Tuesday, July 9, 2013

Pengertian Pemasaran Langsung

Pemasaran Langsung
Terdapat perhatian yang semakin meningkat dalam usaha baru yang melibatkan pemasaran langsung. Ia memberi peluang yang menguntungkan dibanding tipe pemula lainnya karena wirausahawan biasanya menanggung resiko modal awal kecil dan bisa mendapatkan manfaat dari usaha pemasarannya pada pelanggan tertentu yang bisa dijangkau melalui teknik pemasaran langsung. Karena pemasaran langsung adalah pendekatan kewirausahaan khusus dan ia menawarkan beberapa keuntungan yang sama seperti franchise.

a. Definisi pemasaran langsung
Pemasaran langsung bisa dinamakan pengiriman pos langsung, pengiriman pesanan melalui pos, dan tanggapan langsung. Semuanya termasuk kategori pemasaran langsung karena semuanya melibatkan “aktivitas total di mana penjual mempengaruhi transfer barang dan jasa pada pembeli”, mengarahkan usahanya pada pemerhati dengan menggunakan satu media atau lebih yaitu tujuan mengumpulkan tanggapan melalui telepon, pos, atau kunjungan pribadi dari calon pelanggan.

Inovasi yang mempercepat pertumbuhan pemasaran langsung
Pertumbuhan pemasaran langsung telah dipercepat dengan sejumlah inovasi penting. Kartu kredit misalnya mempercepat transaksi pesanan melalui pos, bisa menghindari pembayaran kontan. Perkembangan komputer memungkinkan penyimpanan sejumlah besar data, misalnya mengenai pembayaran, daftar barang dan lain-lain. Pertumbuhan media surat kabar dan siaran televisi serta radio juga membantu mempercepat pertumbuhan teknik pemasaran langsung.

Ketika faktor demografi seperti peningkatan pendidikan, pendapatan, dan gaya hidup berubah, semakin banyak dikembangkan kenyamanan dan efisiensi dari pemasaran langsung. Konsumen bisa menggunakan telepon atau pos untuk membeli kebutuhan rumah tangga hingga barang-barang mewah.

b. Keuntungan pemasaran langsung
Keuntungan utama dari pemasaran langsung adalah kemudahan untuk masuk dalam usaha pemasaran langsung tanpa ijin usaha yang rumit dan persyaratan ketrampilan dan pendidikan yang perlu.

Di samping kemudahan untuk masuk dalam usaha, kebutuhan modal yang diperlukan untuk masuk dalam usaha pemasaran langsung juga minimal. Tidak diperlukan fasilitas besar, toko atau jumlah karyawan yang besar untuk masuk dalam usaha pemasaran langsung. Modal yang diperlukan biasanya digunakan untuk percetakan pengeposan dan daftar-daftar lainnya. Semuanya ini bisa dilakukan sebagai usaha paruh waktu hingga usaha ini mendatangkan aliran kas yang bisa mendukung usaha penuh. Hal ini berbeda dengan usaha baru lainnya yang membutuhkan kerja keras dan perhatian penuh dari wiraswastawan.

Usaha pemasaran langsung juga memungkinkan wirausahawan untuk masuk ke pasar dengan cepat. Produk dan jasa bisa diuji untuk menentukan minat pelanggan dengan biaya minimum. Jika produk atau jasa tertentu berhasil, penawaran bisa dengan mudah diperluas untuk memenuhi permintaan potensial terhadap produk tertentu tersebut.

Pertimbangan pemula yang penting
Sebagaimana halnya dengan usaha-usaha baru, wirausahawan perlu memecahkan masalah penting tertentu. Wirausahawan bisa mulai usaha pemasaran langsung paruh waktu dengan modal kecil. Masalah yang penting dengan biaya overhead yang kecil ini adalah penggunaan kota pos atau alamat jalan, apakah memungkinkan penggunaan kartu kredit dan penggunaan kiriman bebas bea.

Alamat jalan akan memberikan kredibilitas bagi usaha-usaha baru dan karena hal ini merupakan tujuan itu sendiri yang harus diberikan prioritas. Alamat jalan memungkinkan pelanggan setempat melihat produk dari dekat.

Penggunaan kartu kredit meningkatkan hasil potensial. Ia juga menambah kredibilitas dan memberikan kenyamanan pada pelanggan. Hal ini mungkin penting untuk produk-produk mahal karena memungkinkan pelanggan untuk membiayai pembeliannya.

Penggunaan pengiriman bebas bea mungkin menambah pengeluaran bagi wirausahawan. Akan tetapi hal ini akan meningkatkan tanggapan pelanggan karena mempermudah untuk memesan.

c. Teknik alternatif pemasaran langsung
Sejumlah strategi alternatif bisa digunakan oleh wirausahawan pada usaha-usaha pemula

1. Periklanan terklasifikasi (classified advertising)
Pendekatan paling sederhana dan tidak mahal bagi wirausahawan adalah iklan terpilih pada surat kabar dan majalah. Majalah atau surat kabar hendaknya diidentifikasi yang akan mencapai pasar produk/jasa yang tepat. Iklan terklasifikasi bisa mendatangkan hasil laba yang tinggi.

2. Periklanan display (display advertising)
Tipe periklanan ini memungkinkan wirausahawan membeli kolom pada majalah atau surat kabar. Ia memberi peluang untuk menjelaskan secara gamblang mengenai gambaran produk jasa. Di samping itu kupon potongan harga bisa dimasukkan dalam iklan terebut sehingga pelanggan bisa memotongnya untuk dikirimkan bersama pembayarannya.

3. Kiriman pos langsung (direct mail)
Teknik ini memungkinkan wirausahawan untuk mengirim barang yang dijual secara langsung kepada calon pelanggan. Teknik ini hendaknya digunakan ketika terdapat produk dan segmen pasar yang jelas.

4. Katalog penjualan (catalog sales)
Pencetakan katalog berkualitas merupakan investasi yang sangat mahal bagi wirausahawan. Walaupun ini lebih mudah dibandingkan menjual di toko eceran, katalog harus menarik dan merangsang minat pelanggan. Keuntungannya adalah bahwa katalog memungkinkan penjualan berulang karena katalog mungkin disimpan untuk digunakan di masa yang akan datang.

5. Pemasaran tanggapan langsung media (media direct response marketing)
Radio, televisi, dan telepon mungkin dipandang sebagai pendekatan alternatif untuk pemasaran produk atau jasa. Radio dan televisi dipandang sebagai bentuk periklanan media siaran.

Dalam membeli waktu siar dan bukannya ruang, sebagaimana iklan display, wiraswastawan menghadapi masalah yang berbeda. Dalam membeli waktu, tidak ada jadwal yang tersedia yang mempersulit perencanaan. Biaya-biaya akan berbeda, tergantung pada waktu, stasiun, panjang iklan dan ukuran pendengar dan pemirsa yang mungkin dicapai.

Telemarketing juga menjadi metode menjual produk atau jasa yang sangat populer. Biaya-biaya bisa ditekan hingga minuman namun tetap mencapai pendengar dan pemirsa yang luas. Keuntungan telemarketing adalah bahwa ia memberikan umpan balik langsung kepada pemakai. Jadi tingkat tanggapan lebih tinggi dibandingkan dengan metode lain. Wirausahawan bisa mengidentifikasi komunitas dengan percakapan telepon menurut demografi kepada orang-orang yang kemungkinan besar menjadi produk/jasa.

Ditulis Oleh : Unknown // 10:37 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment