Thursday, October 15, 2009

Struktur Kepemimpinan Harian Surat Kabar


1. Tugas dan Tanggung Jawab Pada Harian Waspada Medan
Komisaris
Komisaris dipilih dan diberhentikan oleh RUPS, tugas komisaris antara lain: mengawasi dan berhak membebastugaskan direksi untuk sementara jika melanggar anggaran dasar, menggantikan kedudukan direksi selama direksi tidak dapat menjalankan fungsinya, menyelenggarakan rapat umum, luar biasa para pemegang saham jika diperlukan. Dalam hal ini karena PT. Harian Waspada berbentuk perseroan tertutup, maka komisarisnya adalah masih salah satu anggota keluarga.

Direksi
Direksi dipilih dan diberhentikan oleh RUPS. Tugasnya antara lain: 
Mengatur segala urusan perseroan terbatas
Mengelola Kekayaan perseroan terbatas
Sebagai wakil perusahaan di muka dan diluar pengadilan
Mengawasi pelaksanaan pemimpin umum, atau pemimpin redaksi
Memilih pegawai untuk tingkat pimpinan
Menentukan bentuk dan struktur organisasi dan memonitor lajunya perkembangan perusahaan.
Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi dipilih dan diberhentikan oleh direksi. Pada Harian ini pemimpin Umum merupakan pemimpin tertinggi. Tugas dan kewajiban Pemimpin Umum adalah: membuat kebijaksanaan keputusan dan peraturan-peraturan, membimbing dan membina penyelenggaraan perusahaan, mengangkat dan memberhentikan, memutasikan serta membina kepangkatan setiap personil berdasarkan surat penetapan dan bertanggung jawab sepenuhnya kepada direksi, dapat menyerahkan/mendelegasikan kekuasaannya kepada setiap dewan redaksi. Dalam melaksanakan tugas tersebut di atas, Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi di bantu oleh staf eksekutif serta para anggota dewan yaitu:
Eselon Pemimpin, terdiri dari Wakil Pemimpin Umum dan Pemimpin Redaksi.
Eselon Pelayanan terdiri dari Direksi Redaksi dan Direktur Pelaksana Redaksi.
Eselon Pelaksana Usaha terdiri dari Managing Editor dan Pemimpin Perusahaan.
Staf Ahli

Staf Ahli bertugas memberikan nasihat-nasihat kepada pemimpin umum dalam hal pemecahan persoalan- persoalan dan pengambilan keputusan, staf ini tidak berhak memerintah bawahan, ia hanya berfungsi sebagai penasihat pemimpin umum.
Direksi Redaksi

Bertugas sebagai pengawas perantara pemimpin umum terhadap tata kerja dewan pelaksana redaksi.
Dewan Pelaksana Redaksi

Dewan Pelaksana Redaksi yang berintikan para anggota senior redaksi, di angkat dan di berhentikan oleh pemimpin umum. Dewan ini secara rutin membantu pimpinan dalam Penyelengaraan Harian Waspada, seperti dalam hal mengawasi materi Harian Waspada mengenai gaya dan bahasa, garis politik, kode etik jurnalistik serta pelaksanaan dalam pengembangan Harian Waspada.
Managing Editor (ME)

Di angkat dan di berhentikan oleh pemimpin umum dan bertanggung jawab terhadap bidang, keredaksian yang menyangkut teknis pemberitaan yang slap untuk disiarkan. Dalam usaha untuk memajukan pemberitaan baik dari segi idiil maupun komersil, managing editor ini harus menguasai aspek-aspek yang meliputi bidang politik, berita, periklanan, keuangan, personalia maupun organisasi. Untuk mendukung kelancaran tugasnya, managing editor dibantu oleh beherapa staf senior yaitu staf senior -yang membahas masalah non teknis yang terdiri dari redaktur litbang dan redaktur human serta staf senior yang membahas masalah teknis yang terdiri darii Asisiten Managing Editor Umum (AME Umum) dan Asisiten Managing Editor Berita (AME Berita), desk naskah dan desk produksi serta sekretaris produksi.

Asisiten Managing Editor Berita (AME Berita)
Membantu ME meliputi khusus bidang berita, yang mencakup berita: kota/daerah/nasiorial/luar negeri dan olah raga. Secara rutin mcmpertiattkan serta meneliti setiap berit", , yang masuk, menyunting berita-berita maupun membuat Judul berita berikut ukuran kolomnya untuk setiap halaman yang telah ditentukan pimpinan, selanjutnya menetapkan headline (induk bents) pada setiap halaman, serta menetapkan penempatan dan ukuran fotonya. Untuk mendukung kelancaran tugasnya, AME Berita dibantu oleh redaktur kota, redaktur daerah, redaktur nasional, redaktur luar negeri serta redaktur olah raga.

Asisiten Managing Editor Umum (AME Umum)
Membantu Managing Editor (ME) dalam bidang umum non berita seperti masalah agama, tajuk, karangan dan laporan khusus secara. rutin in memperhatikan setiap judul naskah berikut ukuran kolomnya setiap halaman yang ditentukan oleh Managing Editor (ME), selanjutnya penempatan dan ukuran foto-fotonya. Untuk mendukuno, kelancaran tugasnya AME Umum dibantu oleh redaktur rubrik, desk agama. redaktur tajuk/karangan/laporan khusus. 

Redaktur Litbang
Membantu pimpinan dalam bidang penelitian dan pengembangan. Meneliti Berta mendata bidang pembinaan personalia redaksi mulai dari penerimaan hingga mutasi maupun penugasan khusus dari masing-masing karyawan, membantu managing editor dalam penetapan isi halaman depan dan bersama staf senior melakukan penelitian/pemeriksaan terhadap semua tulisan/artikel penulis sebelum diterbitkan.

Redaktur Dumas
Secara rutin membantu managing, editor dalam bidang, pembinaan hubungan dengan pihak luar baik yang menyangkut bidang promosi maupun redaksionil, mencakup pengelolaan surat-surat dari pembaca baik untuk tujuan penyiaran maupun berita balasan.

Desk Produksi
Secara struktural dan fungsional dalam manajemen redaksional adalah merupakan sub bagian dari desk naskah, dimana tugasnya mengatur kelancaran penyelenggaraan penerbitan Harian Waspada pada tahap produksi. Secara berhubungan dengan kepala desk naskah (umum dan berita) untuk menerima naskah/berita yang di terbitkan serta dengan kepala unit komputer grafik (yang berstatus di luar garis organisasi redaksi waspada) untuk menerima bahan/naskah/berita yang sudah di set dan selanjutnya untuk di law out di sertai foto-­foto yang akan di terbitkan kepada bagian percetakan atau unit reprografik secara bertahap halaman demi halaman yang telah di selesaikan di lay outnya. Secara garis besar lingkup operasi dari desk produksi ini adalah :

Pembuatan desain lay out halaman.
Penyerahan bahan-bahan (naskah berita, naskah judul, foto) kepada bagian percetakan (unit komputer grafik dan unit reprografik)
Pelaksanaan koreksi naskah.
Pelaksanaan koreksi lay out tempel halaman.
Penyerahan hasil lay out kepada bagian percetakan secara bertahap.

Desk Naskah Umum dan Berita
Secara rutin selalu berhubungan dengan para redaktur pelaksana, konsultasi kepada Asisten Managing editor sesuai dengan bidangnya, selanjutnya menyerahkan bahan/naskah tersebut kepada unit komputer garfik metalui kepala desk produksi. Desk naskah ini bertanggung jawab kepada Asisten Managing Editor masing-masing, koordinasi kerja dengan kepala desk produksi, redaktur pelaksana dan bila perlu turut hadir dalam membahas isi dan tata rupa halaman-halaman Harian waspada.

Pemimpin Perusahaan
Bertugas sebagai pembantu umum dari pemimpin umum dalam hal kelancaran kerja perusahaan sehari-hari di bidang operasional serta administrasi keuangan dan administrasi umum. Untuk kelancaran tugasnya sebagai pimpinan perusahaan secara rutin maka di bantu oleh manajer keuangan, pemasaran, umum dan periklanan.

Sekretaris Redaksi
Bertanggung jawab sepenuhnva atas kelancaran arus kerja di lingkungan staf redaksi Harian Waspada dan berkewajiban menguasai seluruh bidang kesekretariatan redaksi beserta karyawannva serta melayani pera redaktur/kepala desk/staf redaksi. Sekretaris redaksi berkewajiban meneliti, memeriksa kas, bon, honor maupun bukti pembayaran lainnya secara cermat sehingga tak merugikan perusahaan maupun penerimanya. Sekretaris redaksi di angkat dan di berhentikan oleh pemimpin umum atas saran dan petunjuk managing editor.

Manajer Keuangan
Bertanguyung jawab dalam hal mengkoordinasi dan mengawasi segala kegiatan keuangan perusahaan serta membuat laporan pertanggung jawaban masalah keuangan secara lengkap, serta mengetahui rentabilitas dan solvabilitas perusahaan. Dalam pelaksanaan tugasnya dibantu oleh kepala bagian staf penelitian.

Manajer Pemasaran
Bertugas untuk mengkoordinir dan mengawasi tentang pelaksanaan kerja seluruh staf pemasaran, sebagai pembantu utama pemimpin perusahaan bidang pemasaran gang meliputi semua pesanan, mempromosikan dan mencari relasi sebanyak mungkin untuk mengembangkan usaha unit pemasaran serta melakukan pemasaran atas seluruh kegiatan pemasaran mulai dari perencanaan pemasaran sampai dengran pelaksanaan rencana pemasaran tersebut. Dalam pelaksanaan tugasnya secara rutin di bantu oleh bagian sirkulasi dan promosi kepala bagian administrasi pemasaran dan litbang (market researcher).

Manajer Umum
Bertugas untuk mengkoordinir dan mengawasi tentang, pelaksanaan kerja seluruh staf/bagian umum, sebagai pembantu umum pemimpin perusahaan di bidang umum pekerjaan yang bersifat umum kepala bagian gudang, kepala bagian dinas khusus dan koordinator satpam.

Manajer periklanan
Bertugas untuk mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan kerja seluruh staf periklanan yang meliputi seluruh order pemasangan iklan serta mencari relasi iklan sebanyak mungkin untuk mendapatkan order dalam usaha mengembangkan periklanan. Dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari, manajer periklanan di bantu oleh kepala bagian administrasi periklanan.

Kabag sirkulasi dan Promosi
Tugas bagian ini antara lain: menyusun rencana kerja administrasi intern urusan promosi, melaksanakan serta mengawasi seksi dari operasional penjualan dan penyalurannya, mengawasi pelaksanaan promosi dalam hal bagian promosi dibantu oleh bagian periklanan dalam menjalankan tugasnya. Jadi di sini saling membantu dalam kelancaran usaha, melakukan monitoring kepada masyarakat terhadap terbitan Harian Waspada. Dalam pelaksanaan tugasya dibantu oleh seksi penjulan dan distribusi/ekspedisi.
Seksi Penjualan

Mempunyai tugas dan kewajiban antara lain: melakukan serta mengawasi penjualan hasil produksi, mengatur pembagian jatah koran, menerima dan menyelenggarakan pengaduan dan masyarakat tentang pengedaran koran karena pengiriman koran terlambat dan lain-lain.
Seksi Distribusi/Ekspedisi

Tugas dan kewajibannya antara lain: mengatur pengiriman koran kepada agen, termasuk pekerjaan menghitung, membungkus dan membuat alamat masing­-masing, tujuan, baik dalam maupun luar kota. Dalam hal ini seksi distribusi bekerja sama erat dengan seksi penjualan. Selain itu seksi ini juga bertugas mengatur perigiriman baik melalui kendaraan perusahaan, maupun lewat angkutan umum.
Litbang (Market Researcher)

Bertugas melakukan riset pemasaran yang bekerja sama denuan urusan sirkulasi untuk kemudian dilaporkan kepada pimpinan bagian pemasaran.

Kabag Administrasi Pemasaran
Tugasnya adalah mengatur segala urusan yang menyangkut administrasi pemasaran antara lain pencatatan terhadap hasil-hasil penjualan, membuat laporan harian tentang oplah yang diterima dan didistribusikan, mengatur keseluruhan administrasi pemasaran dibantu oleh seksi administrasi penjualan dan umum.

5. Pelaksanaan Promosi dan Distribusi Pada PT. Harian Waspada Medan
a. Pelaksanaan Promosi Pada PT. Harian Waspada Medan
Untuk mencapai omzet penjualan yang di harapkan tergantung, pada berbagai kebijaksanaan yang di jalankan. Salah satu kebijaksanaan yang paling penting di tempuh oleh seorang manajer adalah menerapkan kebijaksanaan marketing mix yang meliputi : kebijaksanaan produk, harga, promosi dan distribusi.

Promosi yang dilaksanakan oleh perusahaan sebagai bagian dari marketing mix merupakan salah satu keputusan penting yang diambil oleh pimpinan perusahaan. oleh karena itu kebijaksanaan yang diambil harus tepat, karena suatu program promosi vang berhasil akan dapat meningkatkan omzet penjualannya, sehingga program promosi perusahaan harus dilakukan secara efeklif dan efisien.

Untuk menghadapi persamaan pasar dalam menarik pelanggan, PT. Harian Waspada Medan menerapkan strategi promosi dengan penerapan bauran promosi sebagai berikut:

1. Periklanan
Perusahaan mengadakan periklanan untuk menvarnpaikan informasi tentang produk perusahaan. Informasi ini dilakukan secara teratur unuk mengingatkan konsumen akan hasil produksi dari perusahaan. Media-media yang digunakan oleh PT. Harian Waspada Medan adalah:

Surat Kabar
Surat kabar adalah cumber informasi vang penting bagi setiap prang. Surat kabar merupakan media vang diharapkan perusahaan untuk dapat nieniangkau seluruh daerah van(.) menjadi sasaran pemasaran bagi perusahaan. Dengan banyaknya masyarakat yang membaca surat kabar, maka diharapkan mereka akan dapat memperoleh informasi tentang produk vano- ditawarkan perusahaan. Surat kabar yang digunakan

Ditulis Oleh : Efendi Pakpahan // 10:20 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment