Monday, April 14, 2014

PROPOSAL SKRIPSI SISTEM INFORMASI PENJUALAN HARIAN

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Pemilihan Judul

Dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan khususnya teknologi yang semakin pesat sekarang ini . Pengaruh jasa dan informasi dikatakan sangat menonjol, di samping ilmu disiplin lainnya. Kemajuan yang dicapai dalam ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan banyaknya perubahan untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang. Kesemuanya ini tentu tidak terlepas dari jasa informasi berkat  ditemukannya komputer yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan masalah informasi.
Komputer sebagai alat bantu yang perkembangannya sangat cepat berperan penting dalam mengolah dan memanipulsi data.
Jika 10 tahun belakangan komputer dianggap sebagai peralatan mahal dan mewah, namun sekarang ini sudah menjadi kebutuhan sama pentingnya dalam mesin ketik pada suatu instansi pemerintahan. Hampir  semua instansi pemerintahan menggunakan komputer meski hanya  sebagai media pembuatan work sheet sederhana maupun untuk pengolahan data.
Dalam proses pengolahan data salah satu hal yang teramat penting yang harus diperhatikan adalah system penanganannya. Penanganan secara manual akan mengakibatkan biaya, waktu dan tenaga yang cukup banyak. Untuk menanggulangi hal tersebut di anjurkan memakai system peralatan komputer yang memakai aplikasi pemograman. Peranan komputer sangat menonjol, hampir setiap perusahaan besar dan instansi pemerintahan selalu menggunakan komputer bahkan perusahaan kecil saat  sekarang ini mulai melangkah pada komputerisasi.
PT.Delami Garment Industries adalah perusahan yang bergerak di bidang  retail . Dalam kegiatan Penginputan Penjualan perhari PT.Delami Garment  sangat berhubungan langsung dengan komputer. Karena system pengolahan data sangat menunjang dalam penetapan strategi kebijaksanaannya. Informasi yang di butuhkan juga sangat penting dari manajement instansi pemerintahan  khusus nya dalam penginputan penjualan perhari.
Untuk itu penulis mencoba merancang dan menganalisa system penginputan penjualan perhari yang dapat menunjang kelancaran dan kecepatan penginputan penjualan perhari menggunakan peralatan komputer. Bertitik tolak dan permasalahan tersebut diatas maka penulis memilih judul sesuai dengan masalah dan kendala yang dihadapi oleh PT.Delami Garment Industries. Dalam penjualan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan yaitu: “SISTEM INFORMASI PENJUALAN  HARIAN  BRAND JOCKEY PADA  PT.DELAMI GARMENT INDUSTRIES”

1.2  Perumusan Masalah
Pada dasarnya perusahaan atau instansi tidak luput dari permasalahan. Permasalahannya bisa timbul dari aktivitas untuk mencapai tujuan atau sarana pendukung dalam pengambilan keputusan.
      Adapun perumusan masalah yaitu :
1.      Bagaimana Penginputan penjualan harian dilakukan pada PT.Delami Garment Industries dengan mengunakan Laporan tertulis ?
2.      Bagaimana merancang system informasi penginputa penjualan perhari pada PT. Delami Garment Industries ?

1.3  Ruang Lingkup Masalah
Untuk menghindari kekeliruan yang menyimpang maka penulis memberikan batasan masalah penulisan tugas akhir mengenai system informasi penginputan penjualan harian pada PT.Delami Garment Industries, adapun batasan masalah sebagai berikut :
1.      Dalam tugas akhir  ini penulis hanya membahas tentang penginputan penjualan harian brand jockey pada PT. PT.Delami Garment Industries.
2.      Membuat laporan harian  pada PT.Delami Garment Industries.
3.      Dalam membuat system informasi ini menggunakan program Visual Basic 6.0 dengan menggunakan database Mysql.
  
1.4  Tujuan dan Manfaat Penelitian
a.       Tujuan Penelitian
Yang menjadi tujuan utama dalam penulisan tugas akhir ini adalah untuk :
1.      Mengetahui secara mendetail mengenai pelaksanna penginputan penjualan harian PT.Delami Garment Industries yang menggunkan laporan tertulis
2.      Menciptakan suatu rancangan program yang dapat diaplikasikan pada PT.Delami Garment Industries agar dapat menjadi bahan masukan pada PT.Delami Garment Industries dalam mengelolah data penjualan harian  sehingga dapat meningkatkan kualitas kerja secara cepat dan akurat.
b.      Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penulisan tugas akhir  ini yang berkaitan dengan system penginputan penjualan harian PT.Delami Garment Industries sebagai berikut:
1.      Menjadi gambaran untuk membuat dan mengembangkan suatu system informasi yang dibutuhkan dimasa yang akan datang, sehingga dapat menangani permasalahan yang semakin komplek yang merupakan sebuah jawaban terhadap masalah yang dihadapi perusahaan dalam menangani proses system informasi dalam penginputan penjualan.
2.      Mempermudah dalam pembuatan laporan penjualan harian

 1.5 Metode pengumpulan data
Untuk memngumpulkan data ini,metodologi penelitian yang digunakan penulis adalah sebagai berikut :
1.      Metode Lapangan
Metode penelitian ini dilakukan langsung ada objek penulisan data serta keterangan yang dikumpulkan yang dilakukan dengan cara :
a.       Pengamatan (observasion)
Dalam hal ini penulis melakukan pengamatan untuk mendapatkan data secara umum dengan melihat langsung,mengamati dan mencatat system yang sedang berjalan saat ini, serta melihat format format yag dilakukan selama ini.
b.      Wawancara (Interview)
Dalam hal ini penulis melakukan wawancara untuk melengkapi bahan yang sudah ada selama observasi . penulis melakukan tanya jawab kepada staf (Pegawai PT.Delami Garment Industries) yang berkaitan dengan system yang diteliti.
2.      Metode Kepustakaan
Metode ini dimaksudkan untuk mendapatkn landasan teori yang memadai dalam penyusunan tugas akhir ini, dalam hal ini data dan keterangan di kumpulkan dari sumber-sumber seperti buku-buku teks, bacaan,bacaan, bahan-bahan perkuliahan serta materi-materi lainnya yang berhubungan dengan masalah yang ditinjau dalam penyusunan akhiri ini


1.6  Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan laporan penelitian atau tugas akhir ini  terdiri dari 4 bab, dan diuraikan sebagai berikut :
BAB I       : PENDAHULUAN
Pada bab ini menjelaskan secara singkat tentang latar belakang,pemilihan                 judul,perumusan masalah, ruanglingkup masalah, tujuan penelitian, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
     BAB II       : TUJUAN PERUSAHAAN
Pada bab ini menjelaskan tentang sejarah berdirinya PT.Delami Garment Indutries, struktur organisasi,tugas,wewenang, dan tanggung jawab.
     BAB III     : LANDASAN TEORI
Pada bab ini menjelaskan mengenai pengertian system informasi, penginputan,penjualan,perhari, dan sejarah singkat Visual Basic.
     BAB IV     : EVALUASI SISTEM
Bab ini menguraikan langkah-langkah perencanan system informasi dan system yang mendukung.
    BAB V        : KESIMPULAN DAN SARAN
                           Pada bab ini penulis menjelaskan mengenai kesimpulan dan saran.

Ditulis Oleh : kumpulan karya tulis ilmiah // 8:57 PM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment