Wednesday, October 16, 2013

Prinsip Ekonomi dan Sistem Ekonomi

Prinsip Ekonomi dan Sistem Ekonomi - Berbicara tentang prinsip ekonomi dan sistem ekonomi tidak dapat dipisahkan dengan pembicaraan tentang ilmu ekonomi. Oleh karena itu kita harus memahami pengertian ilmu ekonomi terlebih dahulu. Secara singkat Ilmu Ekonomi dapat di artikan ilmu yang mempelajari kegiatan (gejala-gejala) manusia di dalam usahanya memenuhi kebutuhan. Ilmu ekonomi juga berkaitan dengan ilmu ekonomi perusahaan. Hal ini di definisikan ilmu yang mempelajari gejala-gejala atau kegiatan yang terjadi di dalam perusahaan dan yang ada hubungannya dengan kegiatan menciptakan manfaat, faedah, atau utility terhadap barang dan jasa. 

Untuk menjalankan kegiatan bisnis atau ekonomi secara luas diperlukan suatu prinsip agar kegiatan itu memperoleh manfaat atau keuntungan yang optimal sebagai mana yang telah ditetapkan. Prinsip inilah nanti sebagai pedoman dalam menjalankan roda bisnis. Secara umum prinsip ekonomi itu diformulasikan dengan statemen “dalam melaksanakan kegiatan/usaha bisnis dilaksnakan dengan pengorbanan yang seminimum mungkin untuk mendapatkan penghasilan yang semaksimal mungkin” atau “kegiatan dengan menggunakan alat-alat tertentu mencapai pemuas kebutuhan yang maksimum, dengan kata lain suatu tindakan yang bertujuan untuk mencapai pemuas kebutuhan tertentu dengan menggunakan alat (pengorbanan) yang minimum”. 

Kegiatan perekonomian pada suatu kawasan atau suatu negara akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan bisnis pada negara atau kawasan itu. Oleh karenanya, dapat kita ketahui bahwa antar satu negara dengan negara yang lain memiliki perbedaan dalam pengaturan ekonomi dan bisnisnya. Faktor utama yang menjadi pembeda kegiatan ekonomi dan bisnis ini adalah Sistem konomi yang di anut oleh negara itu. Dengan demikian Sistem Ekonomi dapat diartikan suatu sistem negara untuk mengalokasikan sumber daya warga negaranya, baik individu maupun organisasi (Ricky et al, 1996). 

Secara umum sistem ekonomi yang diterapkan pada berbagai negara dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu, Sistem ekonomi terpimpin dan sistem ekonomi pasar. Ekonomi Terpimpin adalah perekonomian yang mengandalkan pemerintah terpusat untuk mengendalikan semua atau sebagian faktor-faktor produksi dan untuk membuat semua atau sebagian besar keputusan produksi dan alokasi. Ekonomi Pasar yaitu perekonomian dengan individu-individu mengontrol keputusan-keputusan produksi dan alokasi melalui penawaran dan permintaan. 

Bentuk paling dasar dari ekonomi terpimpin adalah Komunisme dan Sosialisme. Komunisme adalah suatu sistem dengan pemerintahan memiliki dan mengoperasikan semua sumber-sumber produksi. Sistem ini banyak diterapkan pada negara-negara Eropa Timur dan negara bekas Uni Soviet, dan pada saat ini masih diterapkan juga pada negara Kuba, Korea utara, Vietnam, dan RRC. Untuk sistem ekonomi Sosialis terpimpin, pemerintah hanya memiliki dan menjalankan sumber produksi utama terpilih. 

Ekonomi Pasar, adalah suatu mekanisme bagi pertukaran barang dan jasa tertentu antara pembeli dan penjual, bentuk yang menyolok ekonomi pasar adalah Kapitalisme yang bermakna ekonomi pasar yang memberikan kemungkinan kepemilikan pribadi atas produksi dan yang mendorong kewirausahaan dengan menawarkan keuntungan sebagai suatu insentif. Dalam prakteknya sistem perekonomian banyak diterapkan oleh banyak negara dalam bentuk Ekonomi pasar gabungan, artinya suatu sistem yang menonjolkan karakteristik baik perekonomian terpimpin maupun perekonomian pasar. 

Sistem Ekonomi Indonesia 
Dari studi tentang sistem ekonomi diatas, barang kali kita perlu melihat  Perekonomian Indonesia masuk dalam sistem apa? Sistem apapun sebutannya untuk Indonesia yang jelas sistem perekonopmian Indonesia mempunyai  karakteristik sebagai berikut: 
 Ekonomi digerakkan dengan rangsangan sosial & moral 
 Pemerataan ekonomi dengan azas kemanusiaan 
 Kebijakan ekonomi untuk ketangguhan nasional dengan jiwa nasionalisme 
 Koperasi sebagai Soko Guru perekonomian dan usaha bersama 
 Kesadaran dan perimbangan yang jelas antara perekonomian nasional/pusat dan daerah

Ditulis Oleh : kumpulan karya tulis ilmiah // 2:45 AM
Kategori:

1 komentar:

  1. artikel yang menarik karena membahas ilmu yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, sangat bermanfaat.. terimakasih...
    Aplikasi Toko Android

    ReplyDelete