Wednesday, October 14, 2009

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM : 1 Analisa Sistem Yang Sedang Berjalan - Analisa sistem merupakan penguraian daripada sistem yang utuh kedalam bagian-bagian komponenya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi masalah-masalah yang terjadi
Untuk mendapatkan kinerja yang baik dari suatu pekerjaan, dapat diperoleh melalui sistem kinerja yang terkordinir dengan baik. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan perbaikan terhadap sistem yang lama dengan membuat suatu rancangan sistem yang baru dapat memberikan hal yang baik daripada sistem yang lama.
Berdasarkan hasil pengamatan lansung pada Dinas Pertambangan dan Energi Tapanuli Utara, proses pengolahan data yang dilakukan pada Dinas Pertambangan dan Energi Tapanuli Utara adalah sebagai berikut:
  1. Masih menggunakan cara manual dalam mengolah data Perolehan Izin Pertambangan, sehingga memungkinkan terjadinya kekeliruan.
  2. Masih menggunakan cara manual dalam mengolah data dari potensi bahan tambang.
Prosedur Pengolahan Data
Sistem yang sedang berjalan pada kantor Dinas Pertambangan dan Energi Tapanuli Utara, khususnya proses mendapatkan data secara cepat, tepat dan efisien masih dilakukan secara manual, sehingga untuk mendapatkan informasi data-data tentang pemetaan daerah pertambangan masih mengalami kesulitan. Sistem pertimbangan pemetaan daerah pertambangan masih dilakukan secaraa manual, sehingga sistem informasi yang akan dihasilkan kurang efisien, sehingga masih memerlukan sistem yang lebih lanjut untuk menghasilkan informasi yang cepat, tepat dan akurat.

Aliran Informasi (Flow of Document)
Aliran sistem informasi bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses berjalannya sistem yang ada dan untuk mengetahui masalah-masalah yang ada pada sistem tersebut. Pada sistem yang lama masih terdapat kekurangan maka dapat disempurnakan dengan sistem yang baru. Untuk lebih jelasnya mengenai aliran sistem informasi yang sedang berjalan pada Dinas Pertambangan dan Energi Tapanuli Utara.
Tujuan dari aliran sistem informasi adalah untuk menggambarkan proses dari dokumen-dokumen yang ada dalam sistem. Sistem yang digunakan sekarang menuntut diadakannya pengembangan terhadap sistem yang lama.
Untuk lebih jelasnya mengenai aliran sistem informasinya yang sedang berjalan pada kantor Dinas Pertambangan dan Energi Tapanuli Utara. Dapat dilihat pada gambar aliran sistem informasi yang sedang berjalan berikut ini:

Analisa Kelemahan Formulir Input/Output
Untuk memperoleh data pemetaan daerah penambangan pada kantor Dinas Pertambangan dan Energi Tapanuli Utara harus membuka satu persatu file-file yang ada di komputer secara manual dan memakan waktu yang lama. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka kelemahan sistem yang sedang berjalan sebagai berikut:
  • Informasi data yang sudah mendapat permohonan izin pemetaan daerah penambangan sangat terbatas dan untuk mengetahui data daerah penambangn yang sudah mendapat perizinan lama diperoleh.
  • Dengan memiliki yang sedang berjalan sekarang ini, harus memiliki tenaga kerja yang banyak.
  • Dalam memberikan data sering terjadi kesalahan.
  • Informasi yang sewaktu-waktu ingin dibutuhkan tidak dapat di layani dengan cepat.
Perancangan Sistem yang Diusulkan
Merupakan suatu yang sangat penting setelah tahap pendefinisian kebutuhan-kebutuhan fungsional. Pada perancangan sistem ini digambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk dan persiapan untuk rancang bangun.
Alat bantu yang digunakan pada perancangan sistem ini yaitu menggunakan bagan alir dokumen atau termasuk dalam salah satu bagian dari System Flowchart , yang merupakan salah satu dari tool dari pengembangan secara terstruktur.

Ulasan Sistem Baru
Sistem yang akan dirancang ini merupakan perubahan dari sistem dokumentasi nilai yang sedang berjalan. Dalam pengoperasiannya sistem ini menggunakan komputer sebagai alat bantu dan didukung oleh program aplikasi yang dibuat dari Visual Basic, untuk menginputkan data-data yang diperlukan, seperti : Data Propinsi, Data Kabupaten, Data Perusahaan

Ditulis Oleh : Unknown // 8:44 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment