pelayanan kesehatan membantu karyawan menjaga kondisi kesehatan yang baik dan mencegah atau mengurangi ketidak hadiran dalam bekerja.

Selain untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan, jaminan sosial dapat mencegah keluarnya. karyawan dari organisasi. Kalau organisasi tersebut dapatmemberikan jaminkn sosial yang lebih layakjikadibandingkan dengan organisasi lain. Sebaliknya jikajaminan sosial yang diterima tidak layak bukan tidak mungkin karyawan akan mencari pekerjaan lain. Hal ini akan menghambat kelancaran kerja Apalagi yangkeluar adalah karyawan kunci.

Kebijaksanaan pemberian jaminan sosial ini diberikan sebagai tambahan terhadap kebijaksanaan gaji/upah. walaupun pemberian jaminan sosia~l ini memerlukan pengeluran ykng tidak sedikit, perusahaan mempunyai kewajibaR melaku­kan dengan harapan :
adanya kegembiraankerjayang efektif untuk meningkat­kan prestasi kerja. .

Merupakan dayatarik bagi tenaga kerja terdidik serta terampil dari luar yang diperlukan perusahaan.
Dapat menjamin stabilitas dan kontinuitas perusahaan karena tidak tertarik pada lapangan kerja lain.
Jadi pemberian jaminan sosial bagi karyawan sangat penting memotiasi karyawan untuk lebih berprestasi dalam pekerja­knnya.

Ditulis Oleh : kumpulan karya tulis ilmiah // 6:00 PM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment