Friday, July 26, 2013

Pengertian Hubungan

Pengertian Hubungan 
Suatu hubungan terdiri atas serangkaian episode yang terjadi antara kedua belah pihak dalam rentang waktu tertentu (Buttle,2007:19). Masing-masing episode atau babak yang terdiri atas serangkaian interaksi. Setiap episode dibatasi oleh waktu dan episode-episode itu dapat ditandai atau diberi nama. Episode-episode seperti konsumen melakukan transaksi pembelian, menanyakan detail sebuah produk, menimbang-nimbang harga yang ditawarkan, mengunjungi konsumen, untuk menyelesaikan transaksi penjualan, dan menangani keluhan konsumen. Semua itu ditunjukan untuk membangun sebuah hubungan. 

1 Hubungan Dinamis 
Hubungan senantiasa berubah atau mengalami pasang-surut dan akan mengalami evolusi dalam hubungan tersebut. Ada lima tahap perkembangan hubungan antara lain kesadaran, komitmen, eksplorasi, akhir hubungan, dan peningkatan (Buttle,2007:19). 

2 Strategi Hubungan 
Informasi pelanggan individu harus digunakan untuk membangun sebuah hubungan yang lama antara pelanggan dengan supplier. Perusahaan dengan sebuah strategi hubungan mempunyai horison jangka panjang, ‘bilang’ dan ‘dengar’ lebih banyak daripada mereka ‘jual’ dan mempunyai ketertarikan yang dalam terhadap pelanggan yang tepat (Peelen,2005:8).

Ditulis Oleh : Efendi Pakpahan // 4:38 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment