Monday, September 21, 2009

SEJARAH ILMU TEKNOLOGI IFORMASI

SEJARAH ILMU TEKNOLOGI IFORMASI : Sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di jaman era Informasi kumputer memegang peranan penting yang sangat dibutuhkan, ini tidak terlepas dari pemakainya (user) dituntut dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Pada dasarnya, komputer diciptakan untuk membantu dalam pemecahan persoalan-persoalan yang rumit. Fungsi dari komputer itu sendiri adalah untuk mengolah data menjadi informasi yang benar, akurat dan bermanfaat, sehingga dalam penyajian laporan dan informasi yang dibutuhkan dapat secara cepat, tepat dan lengkap tanpa harus melalui proses yang berulang-ulang.

Pada perusahaan daerah air minum, masalah pemasangan sambungan air merupakan sesuatu yang penting sehingga dibutuhkan sistem informasi yang dapat mempermudah dan meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam menyampaikan informasi. Dengan menggunakan teknologi informasi sebagai alat pengolahan pemasangan instalasi air diharapkan dapat mengolah data dengan tepat. Sistem informasi pemasangan instalasi air merupakan salah satu perangkat lunak yang dapat menyampaikan informasi tentang sambungan baru yang akan diterima oleh pelanggan.

Pada saat ini sistem pemasangan air yang diterapkan di perusahaan daerah air minum memang sudah terkomputerisasi, namun masih sebatas Microsof Excel, sehingga sering terjadi keterlambatan dalam penerimaan data yang berhubungan dengan data pemasangan instalasi air dan juga mengakibatkan kinerja yang ada menjadi tidak efektif. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis mencoba untuk membuat suatu rancangan sistem informasi pemasangan instalasi air yang berbasis Visual Basic 6.0 sehingga setiap bagian akan terhubung antara satu dengan yang lain yang berkaitan dengan pengolahan dan pemasangan sambungan baru.

Bertitiktolak dari permasalahan tersebut maka judul yang penulis ambil dalam tugas akhir ini adalah “Sistem Informasi Pemasangan Instalasi Air Pada PDAM Tirtanadi Medan”.



1.2 Perumusan Masalah 

Setiap perusahaan selalu dihadapkan pada permasalahan dalam menjalankan suatu kegiatan baik itu yang bertujuan mencari laba maupun perusahaan yang tidak mencari laba. Mulai dari masalah sederhana sampai pada masalah yang sangat cukup kompleks. Semua itu membutuhkan perhatian dan penanganan yang lebih mendalam agar masalah tersebut dapat teratasi.

Adapun yang menjadi perumusan masalahnya adalah:
  1. Bagaimana membuat prosedur pemasangan instalasi air yang sedang berjalan di PDAM Tirtanadi Medan.
  2. Bagaimana meningkatkan konsistensi data dengan merancang dan membuat aplikasi perangkat lunak yang berbasis Visual Basic 6.0
  3. Bagaimana meningkatkan efektifitas dalam melakukan pengolahan data sambungan baru.

Ruang Lingkup Masalah
Dengan mengidentifikasikan terhadap masalah-masalah yang ada, agar lebih terarah dan dapat dipahami dengan mudah maka perlu dilakukan pembatasan masalah. Pembatasan terhadap masalah pemasangan sambungan baru pada PDAM Tirtanadi Medan tersebut antara lain:
Analisa dan penelitian yang dilakukan hanya sebatas menangani masalah pengolahan data pemasangan sambungan baru bagi pelanggan .
Pengolahan data yang dilakukan ini menggambarkan prosedur tentang pengolahan data sambungan baru dan akan menghasilkan sistem informasi pemasangan yang digunakan sebagai laporan.
Tahapan metode pengembangan yang digunakan dan perancangan sistem informasi pemasangan sambungan baru ini, hanya sampai pada tahap testing atau pengujian.

Tujuan Penelitian 
Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis dari penelitian yang dilakukan tentang sistem informasi pemasangan instalasi air adalah:
  1. Untuk mengetahui bagaimana prosedur pemasangan instalasi air yang sedang berjalan di PDAM Tirtanadi Medan.
  2. Membantu perusahaan untuk meningkatkan efektifitas dalam melakukan pengolahan data pemasangan instalasi air sehingga akan memperkecil kemungkinan kesalahan yang akan terjadi.
  3. Membuat program aplikasi yang dapat menjadikan suatu sistem sambungan baru baru yang terintegrasi.
Metode Pengumpulan Data
Metode penulisan dapat diartikan sebagai cara mencapai suatu tujuan sesuai dengan tujuan yang ingi dicapai, penelitian merupakan usaha untuk menemukan dan mengembangkan terhadap kebenaran suatu peristiwa atau suatu pengetahuan dengan menggunakan metode deskriftif analis, yaitu dengan cara mengumpulkan data, menyusun, mengklasifikasi, menganalisa, serta menginterprestasikan metode pengumpulan data yang digunakan adalah:

1. Field Reseach (Riset Lapangan )
Riset lapangan adalah penelitian yang dilakukan secara langsung pada objek penelitian dimana untuk memperoleh data tersebut penulis menggunakan beberapa teknik yaitu:

a. Teknik Wawancara /Interview
Teknik wawancara/interview yaitu dengan mengadakan wawancara langsung dengan pihak yang berwenang untuk mendapatkan penjelasan-penjelasan terhadap masalah yang menjadi objek pengamatan atau pembahasan.

b. Teknik Pengamatan atau Observasi 
Teknik pengamatan atau observasi yaitu dengan mengadakan peninjauan langsung terhadap pelaksanaan kegiatan yang menjadi data pembahasan.

2. Library Reseach (Riset Pespustakaan)
Library reseach adalah suatu metode untuk memberikan kesimpulan mengenai data yang bersifat teoritis yaitu dengan jalan membaca buku panduan, majalah, koran dan catatan-catatan serta sumber-sumber lain yang berkaitan dengan objek yang diteliti

Ditulis Oleh : Unknown // 9:43 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment