Tuesday, July 9, 2013

Target: Pilar-pilar Keberhasilan

Target Wirausaha
Orang yang sukses menentukan target, dan untuk bisa memperoleh kebahagiaan seseorang harus yakin bahwa dia mempunyai sebuah target yang penting. Dunia terbuka lebar bagi mereka yang tahu arah yang dituju. Sesungguhnya konsep untuk mencapai sukses dimulai dari diri anda sendiri, jelasnya dimulai dari cara anda berpikir. Jadi mulailah dengan sikap mental yang positif.

Hal yang sangat berhubungan dengan konsep tersebut adalah tekad anda dalam mengatasi kegagalan. Selanjutnya sikap tersebut akan meningkatkan kemampuan anda untuk melihat kemungkinan-kemungkinan dan kesempatan-kesempatan yang tak habis-habisnya muncul di sekeliling anda. Kalau sudah demikian, niscaya bukan hanya sekedar visi yang memberi kekalutan anda dalam aktivitas anda sehari-hari yang anda mampu kembangkan, tetapi anda juga akan mampu untuk mengembangkan misi yang lebih khusus lagi dalam kehidupan anda.

Target: Pilar-pilar Keberhasilan
Cara berpikir yang tepat memberikan dasar yang kuat untuk mencapai keberhasilan. Tetapi itu hanya bagian pertama dari strategi-strategi keberhasilan. Setelah anda membentuk dasarnya, maka anda sudah bisa mulai membangun keberhasilan di atasnya. Untuk meraih keberhasilan, anda harus membuat target.

Sampai saat ini, kita sudah cukup banyak membahas tentang keberhasilan, tetapi kita belum menjabarkan apa artinya sukses itu. Kalau Kita tanyakan kepada 10 orang yaitu mendefinisikan apa arti sukses, bisa jadi anda akan mendapat 10 jawaban yang berbeda. Ada yang mengukur sukses itu dengan jumlah uang yang didapat, sedangkan yang lain berpendapat bahwa sukses itu kalau kita bisa menjadi orang tua yang baik. Namun, tidak sedikit juga orang yang beranggapan bahwa ia dapat dikatakan berhasil jika dapat mengembangkan potensi pada profesinya.

Berikut ini adalah definisi orang-orang yang berhasil: orang yang praktis adalah orang yang tahu cara mendapatkan apa yang diinginkannya. Sedangkan filsuf adalah orang yang mengerti keinginan orang lain, dan orang yang berhasil adalah orang yang mengetahui cara mendapatkan apa yang menjadi keinginannya. Salah satu definisi terbaik tentang arti sukses adalah definisi tersebut diikuti semua orang, apapun yang menjadi tujuan hidupnya. Dengan cara ini kita bisa merancang sukses sesuai norma dan visi anda sendiri.

Pada saat yang sama, anda bisa melihat bagaimana pentingnya target tersebut. Tanpa target, keberhasilan takkan pernah dicapai, karena kita dapat dikatakan berhasil justru kalau dapat mencapai target-target yang telah kita tentukan sendiri. Kenyataannya, target ini malahan lebih menentukan dibandingkan dengan hasil akhir yang diinginkan karena sangat membantu dalam perjalanan kita menuju pintu sukses. Oleh karena itu, target bisa diibaratkan sebagai tonggak-tonggak penunjuk arah menuju sukses.

Berikut ini beberapa kepentingan ataupun keutamaan dalam menetapkan sebuah target.
1. Target memotivasi kita
Ketika anda sudah menentukan target-target anda, maka target-target itu akan berjalan dengan dua arah: anda bekerja untuknya dan sebaliknya target-target itu bekerja untuk anda. Target itu akan memberi sasaran yang jelas untuk anda capai. Jika anda menjalankannya dan menyelesaikannya, maka anda akan mendapatkan perasaan puas dan lea. Bagi sebagian orang, merancang target dan berusaha untuk mencapainya bisa merupakan tantangan yang mengasyikkan. Lama kelamaan, ketika anda terus bersemangat untuk mencapai target-target tersebut, cara anda bekerja maupun berpikir akan berubah.

2. Target memacu keinginan
Seiring kita bertemu dengan orang yang tidak bahagia dengan kehidupannya dan keadaan di sekelilingnya. Tahukah anda bahwa 98 dari 100 orang yang tidak puas dengan kehidupannya ternyata tidak punya gambaran yang jelas akan kehidupan yang mereka inginkan! Mereka tidak punya target untuk meningkatkan kualitas kehidupan mereka. Mereka tidak punya arah yang akan dituju. Akibatnya mereka terus saja hidup dengan keadaan yang sama tanpa ada usaha untuk merubahnya.

3. Target memacu cara kerja
Cara orang mengatasi masalah sangat tergantung pada cara mereka memandang target mereka. Kalau mereka mempunyai target yang mereka anggap tidak penting, maka pekerjaan yang mereka lakukan untuk menyelesaikannya pasti asal saja. Sebaliknya, kalau target-targetnya dianggap sangat penting, maka penyelesaiannya pasti dilakukan dengan serius. Oleh karenanya, amatlah penting untuk menyusun target berdasarkan visi anda. Jika target dana mendorong visi anda, maka usaha anda untuk menyelesaikan target itu semakin kuat.

4. Target membuat prioritas kita terpelihara
Salah satu pentingnya menyusun target adalah karena hal itu membatu kita untuk menentukan prioritas kita sehari-hari. Tanpa target, kita cenderung untuk mengerjakan hal-hal yang tidak akan menghasilkan apa-apa bagi tujuan kita. Orang yang lupa menentukan mana yang lebih penting untuk diprioritaskan akan segera menjadi budak. Pepatah yang mengatakan: “Kebijakan, adalah seni memahami apa yang perlu diperhatikan”.

5. Target dapat menyalurkan dan memaksimalkan potensi kita
Untuk mencapai potensi anda, anda harus terus memfokuskan diri pada bidang yang sesuai dengan kemampuan anda dan yang berpeluang memberikan hasil besar. Hasil yang anda dapat dengan mencapai target anda sebenarnya menjadi kurang berarti bila dibandingkan prestasi anda sewaktu mencapainya.

6. Target memberi kita kekuatan untuk hidup di masa kini
Orang-orang yang sukses adalah mereka yang hidup dan bekerja di masa sekarang. Karena memang dalam masa sekaranglah mereka paling mempunyai kekuatan untuk memenuhi target mereka. Ungkapan yang tepat untuk itu adalah “Kalau anda berkhayal tentang masa depan atau menyesali masa lalu, maka masa sekarang yang sedang anda jalani akan lepas begitu saja dari anda”.

Walaupun memang benar bahwa target adalah sesuatu yang akan dipenuhi pada masa depan, tetapi target ini membuat kita bersemangat dimasa sekarang. Mungkin anda bertanya, “Bagaimana mungkin?” tentu saja mungkin, karena dengan target tugas-tugas yang sebenarnya lebih besar terlihat sebagai rangkaian dari tugas-tugas yang lebih kecil.

Untuk memenuhi setiap visi, diperlukan penyusunan dan sekaligus pencapaian serangkaian target-target. Pencapaian setiap target adalah hasil dari pemenuhan atas target yang lebih kecil. Jadi, jika kita dapat berkonsentrasi pada apa yang harus anda lakukan pada saat sekarang dengan penuh kesadaran bahwa usaha itu dilakukan untuk mencapai target anda dalam rangka memenuhi isi anda, niscaya anda akan sukses.

7. Target memperlancar komunikasi kita
Dengan menfokuskan diri pada target, komunikasi yang kita lakukan jadi semakin lancar. Ambil saja contoh ahli-ahli pidato/komunikasi yang mungkin anda pernah dengar namanya. Dari sana akan terlihat bahwa ada kesamaan di antara mereka yakni: kepandaian untuk mengemukakan ide-ide yang sebenarnya rumit dengan cara yang sederhana dan mudah dimengerti. Dengan kata lain, mereka mampu untuk mengatur ide-ide tersebut hingga terfokus. Karena itulah, lebih mudah bagi Kita untuk menangkap apa yang mereka ingin sampaikan.

Dalam menyusun target, kit adapt menggunakan cara seperti dikemukakan di atas, karena dengan target kita dapat mengatur ide-ide untuk masa depan kita. Selanjutnya, karena ide-ide itu sudah teratur dan terfokus, maka akan lebih mudah bagi kita untuk mengkomunikasikannya kepada orang lain.

8. Target memacu semangat dalam sebuah organisasi
Salah satu masalah yang sering terdapat dalam sebuah organisasi atau perusahaan adalah kurangnya rasa semangat diantara para anggota/pekerja. Banyak diantar mereka hanya mengikuti irama tugas yang diberikan tanpa tahu untuk apa mereka bekerja. Pekerja yang tanpa rasa semangat jelas tidak akan berprestasi.

Dengan kata lain, jika di dalam organisasi kita mempunyai target, maka semangat dan kemampuan bekerja kita akan sangat tinggi. Dengan target, di hadapan Kita ada sesuatu yang kita bisa capai. Di samping itu, dengan target seluruh pekerja mempunyai sesuatu untuk dituju. Akhirnya, target bisa memotivasi setiap pekerja karena mereka sadar bahwa apa yang mereka kerjakan itu adalah dalam rangka mencapai suatu target.

9. Target membantu kita untuk mengevaluasi kemajuan
Masalah yang banyak dialami oleh orang-orang yang gagal adalah karena mereka jarang mengevaluasi kemajuan. Kebanyakan dari mereka tidak sadar bahwa evaluasi diri sendiri adalah penting, selain itu ada juga yang tidak tahu caranya mengukur kemajuan itu.

Target sangat penting untuk evaluasi. Jika target anda sudah spesifik dan wajar, maka anda dapat mengukur seberapa jauh kemajuan yang anda buat saat ini dengan target anda. Dengan target ini anda tidak akan mengalami hal yang janggal.

10. Target memacu kita untuk membuat perencanaan
Orang-orang yang sukses selalu lebih menjaga kemungkinan (proaktif) dari pada bereaksi (reaktif). Mereka selalu membuat perencanaan. Mereka tidak menunggu sampai orang lain menyuruh apa yang akan mereka kerjakan. Mereka tidak akan biarkan orang lain mendikte mereka. Seseorang yang tidak membuat perencanaan tidak akan pernah maju.

Target membantu kita untuk membuat rencana. Target memacu kita untuk menggunakan langkah-langkah yang tepat demi tercapainya segala yang kita inginkan. Jadi, jika anda hendak melangkah untuk mencapai sesuatu, buatlah target.

Ditulis Oleh : Unknown // 5:30 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment