Saturday, June 8, 2013

Sistem Keamanan Komputer

Sistem Keamanan Komputer : Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi, khususnya di bidang teknologi komputer dan jaringan, maka mau tak mau keamanan menjadi isu yang kerap kali dibahas, mulai dari ancaman langsung para cracker(hacker jahat) hingga ancaman yang dilakukan melalui suatu program yang disebut malcode (malicious code). Suatu program atau script apapun yang bersifat merusak atau merugikan dapat dikategorikan sebagai malcode termasuk virus komputer, worm maupun Trojan horse. 

Maraknya penyebaran virus, worm sampai trojan horse, ternyata semakin memberikan semangat bagi para pembuat virus lokal untuk terus berkarya. Di Indonesia perkembangan virus dan worm lokal mulai menunjukkan aktifitas yang cukup signifikan di awal era millennium. Motif dari penyebaran virus bermacam-macam, mulai dari hanya sekedar “pamer”, pesan moral bahkan sampai perusakan dan pencurian data. Dan penyebarannya pun semakin canggih mulai dari disket, usb flashdisk, CD, dan jaringan internet. 

Gagasan virus dan worm berawal pada tahun 1949, saat seorang founder Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), John Von Newman, memaparkan dalam sebuah papernya yang berjudul “Theory and Organization of Complicated Automata” dibahas suatu kemungkinan bahwa suatu program dapat melakukan penyebaran dengan sendirinya. Kemudian pada tahun 1960an para peneliti dari AT&T Bell Laboratory membuat semacam program yang mampu menyerang dan bertahan dari serangan lawan. 

Bagi orang awam apabila komputernya tidak terpasang antivirus dan terserang virus, maka akan muncul tanggapan bahwa komputer tersebut rusak dan harus di install ulang. Namun harapan penulis dengan tulisan ini akan memunculkan pemikiran baru bahwa dunia virus itu menyenangkan sama seperti bermain game. 

2. TUJUAN PENELITIAN 
Tujuan dari pembuatan materi ini adalah : 
Sebagai salah satu syarat kelulusan mata kuliah Sistem Keamanan Komputer. 
Dapat mengetahui cara apa saja yang digunakan oleh virus Mr. Coolface dalam mengecoh kita saat menggunakan komputer yang membuat kita merasa kesal dengan adanya virus ini. 
Membuat para pembaca tidak perlu merasa takut dengan segala macam virus, karena semua ada solusi perbaikannya. 

3. Metode Penelitian 
Metode yang digunakan adalah observasi, mengamati komentar para pengguna komputer di internet yang mengeluh masalah virus Mr. Coolface yang mengganggu. Dan hasil pengamatan dari penulis bahwa hampir merata seluruh pengguna komputer takut akan adanya virus. 

BAB II 
LANDASAN TEORI 
Landasan teori dalam penulisan ini bersumber dari : 
Buku Computer Worm 1 “secret of underground codding uncensored” karya Achmad Darmal 
Buku P3K Virus Komputer Karya Tri Amperiyanto 
Buku Membuat dan Membasmi Worm-Virus Karya Tri Amperiyanto 
e-book Catatan Seorang Pemburu Virus Karya Imam Andibastian 
Gambar-gambar yang berada di tulisan ini berdasarkan gambar dari komputer penulis yang telah terinfeksi virus Mr. Coolface. 

BAB III 
PEMBAHASAN 
1. Pembahasan. 
Apakah sebenarnya yang disebut dengan virus komputer. Berikut ini definisi Fred Cohen, Fred Cohen adalah seorang asisten professor dari Cincinati – ohio, yang dianggap sebagai awal bocornya informasi virus komputer ke public. Fred Cohen mendefinisikan virus sebagai berikut : 

  • A program that can infect other program by modifying them to include a slightly altered copy of itself (Suatu program yang dapat menginfeksi program lain dengan cara mengubah program yang diinfeksi tersebut agar mengikutsertakan sebagian kecil dirinya) 
  • A virus can spread throughout a computer system or network using the authorization of every user using it to infect their programs (Suatu program virus dapat menyebar ke seluruh system komputer menggunakan autorisasi dari setiap pemakai yang menggunakan program virus tersebut untuk menginfeksi program-program lainnya) 

Every program that gets infected can also act as a virus thus the infection grows. (Setiap program yang telah tekena infeksi akan berprilaku seperti virus, dengan cara inilah infeksi berkembang). 

Cara penyebaran Virus : 

  • Melalui perangkat lunak bajakan 
  • Melalui situs www 
  • Melalui file-file network dan lingkungan network 
  • Melalui Download file 
  • Melalui tambahan pada email 
  • Pertukaran disk 
  • Lab komputer dan warnet

Ditulis Oleh : Unknown // 12:11 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment