Wednesday, October 19, 2016

Contoh Metode Penelitian Skripsi Ekonomi Akuntansi

BAB III
METODE PENELITIAN


A. Jenis Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Penelitian Notoatmojo, (2005:67) menyatakan bahwa “penelitian deskriptif digunakan untuk memecahkan atau menjawab permasalahan yang sedang dihadapi pada situasi sekarang”. Penelitian desktiptif memusatkan perhatian pada masalah-masalah aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian berlangsung. Melalui penelitian deskriptif, peneliti berusaha mendeskripsikan peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap peristiwa tersebut.

B. Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di PT Perkebunan Nusantara III Persero yang berlokasi di Jl. Sei Batanghari No. 2 Medan 20122 Kotak Pos 91, Proponsi Sumatera Utara – Medan.

C. Sumber Data Penelitian
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data primer didapat dari wawancara atau interview, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen yang berkaitan dengan penelitian.

D. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara. Wawancara merupakan “alat pengumpul data dengan menggnakan tanya jawab antara pencari informasi dari sumber informasi” (Hadari, 1996: 111). Dalam pengmpulan data peneliti menggunakan wawancara tidak terarah (non directed). Wawancara tidak terarah yakni wawancara yang bersifat santai, bebas dan memberi informan kebebasan sebesar-besarnya untuk memberikan keterangan yang ditanyakan.

E. Teknik Analisis Data Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif adalah “metode yang digunakan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi pada situasi yang sekarang yang dilakukan dalam menempuh langkah-langkah pengumpulan data, klarifikasi dan analisis pengolahan dan membuat gambaran tentang suatu keadaan secara objektif dan suatu deskriptif” (Ali, 2000). Dalam penelitian ini, efektivitas dapat dilihat dari perbandingan antara proses pelaksanaan Program Kemitraan dengan hasil yang telah dicapai sesuai dengan tujuan dari program kemitraan, yang pada penelitian adalah perkembangan UMKM yang menjadi mitra binaan PT Perkebunan Nusantara III Persero itu sendiri. Untuk mengetahui sejauh mana efektivitas program dalam penelitian ini digunakan dua fokus yaitu: Proses Pelaksanaan Program Kemitraan dan Dampaknya terhadap perkembangan UMKM Mitra Binaan.

Ditulis Oleh : kumpulan karya tulis ilmiah // 9:21 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment