Wednesday, October 14, 2009

Defenisi Etika dan Kepribadian

Etika Dan Kepribadian : Etika kepribadian menganggap keberhasilan lebih merupakan suatau fungsi kepribadian, citra masyarakat, sikap dan perilaku, keterampilan dan teknik,yang melicinkan proses interaksi manusia. Pada dasarnya mengambil dua jalan : 1 teknik menjalin hubungan manusia dan masyarakat, dan 2 sikap mental positif.

Beberapa bagian lain dari pendekatan kepribadian jelas manipulatif,seringkali menipu,mendoring orang menggunakan teknik-teknik tertentu.untuk membuat orang lain menyukai mereka, atau berpura-pura tertarik akan hobi orang lain untuk mendapatkan apa yang diinginkan dari orang lain untuk mendapatkan apa yang diinginkan dari orang tersebut.

“Penampilan kekuasaan”atau masuk mengintimidasikan jalan mereka dalam kehidupan.beberapa literatur mengatakan bahwa karakter merupakan bahan keberhasilan ; tetapi tidak meyadarinya bahwa ia merupakan hal yang mendasar dan sebagai katalisator. Acuan etika karakter kadang hanya di bibir saja, penggerak dasarnya adalah teknik mempengaruhi Yang cepat, strategi kekuasaan, keterampilan berkomunikasi, dan sikap positif.

Etika karakter mengajarkan bahwa terdapat prinsip-prinsip dasar kehidupan yang efektif, dan bahwa orang hanya dapat mengalami keberhasilan yang sejati dan kebahagiaan yang abadi jika mereka belajar dan mengintegrasikan prinsip-prinsip tersabut kedalam dasar mereka.etika karakter sebagai dasar dari kepribadian maka hal-hal seperti integritas, kerendahanhati, kesetiaan,pembatasan diri, keberanian, keadilan, kesabaran, kerajinan, kesederhanaan, kesopanan, dan hokum utama (berbuatlah kepada orang lain seperti apa yang kami kehendaki mereka perbuat kepadamu).

Elemen2 dari etika kepribadian bukan tidak menguntungkan, bahkan sering kali malah esensial untuk mencapai keberhasilan.tetapi semua ini merupakan cirri sekunder bukan yang primer. Benar2 tidak ada artiny betapun hebat kepandaian bicara kita atau bahkan betapa baik tujuannya jika hanya ada sedikit atau tidak ada kepercayaan sama sekali,maka tidak akan ada dasar untuk keberhasilan yang permanen.

Hanya keberhasilan yang mendasar yang dapat memberi hidup pada suatu teknik.seperti menanam, bila di kerjakan tergesa-gesa sebanyak mungkin menjelang panen lupa menanam padi pada musim sebelumnya, bermain sepanjang musim panas dan mengharapkan hasil tuaian yang bagus?pertanian merupakan system yang bekerja berdasarkan hukum alam. Harga harus di bayar dan proses harus diikuti.anda slalu menuai apa yang anda tabur, tidak ada jalan pintas.

Dalam jangka pendek, dalam system artificial seperti sekolah, Anda mungkin dapat lulus juka mampu belajar memanipulasi peraturan buatan manusia untuk memainkan permainan.dalam interaksi antar manusia yang singkat saja dan sekali saja anda dapat menggunakan etika kepribadian untuk lulus dan membuat kesan yang baik melalui pesona dan keahlian serta berpura-pura tertarik pada hobi orang lain. Anda dapat menggunakan teknik yang mudah dan cepat yang mungkin berhasil dalam situasai jangka pendek. Akan tetapi cirri sekunder saja tidak mempunyai manfaat permanan dalam hubungan jangka panjang.akhirnya, jika tidak ada integritas yang mendalam dan kekuatan karakter yang mendasar, tantangan hidup malah akan menyebabkan motif2 yang sebenarnya muncul ke permukaan dan kegagalan sebagai ganti keberhasilan jangka pendek tersebut.

Pada akhirnya siapa kita apa adanya berkomunikasi jauh lebih efektif di bandingkan cara apapun yang kita kerjakan atau katakan. Kita semua mengetahuinya. Ada orang yang kita percayai sepenuhnya karena kita mengetahui karakter mereka. Mereka memiliki teknik hubungan manusia atau tidak, kita tetap percaya pada mereka dan kita bekerja dengan berhasil bersama mereka.siapa orang itu sebenarnya, bukan sosok pura-pura yang ia perankan.

Etika Dan Karakteristiknya…..:
Banyak literatur selama 50 tahun terakhir pada saat tulisan ini di buat (sekitar tahun 1940-1990 an,Steven R.Covey menemukan bahwa literatur itu diisi dengan kesadaran akan

* Citra social
* Teknik dan perbaikan cepat (Quick Fix).

Dengan plester sosial dan aspirin yang mengobati masalah takut dan kadang bahkan tampak menyembuhkannya untuk sementara waktu,namun itu akan menimbulkan masalah kronis yang mendasarinya tanpa tersentuh untuk membusuk dan muncul kembali ke permukaan berkali-kali.

Dalam kontras yang tajam,hampir semua literatur dalam 150 tahun yang pertama sesudah kemerdekaan AS,apa yang disebut Etika Karakter disebut sebagai dasar dari keberhasilan.Hal-hal Seperti :

 Integritas
 Kerendahan Hati
 Kerajinan
 Penguasaan diri
 Keberanian
 Keadilan
 Kesabaran
 Kerajinan
 Kesopanan
 Dan Hukum uatama (berbuatlah kepada orang lain seperti yang kamu kehendaki supaya orang berbuat kepadamu), dan Autobiografi Benjamin Franklin mewakili literatur ini.

Sangat menarik bukan ? ini adalah sebuah kisah tentang usaha satu orang untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip ini kedalam karakter dasar mereka.

Akan tetapi,tak lama setelah perang dunia I,pandangan dasar tentang keberhasilan berubah dari Etika kepribadia, dimana keberhasilan menjadi lebih merupakan fungsi kepribadian, citra masyarakat, sikap dan perilaku, keterampilan dan teknik, yang melicinkan proses interaksi manusia.

Etika kepribadian ini pada dasarnya mengambil dua jalan yaitu :

1. Teknik hubungan manusia dan masyarakat
2. Sikap Mental Positif (SMP)

Memang kadang filosofi ini dieksperesikan di dalam pepatah yang mendatangkan ilham dan kadang absah seperti :

 Senyum menghasilkan lebih banyak teman daripada kerutan pada dahi.
 Apapun yang dapat di pahim dan di yakini oleh benak manusia,maka itu pasti dapat dicapai.


Lain dari pendekatan kepribadian jelas manipulatif, bahkan menipu,mendorong orang menggunakan teknik-teknik untuk membuat orang lain menyukai mereka atau berpura-pura tertarik akan hobi orang lain untuk mendapatkan apa yang diinginkan dari orang tersebut atau hendak menggunakan “penampilan kekuasaan “atau untuk menjalanin kehidupan mereka dengan intimidasi.

Bukan mengakui sebagai hal yang mendasar dan sebagai katalisator. Acuan pada etika karakter kebanyakan hanya dibibir saja;padahal penggerak dasrnya adalah teknik mempengaruhi yang cepat, strategi kekuasaan, keterampilan berkomunikasi dan sikap positif.

ETIKA, WATAK, KEPRIBADIAN DAN PRINSIP-PRINSIP ABADI.
Etika watak mengerjakan bahwa kehidupan efektif berdasarkan prinsip-prinsip yang benr, kesuksesan sejati, serta kebahagiaan yang langgeng,hanya bisa di peroleh apabila prinsip-prinsip tersebut di jadikan bagian dari watak kita. Sedangkan ETIKA KEPRIBADIAN mengerjakan bahwa sukses adalah sekedar fungsi dari citra atau popularitas kita dimasyarakat. PRINSIP-PRINSIP ABADI. WATAK, pada dasrnya terdiri dari sejumlah kebiasaan-kebiasaan.

Kebiasaan hidup efektif yang di maksud di sini adalah kebiasaan yang di dasarkan pada prinsip-prinsip kebenaran abadi, yaitu antar lain HUKUM PANEN ; kita akan memanen apa yang kita tanam.”tanamlah pikiran, panenlah perbuatan:tanamlah perbuatan, panenlah kebiasaan :tanamlah kebisaan, panenlah watak:tanamlah watak,maka anda akan memanen nasib anda sendiri.’’ Kebiasaan merupakan factor yang besar pengaruh nya dalam hidup kita.Dengan sifatnya yang menetap dan polanya yang kerap tidak di sadari,kebiasaan dapat mengungkapkan bagaimana sesungguhnya watak kita serta menentukan efektif tidaknya hidup kita.

I. 5 Etika kesopanan dalam bekerja.
Seorang karyawan sekalipun memiliki jabatan strategis tak semestinya berbuat sesuka hati selama berada di ruang kantor. Mereka pun tetap harus menjaga etika kesopanan yang di tetapkan oleh perusahaannya.

Seperti Kutip Careerbuilder,ada beberapa etika kesopanan yang harus di perhatikan oleh para karyawan selama berada di lingkungan kantor,seperti : Tetap menghargai bos.

Selama berada di kantor Anda harus bias menghormati pimpinan, termasuk juga menghargai karyawan lain yang memiliki level jabatan jauh berada di bawah anda.

Apabila anda sudah menjadi tangan kanan pimpinan,bukan berarti anda bisa sesuka hati memperlakuakn karyawan lain yang level jabatannya jauh berada di bawah. Tetaplah bertutur kata yang baik dengan semua orang,bahkan dengan bos anda sekalipun.









Dengarkan dan perhatikan perintah dari bos.

Anda harus benar-benar memperhatikan setiap perintah yang di berikan pemimpinan.terlebih lagi jika dia sedang menugaskan sesuatu hal yang penting. Jangan buat pimpinan anda kecewa dan memberikan penilan buruk terhadap kinerja anda selama di kantor.

Komunikasi yang baik dengan seluruh karyawan.

Anda tetap harus menjaga komunikasi yang baik kepada seluruh karyawan. Tujuannya tak lain untuk menghindari kesalapahaman dalam penyampaian pesan kepada orang lain.saling membantu satu sama lain.

Setelah menduduki jabatan yang strategis dan menjadi tangan kanan pimpinan anda,bukan berarti lantas lepas tangan bila rekan kerja anda sedang mengalami kesusahaan.cobalah membantu mereka sesuai kemampuan.Mereka tentu saja tidak akan melupakan kebaikan anda dan mereka pun pasti akan membalas kebaikan bila suatu saat anda mendapatkan musibah.

II. Membangun Semangat Tim.
Membentuk tim yang solid adalah tugas bagi setiap pimpinan. Konon kinerja yang maksimal juga di pengaruhi dengan dengan kehadiran sebuah tim yang solid.

Untuk memiliki sebuah tim yang solid, sejumlah cara bisa anda peraktekkan, bahkan sekalipun anda menjabat sebagai karyawan, anda bisa mengusulkan berbagai ide kreatif ini kepada pimpinan.Untuk membangun kembali semangat tim,berikut berbagai cara kreatif yang bisa anda praktekkan :

Menyediakan ruang rekreaksi.

Hiburan merupakan salah satu cara tepat untuk mengobarkan kembali semangat kerja yang hampir padam. Caranya,kumpulkan semua karyawan di sebuah ruangan rapat besar di hari jumat, kemudian belilah minuman ringan dan makanan kecil,sediakan alat musik dan mikrofon. Ajaklah para karyawan untuk nge-band dan bernyayi.

Bila tidak memungkinkan,anda bisa mengganti acara ini dengan berkaraoke bersama. Sebagai atasan anda bisa menjadi orang pertama yang menyumbangkan suara, berikutnya anda bisa mendaulat karyawan lain untuk bergiliran memegang mikrofon.Sementara yang lain mengambil alih sebagai penari latar.

Latihan yoga dan konfrensi karyawan.
Perusahaan cokelat Vosget-Haut-chocolate yang memilik 100 karyawan dan perusahannya bernilai 132 Miliar, menyediakan ruang yoga dan latihan yoga selama seminggu sekali.perusahaan ini juga mengadakan konfrensi tahunan. Mereka yang sukses diminta berbicara di mimbar selama 10 menit untuk mengungkapkan apa yang mereka inspirasi bagi karyawan lainnya.

Kegiatan yoga sendiri sangat bermanfaat bagi karyawan.pasalnya kegiatan ini memberikan karyawan waktu untuk rehat dari pekerjaannya sehingga membuat pikiran dan tubuh kembali bugar. Sementara acara konferensi, selain mengilhami karyawan lain, anda juga bisa melihat potensi dari masing-masing karyawan.

Nonton Bareng

Bisa jadi menonton adalah hobi anda,tetapi siapa sih yang tidak suka menonton film dan di bayari ? tentunya tak ada satu orang pun karyawan yang bisa menolak ajakan bos. Membangun semangat tim kali ini, anda menonton film pilihan mereka. Anda bisa membelikan mereka sebuah tiket gratis dan makanan ringan. Lakukan kegiatan ini pada sore atau malam hari, sehingga hari kerja tetap produktif (berbagai sumber).

III. Menyiasati Rasa Malas Dalam Bekerja.
Setiap orang pasti pernah mengalami rasa malas untuk bekerja.Tentunya banyak alas an yang melatar belakanginnya.mari,cari penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Suatu waktu,pasti anda pernah merasa malas untuk bangkit dari tempat tidur dan bekerja.Bayangan akan pekerjaan yang menumpuk atau atasan yang senang memarah-marahi,membuat anda tak sanggup menghadapi kenyataan bahwa and harus bekerja pagi itu. Jika mudah begini,bisa dipastikan sampai di kantor,anda hanya akan bermalas-malasan atau sulit untuk berkonsentrasi.

Konsultan karier Carrie Silver Stock mengatakan bahwa jika and merasa malas setiap kali bekerja, berarti ada yang salah dalam kehidupan kerja atau karier anda. Tentu saja, ini bukan berarti riwayat kerja anda akan kiamat. Yang harus anda lakukan,menganalisis dan mencari solusi dari penyebab rasa malas anda.

Lakukan me-time.

Memang,saat kerjaan menumpuk,sulit rasanya untuk memberikan waktu bagi diri tres sendiri.namun,carrie justru meyarankan agar anda sebisa mungkin mencari waktu untuk melakukan me time atau waktu untuk diri sendiri.

“Sebelum mencari penyebab rasa malas,anda harus bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri dulu.intinya,hilangkan dulu rasa stres tersebut baru anda bisa mencari tahu akar masalahnya,”tegas carrie.
Setelah meluangkan waktu,carrie menyarankan untuk menulis sepuluh hal yang membuat anda bahagia.setiap minggunya,daftar tersebut harus bertambah,minimal tiga poin.Nah,dari jadwal tersebut,anda bisa melakukan tiga hal yang membuat anda bahagia,misalnya menonton film baru di bioskop,jalan-jalan,atau melakukan perawatan tubuh.

Jika melakukannya,anda akan merasakan betapa nikmatnya hidup anda.Lakukan hal tersebut meski waktu anda hanya sebentar.bahkan jika anda hanya punya waktu itu untuk sekadar bersantai di bangku sambil menarik napas dalam-dalam.

Ciptakan energi

Jika pekerjaan anda membuat anda merasa sangat lelah,ciptakan energi yang bisa membuat anda bersemangat.sulit ? tenang saja.anda bisa melakukannya lewat hal-hal yang sederhana,seperti sarapan pagi.

Sarapan pagi tidak hanya membuat tubuh anda lebih berenergi,tetapi juga membuat kondisi fisik anda tak mudah lelah.lakukan olahraga kecil.jika anda tak sempat ke gym,cukup lakukan gerakan ringan seperti stretching sambil menarik napas dalam-dalam,atau jalan selama 10-15 menit.

Minum air putih yang banyak.banyak penelitian membuktikan bahwa dengan minum bayak air putih akan menghindari anda dari dehidrasi dan kelelahan.cari tahu,kapankah waktu yang terbaik untuk anda untuk bekerja ? apakah pagi atau malam hari ?nah,kerjakan pekerjaan tersebut di waktu terbaik anda.

Analisis penyebab.

Sekarang saatnya anda menganalisa mengapa energi dan otak anda tak mau bekerja saat berada di kantor. Apakah karena sebelumnya anda sudah bekerja terlalu banyak? Apakah lingkungan kerjanya yang membuat stres, atau karena anda yang emosional ? Jika sulit menganilisis penyebab kemalasan anda saat bekerja, carrie memberi tip unik untuk mengenali penyababnya.

Caranya,dengan menilai seberapa besar nilai pada beberapa kategori.dari skala 1 sampai 10, sebagai nilai pada tingkat lingkungan kerja anda (apakah menyenangkan atau tidak), coworkers (apakah bisa di ajak perilaku anda harus di batasi atau adaperilaku rekan kerja yang mengganggu), organisasi (apakah ada system yang baik, apakah sistemnya berjalan baik), manajemen waktu (apakah anda kesulitan melakukan manajemen waktu), dan partisipasi tim (apakah kerja sama tim kurang memuaskan).

Dengan membuat skala atau nilai dari masing-masing katagori ini,anda bisa melihat kategori mana yang nilainya paling kecil,dan mungkin itulah masalah yang membuat anda malas untuk bekerja.


Cari yang positif
Setelah membuat penilaian pada hal-hal yang mungkin menjadi sumber masalah anda,kini saatnya membuat daftar hal-hal yang menyenangkan dari pekerjaan atau lingkungan kerja anda.tulis juga hal-hal yang bisa membuat anda semangat dalam melakukan suatu pekerjaan.

Nah, sekarang lihat lagi, seberapa seringkah anda menggunakan kebaikan atau kesenangan tersebut untuk memotivasi diri anda untuk semangat bekerja? Sekarang,gunakan menyelesaikan setiap pekerjaan.

Buat Prioritas.
Setiap malam,buatlah tiga prioritas yang harus anda kerjakan atau selesaikan esok harinya. Pastikan anda mengerjakan tiga hal ini walau ada tugas tambahan atau tugas baru dari atasan. Dengan membuat daftar pekerjaan yang singkat dan sederhana,kondisi yang bisa memicu stres bisa anda hindari.

Utamakan Diri sendiri

Apakah teman,keluarga,atau rekan kerja anda sering meminta pertolongan pada anda ?apakah anda termasuk orang yang sering di andalkan ?menjadi orang yang selalu di butuhkan memang menyenangkan.
Namun,hal tersebut tidak berarti bahwa anda harus mengorbankan diri sendiri demi membantu mereka.karena itulah,pikiran terlebih dahulu baik dan buruknya bagi anda ,jika ada orang lain yang meminta bantuan.
Siapkan rencana aksi

Jika Anda sudah bisa menganalisa segala masalah dan bertekad untuk mengatasinya, segera buat rencana aksi Anda. Rencana tersebut harus berisikan hal-hal yang bisa memberi keseimbangan antara waktu kerja dan waktu pribadi Anda, meberikan Anda waktu me-time yang cukup, dan memberikan apresiasi dan penghargaan pada diri Anda sendiri.

Memang, tak mudah untuk menghilangkan rasa stres di tempat kerja. Namun jika mencoba langkah-langkah di atas, setidaknya Anda bisa menumbuhkan semangat dan energi positif saat bekerja.

IV. Meniadi Orang Penting di Tempat Kerja

Tak peduli apakah Anda hanya karyawan biasa, Anda bisa menjadikan diri Anda sebagai karyawan yang selalu diingat, dinanti, dan dipuji oleh atasan dan rekan kerja lainnya.

Berapa banyak karyawan yang ada di perusahaan tempat Anda bekerja? Tentu Anda tidak mengingat wajah atau nama dari mereka semua. Tentu yang Anda ingat hanya beberapa karyawan yang prestasinya menonjol, mereka yang supel dan mudah bersosialisasi, atau yang penampilannya menarik bagi Anda.





Pertanyaannya, mengapa ada karyawan yang begitu lekat di benak karyawan lainnya sedangkan ada yang tidak?
"Semuanya adalah persoalan menciptakan brand atau imej bagi diri sendiri, yang tentunya berbeda dengan karyawan yang lain," jawab konsultan karier Martin Lindstrom, seperti dikutip dari aol. com.

Menurut Martin, dengan persaingan kerja yang semakin ketat, jika Anda tak memiliki imej yang berbeda dengan orang lain, maka Anda hanya akan diingat sebagai karyawan "pada umunya". Dengan membuat imej bagi diri sendiri, berarti Anda sudah membuat strategi jitu untuk bertahan hidup sekaligus menjadi orang yang "terlihat" di tempat kerja.

Lalu bagaimana caranya membuat imej bagi diri sendiri? Martin memberi beberapa panduan untuk dicoba. Berikut tipnya:

Temukan karakter Anda (dan yang tidak sesuai dengan Anda)

Cari tahu, apakah yang membedakan Anda dengan rekan kerja yang lain? Apakah Anda orang yang selalu tepat waktu, penuh tanggung jawab, dan berdedikasi? Apakah Anda tipe karyawan yang selalu santai dalam bekerja, namun selalu bisa menghasilkan karya yang baik?

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan atau memberitahukan orang lain "siapa diri Anda" ialah dengan melakukan sebuah "tugas kecil" setiap harinya yang berhubungan dengan pekerjaan Anda.

Martin memberi contoh, jika Anda seorang kasir di supermarket, mungkin Anda bisa memerhatikan perilaku konsumen, misalnya, apakah konsumen perempuan lebih senang membeli air mineral atau soft drink. Penemuan ini bisa jadi berguna bagi manajemen atau supervisor, dan Anda akan selangkah lebih maju dibandingkan rekan yang lain.

Dikenal karena satu hal

Saat Anda menyebut satu merek terkenal, Anda pasti langsung mengasosiasikan merek tersebut dengan satu sifat tertentu. Misalnya saja menyebut Google, maka yang teringat adalah mesin pencari, Volvo alias mobil yang aman, atau cowboy yang erat dengan Amerika.

Sekarang pikirkan apa yang ada di benak orang lain saat mengingat Anda. Apakah seorang pendengar yang baik, mentor yang baik, orang yang lucu, atau orang yang sangat cepat menyelesaikan pekerjaan.

Jika Anda belum menemukan karakter tersebut, maka ciptakan dan berlakulah seperti imej tersebut. Usahakan imej tersebut terdiri dari satu kata saja karena akan memudahkan orang lain mengingatnya. Lagi pula, dengan begitu banyak informasi yang masuk ke otak, hal yang sifatnya terlalu panjang dan detail akan susah dihafalkan.


Komunikasikan imej Anda

Jika Anda suda.h menemukan karakter atau imej yang ingin Anda kembangkan, mulailah mengomunikasikannya, salah satunya lewat jalur on-line. Misalnya Anda ingin dikenal sebagai orang yang lucu, maka Anda bisa membuat cerita lucu di blog Anda.

Mengapa lewat jalur on-line, karena internet adalah media terampuh yang saat ini ada. Jika ingin lebih efektif, coba buat cerita lucu dari sudut pandang yang berbeda, provokatif, atau mengejutkan, yang bisa menimbulkan banyak respons dari orang lain. Dengan begitu, imej atau karakter Anda akan lebih menonjol.

Ciptakan tampilan khas

Jika perilaku Anda sudah menunjukkan karakter atau imej Anda, maka perkuatlah dengan tampilan luar Anda. Jika Anda ingin dikenal sebagai orang pintar yang cool, maka gaya seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama bisa Anda tiru. Atau jika Anda ingin dikenal sebagai orang yang serius tapi santai, maka tampilan atau dandanan kasual, namun trendi bisa Anda coba.

Tetaplah bergaya yang sesuai dengan imej atau karakter yang ingin Anda bentuk di tempat kerja. Jika Anda konsisten dengan gaya tersebut, bisa jadi Anda akan menjadi selebriti kantor atau setidaknya gaya Anda akan selalu diperhatikan oleh karyawan lainnya.



Buat tanda diri yang menarik

Tanda diri bisa berarti kartu nama atau tanda yang biasa ditinggalkan saat mengirim e-mail. Jika Anda membuat kartu nama sendiri cobalah sertakan logo atau simbol yang menarik. Buatlah logo yang mengombinasikan dua hal yang bertentangan, misalnya monyet terbang seperti yang ada di Wizard of Oz. Tentunya monyet tak bisa terbang bukan? Tapi hal yang bertentangan ini justru akan mudah diingat orang.

Tanda lainnya bisa Anda berikan pada setiap akllar pesan dalam e¬mail Anda. Tanda tersebut bisa kata-kata singkat, simbol, atau apa pun yang menarik, unik, dan tidak terlupakan. Ingatlah, bahwa tanda-tanda atau karakter yang Anda ciptakan ini bisa membantu Anda untuk lebih mudah dikenal dan diingat orang.

Tetap Berpikir Positif Saat Bekeria
KONDISI tempat kita bekerja, tidak semuanya seperti yang kita bayangkan bahkan cenderung ada yang buruk. Lantas bagaimana bertahan untuk tetap berpikir dan bertindak positif di dalam lingkungan seperti itu ?

Ahli komunikasi Sarita Maybin, yang sering mengisi seminar tentang cara berpikir positif, mengaku sering sekali ditanya oleh pesertanya tentang bagaimana bertahan untuk tetap berpikir positif di tengah lingkungan kerja yang negatif. Bagi Sarita, ini adalah pertanyaan penting.

“Saya tahu ini sering terjadi. Karenanya, saya menyiapkan jawaban yang sebut sebagai 3P,’’ j elas Sarita, seperti dikutip dari Rumus 3 P

didapat Sarita berdasarkan studi yang dilakukan oleh Dr Martin Seligman, yang mencoba merumuskan hal-hal apa saja yang membuat orang tetap berpikir positif di tengah lingkungan yang nedatif walaupun berada di lingkungan yang positif.

P yang pertama, menurut Sarita, kita harus bertanya pada diri sendiri, apakah perlakuan negatif yang kita terima bersifat "personal" atau pribadi. Sering kali saat atasan memarahi kita atau rekan kerja yang cemberut walaupun kita tersenyum padanya, sebenarnya respons tersebut tidak sepenuhnya ditujukan pada kita.

"Mungkin saja ia memang sedang memiliki hari yang buruk. Jadi kita tidak perlu selalu berpikir negatif dan menganggap bahwa mereka tidak suka dengan kita. Lagi pula sebenarnya seseorang tak selalu memikirkan orang lain sebegitu sering seperti yang kita duga," ungkap Sarita.

Selanjutnya, apakah perlakuan tersebut bersifat "permanen"? Cobalah perhatikan apakah sifat negatif yang kita terima sifatnya permanen? Apakah rekan kerja selalu cemberut terhadap kita semenjak kita mengenalnya? Apakah hanya anda yang di cemberuti atau orang lain juga diperlakukan hal yang sama. Dari analisis ini, kita bisa memilih jalan pikiran yang positif agar hidup lebih menyenangkan.



Terakhir, jangan terlalu mengingat hal kecil yang sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap gambaran keseluruhan (big picture) kita terhadap seseorang. Tidak ada orang yang sempurna, jadi jangan langsung berpikir negatif setiap kali menemukan cela seseorang.

Menghambat pikiran negatif

Tak hanya berpikir dan bersikap positif terhadap perilaku seseorang, kita juga harus berlaku hal yang sama terhadap situasi yang buruk atau negatif. Jika kondisi tersebut menyerang kita, siapkan rencana lain untuk menghindari pikiran negatif.

Sarita mencontohkan soal kondisi perusahaan tempatnya bekerja yang terkena resesi dan hampir bangkrut. Dibanding mengeluh atau merasa depresi, ia langsung bertindak cepat dengan mencoba bekerja paruh waktu di sebuah perusahaan kosmetik.

Meski ada rekan kerja yang mengejeknya, Sarita tak peduli. la merasa melakukan putusan dan untuk mencegah rasa putus asa dan perasaan negatif yang mungkin muncul dengan keadaan perusahaan tempatnya bekerja yang makin memburuk.

“Dengan memiliki rencana lain, kita akan merasa memiliki pilihan. Jika Anda perhatikan, orang-orang yang berpikir negatif adalah mereka yang merasa tidak punya pilihan dan tidak tahu mau kemana. Mereka merasa stuck disitu," tegas Sarita.

Jadi, setiap ada kondisi buruk menimpa kita, segera cari pengalaman baru yang bisa menimbulkan pikiran dan perasaan positif.
Cari kehidupan lain

Tak ada yang salah dengan orang yang mencintai pekerjaannya. Mencintai pekerjaan justru akan membuat kerja kita menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Namun, jangan sampai pekerjaan merenggut semua sisi keidupan kita. Berikan waktu dengan kegiatan lain seperti melakukan hobi, berkumpul dengan keluarga atau teman-teman, atau kegiatan lain di luar pekerjaan.

“Penelitian sudah mebuktikan bahwa seseorang yang memiliki kehidupan yang seimbang antara karier dan keluarga atau hobi, akan lebih memiliki pikiran yang positif karena saat satu sisi kehidupan mereka tidak berjalan dengan baik, ia bisa menemukan keseimbangan lainnya, rasa percaya diri, harga diri, dan kesenangan dari sisi kehidupannya yang lain," jelas Sarita panjang lebar.

Jangan biarkan urusan pekerjaan menguasai hidup kita. Karena akan sangat menyedihkan j ika di setiap saat dan setiap waktu, pikiran kita selalu tertuju pada pekerjaan.
“Jadi setiap ada hal negatif di tempat kerja atau di mana pun juga, timbulkan perasaan positif tersebut agar Anda tidak menjadi orang yang mudah putus asa,’’ tegas Sarita.

Perhatikan Gaya Berialan Anda
Sadarkah anda bahwa gaya berjalan Anda bisa menjadi petunjuk apakah Anda cukup kompeten atau tidak dalam menjalankan sebuah pekerjaan ?

Banyak hal di dalam diri kita yang bisa dipakai untuk menjadi petunjuk, seperti apakah sifat, kepribadian, atau kompetensi kita dalam dunia kerja. Anda mungkin pernah mendengar kalimat "you are what you wearing" untuk menggambarkan diri seseorang tanpa harus mendengarnya berbicara. Begitu juga dengan cara berjalan seseorang.

Cara berjalan seseorang diyakini bisa menjadi petunjuk tentang bagaimanakah seseorang melakukan pekerjaannya. Meski tentu saja tidak 100 persen valid, tapi setidaknya cara tersebut bisa dijadikan sedikit gambaran untuk sebuah awal menilai seseorang. Berikut bagaimana cara membaca gaya berjalan, seperti dikutip dari Lemondrop.

Ditulis Oleh : Efendi Pakpahan // 8:39 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment