Friday, February 17, 2017

Makalah Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan Teknologi Informasi tentang Microsoft Office 

BAB 1 
PENDAHULUAN

Sesuai dengan namanya, software ini diproduksi oleh perusahaan raksasa bernama Microsoft. 
Microsoft office pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989.

Pada tanggal 30 Agustus 1992, Microsoft meluncurkan Microsoft Office versi 3.0. Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.

Setelah populer dengan Microsoft Office 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu. Microsoft meluncurkan sistem operasi Microsoft Windows 95. 

Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu. Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.

Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003.

Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan Microsoft Office 2003 masih belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan sistem operasi yang juga terus berkembang, maka diluar dugaan Microsoft kembali akan meluncurkan Microsoft Office 2007 bersamaan dengan Windows Vista yang sebentar lagi akan hadir di tengah-tengah masyarakat komputer dunia.


BAB II 
PEMBAHASAN

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. 

1981-1990 Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.

Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.

Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.

Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.Tahun 1990-1995

Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis Pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.


PERKEMBANGAN MICROSOFT OFFICE
1. Microsoft Office 3.0. Ternyata yang pertama dirilis adalah versi 3.0. Pada versi ini hanya tersedia untuk OS Windows. Microsoft Office 3.0 dirilis pada bulan Agustus 1992, berisi Word 2.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail 3.0. Ini adalah versi pertama Office yang juga dirilis pada CD-ROM. Pada tahun 1993, Microsoft Office Professional dirilis, yang ditambahkan Microsoft Access 1.1.

2. Microsoft Office 4.0. Dirilis pada tahun 1994. Berisi Word 6.0, Excel 5.0, PowerPoint 4.0, Mail and Access.

3. Microsoft Office 4.3. Seri ini merupakan seri dengan 16-bit yang terakhir dan juga versi terakhir yang mendukung Windows 3.x, Windows NT 3.1 dan Windows NT 3.5

4. Microsoft Office 95 atau juga dikenal dengan versi 7.0 Dirilis pada bulan Agustus 1995. Versi ini menggunakan 32-bit agar cocok dengan Windows 95. Office 95 tersedia dalam dua versi, Office 95 Standard dan Office 95 Professional. Yang versi standar terdiri dari Word 7.0, Excel 7.0, PowerPoint 7.0 dan Schedule+7.0. Versi professional terdiri dari semua yang ada di standar ditambah dengan Access 7.0.

5. Microsoft Office 97 (Office 8.0), Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya. Office 97 juga memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.

6. Microsoft Office 2000 (Office 9.0) Pada versi ini bayak opsi – opsi disembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga penting, tetapi kecil penggunaannya oleh orang awam. Jika ingin digunakan opsi ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah Macro. Mengapa disembunyikan? Karena bisa menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah versi terakhir yang bisa dijalankan di Windows 95. Pada versi ini juga tidak ada Product Activation. Enak kan? Product activation mulai ada di versi selanjutnya.

7. Microsoft Office XP. Bisa disebut sebagai versi 10.0 atau office 2002, merupakan upgrade besar – besaran dengan banyak perkembangan dan perubahan. Office XP mengenalkan fitur Safe Mode. Memungkinkan aplikasi contohnya Outlook untuk bisa booting ketika terjadi kesalahan. Safe mode memungkinkan Office untuk mendeteksi, membetulkan atau mem-bypass sumber dari permasalahan system, seperti registry yang corrupt. Lalu adanya fitur Smart Tag yang memungkinkan mengingatkan user bila ada pengetikan yang salah ejaan. Tetapi pada Office ini Smart Tag hanya bisa dijalankan di Word dan Excel. Office XP juga terintegrasi dengan perintah suara dan pendiktean kata, sebaik mungkin seperti penulisan tangan. Di versi ini ada product activation. Office XP mendukung Windows 98, ME, NT 4.0. Office XP juga dikenal sebagai yang pertama untuk versi Office yang bisa berjalan baik di OS Vista.

8. Microsoft Office 2003 (Office 11.0). Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009.

9. Microsoft Office 2007 (Office 12.0). Versi ini dirilis tahun 2007. Memiliki fitur baru. Juga adanya Groove, sebuah aplikasi kolaborasi. Office 2007 memiliki design tampilan baru yang bernama Fluen User Interface. Lalu adanya Ribbon UI sebagai pengganti menu dan toolbar. Untuk penginstallannya membutuhkan minimal Windows XP SP 2. Pada tahun 2009 Office ini sudah banyak dipakai sekarang dan mulai menggeser kedudukan Office 2003. Indonesia memang agak lambat untuk menyesuaikan diri dengan adanya peningkatan teknologi.

10. Microsoft Office 2010 (Office 14.0). Diselesaikan pada tanggal 15 April 2010, dan dibuat tersedia bagi konsumen pada tanggal 15 Juni 2010. Office 2010 diberi nomor versi 14,0, untuk menghindari nomor versi 13.0 karena takhayul yang berhubungan dengan nomor tiga belas. Fitur utama dari Office 2010 termasuk menu file, alat-alat kolaborasi baru, pita disesuaikan, melihat dilindungi dan panel navigasi. Microsoft Office 2010 juga dilengkapi dengan logo baru, yang mirip dengan logo 2007, kecuali di emas, dan dengan bentuk yang sedikit dimodifikasi.

11. Microsoft Office 2013 (Versi 15). Ms Office 13 menyediakan dukungan format file yang diperluas, antarmuka pengguna yang diperbarui dan dukungan untuk menyentuh dari semua fitur fitur baru. Office 2013 cocok untuk sistem IA-32 dan x64 dan memerlukan Windows 7, Windows Server 2008 R2 atau versi yang lebih tinggi dari keduanya. Sebuah versi Office 2013 termasuk dalam Windows RT. Dukungan utama berakhir pada 10 April 2018 dan dukungan yang diperpanjang berakhir pada 11 April 2023.

12. Microsoft Office 2016 (Versi 16). adalah versi dari paket aplikasi perkantoran Microsoft office, menggantikan kedua Office 2013dan Office untuk Mac 2011. Ini dirilis untuk OSX pada tanggal 9 Juli 2015 untuk pelanggan Office 365. Tanggal rilis resmi untuk Microsoft Office 2016 adalah 22 September 2015. Sebuah rilis pratayang untuk versi Windows diumumkan pada konferensi Ignite di Chicago pada bulan Mei 2015 dan dalam versi beta tersedia untuk pengguna Office 365 untuk mencoba atau untuk mengunduh sebagai percobaan beta.

Sebagai versi terbaru Micosoft Office 2016 saya akan membahas sedikit tentang kelebihan dan kekurangannya dibandingkan versi sebelumnya.

KELEBIHAN MICROSOFT OFFICE 2016

1. Ms Office 2016 Mendukung Berbagai Perangkat
Sekarang anda dapat menggunakan Ms Office 2016 dalam berbagai perangkat diantaranya Desktop, Laptop, Tablet dan bahkan pada smartphone dengan spesifikasi tertentu. Dengan dukungan yang dapat dipakai diberbagai perangkat ini, diharapkan pengguna dapat memaksimalkan aplikasi ini dalam membantu pekerjaan maupun untuk kegiatan lainnya dimana saja disaat membutuhkan aplikasi tersebut. Selain itu anda dapat terhubung dengan Ms Office 2016 dan juga dapat mengaksesnya dalam satu akun aktif. Karena untuk menggunakan aplikasi ini anda bisa melakukan log in terlebih dahulu, jadi file-file yang telah dibuat atau sedang dalam proses juga bisa dikerjakan dalam perangkat yang berbeda dengan akun yang sama.

2.Share Dan Invite Dokumen
Share dan invite dokumen menjadi fitur menarik bagi anda yang ingin mengerjakan dokumen, namun membutuhkan bantuan orang lain untuk mengoreksi, meminta, membagikan bahkan mengedit bersama. Ms Office 2016 ini menggunakan fitur share, yang mana anda dapat membagikan dokumen melalui email, berbagi link atau bahkan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Weibo dan LikedID. Dengan begitu, kehadiran aplikasi Ms Office terbaru ini menjadikan pekerjaan anda lebih mudah untuk berbagi atau meminta file ke teman atau rekan kerja tanpa melalui media penyimpanan seperti flashdisk untuk menyalinnya, cukup perlu akses internet. Bagi anda yang ingin memposting ke blog, anda juga dapat langsung mengetik dokumen yang perlu diposting, karena Ms Office ini mendukung untuk memposting dokumen dengan basis wordpress, blogger, sharepoint dan lainnya. 

3. Tampilan Menarik Dan Penambahan Fitur Tell Me
Antarmuka Ms Office 2016 menyediakan tampilan yang tidak membosankan dengan berbagai pilihan warna tema yang telah disediakan serta background yang dapat diubah-ubah sesuai selera agar tidak jenuh saat mengetik dokumen atau membuat presentasi yang banyak. Ditambahkannya fitur "Tell Me" juga memudahkan dalam pengoperasian. Cara kerja fitur ini hanya dengan mengetikkan aplikasi apa yang akan digunakan yang terdapat pada Ms Office maka akan muncul dibawahnya dan tinggal di klik untuk menggunakannya.

4. Excel lebih powerfull
Dengan ditambahkannya banyak fitur baru yang powerful seperti Data Cards, Rename Table / Column / Field di Power Pivot, Data Analysis, PowerView, dsb. dapat membuat kinerja kita lebih powerfull di excel.

5. Sinkronisasi antar device
Memungkinkan terjadinya sinkronisasi antar-device dalam Office 2016, seperti Laptop ke PC, PC ke Tablet, Tablet ke Smartphone, dll.

6. Lebih ringan dalam menggunakan memory
Yap! Ini bisa dibilang yang paling penting dalam suatu lepi atau kompi agan dalam menggunakan suatu aplikasi ataupun game. Jadi bisa dibilang Microsoft ini menurut ane lebih enteng daripada Microsoft pendahulunya. Walaupun masih bisa dibilang agak setara dengan Microsoft 2013, tapi menurut ane sih lebih enteng yang ini. Karena proses jika menggunakan Microsoft 2016 ini agak cepat dibanding 2013.

7. Bisa login dengan akun Microsoft
Hal ini memang sudah ada di Microsoft 2013, tetapi masih saya sebutkan disini karena ini sudah termasuk kelebihan di Microsoft 2016 ini pula. Karena ada banyak Microsoft yang blum bisa login Contoh: Microsoft 2003 & Microsoft 2007

8. Mempunyai Quick Acces Toolbar
Quick acces toolbar yang ada di Microsoft 2016 ini dapat ditambah dan dikurangi sesuai keinginan dan keperluan agan-agan sekalian.


KEKURANGAN MICROSOFT OFFICE 2016

1.Tidak Dapat Digunakan Untuk PC Berplatform Windows 7 Kebawah
Bagi anda yang ingin menggunakan office 2016, harus mengupgrade dahulu pc anda ke windows7, 8 atau 10 dan untuk android juga hanya dapat dijalankan minimum kitkat, sedangkan untuk produk iphone adalah iOS 8.0 (minimum).


2. Tidak Gratis/Berbayar
Tidak seperti  Windows 10 kemarin yang gratis, kali ini office 2016 akan dibanderol dengan beberapa harga yaitu : untuk Office Home & Student 2016 dijual dengan banderol harga 120 dollar AS (sekitar Rp 1,6 juta) sedangkan untuk versi Office Home & Business, Microsoft menjualnya dengan harga 290 dollar AS (sekitar Rp 4,2 juta).


BAB III 
KESIMPULAN

Microsoft Office merupakan sebuah software atau yang biasa disebut aplikasi yang mempunyai seperangkat paket perkantoran yang di buat oleh perusahaan Microsoft dan program itu sendiri di rancang untuk di gunakan dibawah naungan sistem Mac OS X atau yang umum sekali di jalankan pada sistem Microsoft Windows.

Menurut orang-orang yang sudah menggunakannya Microsoft Office 2016 memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan Microsoft Office sebelumnya. Microsoft Office 2016 diciptakan untuk memudahkan para pekerja kantoran yang menginginkan bekerja di luar kantor, namun tetap terhubung dengan kantor.

Dengan adanya perkembangan Microsoft Office kita mampu membuat ataupun mengolah suatu data yang kita inginkan dengan cepat, mudah, dan praktis. Untuk itu jika kita ingin mempermudah pekerjaan kita ikuti perkembangan yang ada agar kita semakin mudah untuk memperoleh hasil yang kita inginkan, dan jangan lupa untuk mengganti Microsoft Office dengan yang terbaru agar kita dapat mengikuti dan menikmati perkembangan yang semakin mempermudah kita.

BAB IV 
PENUTUP

Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi Perkembangan Teknologi Informasi  tentang Microsoft Office, tentunya masih banyak kekurangan, kerena terbatasnya pengetahuan serta referensi yang berhubungan dengan Microsoft Office.

Saya sangat berharap para pembaca yang bijaksana bisa memberikan kritik dan saran yang membangun kepada saya demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan berikutnya.

Semoga makalah ini berguna bagi saya pada khususnya juga para pembaca yang bijaksana.

terima kasih.

Ditulis Oleh : kumpulan karya tulis ilmiah // 2:03 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment