Tuesday, July 9, 2013

Pengembangan Wawasan Jenis Bidang Usaha

Pengembangan Wawasan Jenis Bidang Usaha
Sangat banyak usaha yang bisa digarap, mana yang akan dipilih sangat bergantung pada beberapa hal, antara lain:
  1. Minat seseorang, misalnya berminat dalam bidang industri atau kerajinan, dan perdagangan/jasa.
  2. Modal, apakah sudah tersedia modal awal atau belum, atau apa saja yang sudah dimiliki.
  3. Relasi, apakah ada keluarga, teman yang sudah menekuni usaha yang sama, atau usaha yang akan dikerjakan ada relevansi/saling menunjang dengan usaha tersebut, dan berbagai peluang lainnya
Untuk mengetahui banyaknya bidang usaha yang bisa dimasuki oleh wirausaha baru, maka marilah kita lihat hubungan dalam bentuk circular flow antara Rumah Tangga Produsen (RTP), dan Rumah Tangga Konsumen (RTK).
 
Bila RTP mengalami kemajuan, maka akan berdampak positif terhadap kemajuan RTK. Pendapatan perkapita RTK akan meningkat, daya belinya pun akan meningkat. Apabila daya beli masyarakat meningkat maka hasil produksi yang diproduksi oleh RTP akan diserap oleh masyarakat. Kerjasama RTP dan RTK ini berjalan sepanjang masa dalam bentuk circular flow yang saling menunjang kemajuan. Sebagai orang yang kreatif, calon-calon wirausaha akan melihat banyak peluang usaha yang dapat diciptakan.

Gambar : Hubungan antara Rumah Tangga Produsen dan Rumah Tangga Konsumen.
Secara garis besar ada 5 jenis usaha yang diungkapkan di atas, yaitu usaha ekstraktif, agraris, industri, perdagangan, dan jasa. Kelima jenis usaha ini dapat dirinci sedemikian rupa baik menurut lembaga yang mengusahakan bentuk badan hukum, besarnya usaha, komoditi yang diusahakan, maka akan muncul jenis usaha yang luar biasa banyaknya. Usaha ekstraktif merupakan usaha yang bergerak dalam bidang pertambahan atau bidang usaha yang mengambil langsung dari alam, seperti hasil laut, hasil hutan.

Usaha agraris mencakup berbagai usaha pengelolaan kebun, perdagangan hasil-hasil pertanian (agrobisnis) yang dapat diusahakan untuk setiap produk yang dihasilkan oleh pertanian atau perkebunan dan peternakan. Industri juga dapat dirinci dalam bentuk berbagai jenis komoditi yang dihasilkan dan besar kecilnya industri yang diusahakan.

Demikian pula sektor perdagangan yang nampaknya lebih banyak muncul di masyarakat terutama dalam situasi akhir-akhir ini dimana banyak karyawan putus hubungan kerja yang membuka berbagai usaha perdagangan. Usaha perdagangan ini juga dapat dirinci menurut besar kecilnya usaha dan berbagai komoditi yang diperdagangkannya.

Ditulis Oleh : Unknown // 4:39 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment