Monday, September 21, 2009

SEJARAH ILMU TEKNOLOGI IFORMASI

SEJARAH ILMU TEKNOLOGI IFORMASI : Sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di jaman era Informasi kumputer memegang peranan penting yang sangat dibutuhkan, ini tidak terlepas dari pemakainya (user) dituntut dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Pada dasarnya, komputer diciptakan untuk membantu dalam pemecahan persoalan-persoalan yang rumit. Fungsi dari komputer itu sendiri adalah untuk mengolah data menjadi informasi yang benar, akurat dan bermanfaat, sehingga dalam penyajian laporan dan informasi yang dibutuhkan dapat secara cepat, tepat dan lengkap tanpa harus melalui proses yang berulang-ulang.

Pada perusahaan daerah air minum, masalah pemasangan sambungan air merupakan sesuatu yang penting sehingga dibutuhkan sistem informasi yang dapat mempermudah dan meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam menyampaikan informasi. Dengan menggunakan teknologi informasi sebagai alat pengolahan pemasangan instalasi air diharapkan dapat mengolah data dengan tepat. Sistem informasi pemasangan instalasi air merupakan salah satu perangkat lunak yang dapat menyampaikan informasi tentang sambungan baru yang akan diterima oleh pelanggan.

Pada saat ini sistem pemasangan air yang diterapkan di perusahaan daerah air minum memang sudah terkomputerisasi, namun masih sebatas Microsof Excel, sehingga sering terjadi keterlambatan dalam penerimaan data yang berhubungan dengan data pemasangan instalasi air dan juga mengakibatkan kinerja yang ada menjadi tidak efektif. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis mencoba untuk membuat suatu rancangan sistem informasi pemasangan instalasi air yang berbasis Visual Basic 6.0 sehingga setiap bagian akan terhubung antara satu dengan yang lain yang berkaitan dengan pengolahan dan pemasangan sambungan baru.

Bertitiktolak dari permasalahan tersebut maka judul yang penulis ambil dalam tugas akhir ini adalah “Sistem Informasi Pemasangan Instalasi Air Pada PDAM Tirtanadi Medan”.



1.2 Perumusan Masalah 

Setiap perusahaan selalu dihadapkan pada permasalahan dalam menjalankan suatu kegiatan baik itu yang bertujuan mencari laba maupun perusahaan yang tidak mencari laba. Mulai dari masalah sederhana sampai pada masalah yang sangat cukup kompleks. Semua itu membutuhkan perhatian dan penanganan yang lebih mendalam agar masalah tersebut dapat teratasi.

Adapun yang menjadi perumusan masalahnya adalah:
  1. Bagaimana membuat prosedur pemasangan instalasi air yang sedang berjalan di PDAM Tirtanadi Medan.
  2. Bagaimana meningkatkan konsistensi data dengan merancang dan membuat aplikasi perangkat lunak yang berbasis Visual Basic 6.0
  3. Bagaimana meningkatkan efektifitas dalam melakukan pengolahan data sambungan baru.

Ruang Lingkup Masalah
Dengan mengidentifikasikan terhadap masalah-masalah yang ada, agar lebih terarah dan dapat dipahami dengan mudah maka perlu dilakukan pembatasan masalah. Pembatasan terhadap masalah pemasangan sambungan baru pada PDAM Tirtanadi Medan tersebut antara lain:
Analisa dan penelitian yang dilakukan hanya sebatas menangani masalah pengolahan data pemasangan sambungan baru bagi pelanggan .
Pengolahan data yang dilakukan ini menggambarkan prosedur tentang pengolahan data sambungan baru dan akan menghasilkan sistem informasi pemasangan yang digunakan sebagai laporan.
Tahapan metode pengembangan yang digunakan dan perancangan sistem informasi pemasangan sambungan baru ini, hanya sampai pada tahap testing atau pengujian.

Tujuan Penelitian 
Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis dari penelitian yang dilakukan tentang sistem informasi pemasangan instalasi air adalah:
  1. Untuk mengetahui bagaimana prosedur pemasangan instalasi air yang sedang berjalan di PDAM Tirtanadi Medan.
  2. Membantu perusahaan untuk meningkatkan efektifitas dalam melakukan pengolahan data pemasangan instalasi air sehingga akan memperkecil kemungkinan kesalahan yang akan terjadi.
  3. Membuat program aplikasi yang dapat menjadikan suatu sistem sambungan baru baru yang terintegrasi.
Metode Pengumpulan Data
Metode penulisan dapat diartikan sebagai cara mencapai suatu tujuan sesuai dengan tujuan yang ingi dicapai, penelitian merupakan usaha untuk menemukan dan mengembangkan terhadap kebenaran suatu peristiwa atau suatu pengetahuan dengan menggunakan metode deskriftif analis, yaitu dengan cara mengumpulkan data, menyusun, mengklasifikasi, menganalisa, serta menginterprestasikan metode pengumpulan data yang digunakan adalah:

1. Field Reseach (Riset Lapangan )
Riset lapangan adalah penelitian yang dilakukan secara langsung pada objek penelitian dimana untuk memperoleh data tersebut penulis menggunakan beberapa teknik yaitu:

a. Teknik Wawancara /Interview
Teknik wawancara/interview yaitu dengan mengadakan wawancara langsung dengan pihak yang berwenang untuk mendapatkan penjelasan-penjelasan terhadap masalah yang menjadi objek pengamatan atau pembahasan.

b. Teknik Pengamatan atau Observasi 
Teknik pengamatan atau observasi yaitu dengan mengadakan peninjauan langsung terhadap pelaksanaan kegiatan yang menjadi data pembahasan.

2. Library Reseach (Riset Pespustakaan)
Library reseach adalah suatu metode untuk memberikan kesimpulan mengenai data yang bersifat teoritis yaitu dengan jalan membaca buku panduan, majalah, koran dan catatan-catatan serta sumber-sumber lain yang berkaitan dengan objek yang diteliti

PERBEDAAN WINDOWS DENGAN LINUX

PERBEDAAAN WINDOWS DENGAN LINUX

Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya, merupakan program yang akan kita dapati setelah melakukan instalasi Windows. Ini sangat berbeda dengan Linux. Linux disertai dengan banyak program didalamnya. Setelah diinstal, langsung akan ditemui banyak program dari hampir semua kategori program. Sebut saja kategori Office Suite, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet (Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger, Torrent, News), 3D, Games, Utility, dll. Dengan waktu instalasi yang hampir sama, pengguna Linux bukan hanya mendapatkan suatu sistem operasi tetapi juga semua program yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari di Linux.
Ada banyak persamaan dan ada pula banyak perbedaan antara Linux dan Windows. Beberapa perbedaan yang ada di Linux dan Windows antara lain : Konfigurasi Sistem Anda mungkin sering mendengar di Linux Anda perlu menyunting file secara manual melalui command line. Sebagian berita ini benar, tetapi dengan PCLINUX Control Center konfigurasi sistem bisa Anda lakukan semudah point n click. PCLINUX memiliki deteksi perangkat keras yang baik sehingga hampir semuanya berjalan secara otomatis. Dan hampir semua program di PCLINUX disertai dengan konfigurasi yang sudah siap pakai. Sebagai contoh, browser Internet telah disertai dengan sejumlah plug-ins. Tidak perlu men-download dan menginstal plug-ins flash ataupun yang lainnya.
Hardware Support Anda sering mendengar suatu hardware tidak bekerja di Linux. Hal ini terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi Linux. Untungnya, belakangan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver Linux. Dan pengenalan Linux akan hardware semakin lama semakin meningkat sehingga mulai jarang terdengar permasalahan hardware di Linux. Menangani Crash Linux secara umum terlihat sebagai sistem operasi yang stabil. Dan jika Anda membandingkan Linux dengan Windows 95/98/ME, Linux jauh lebih stabil. Windows XP – jika Anda mengikuti petunjuk sistemnya dengan baik – akan cukup stabil. Dan seperti halnya dengan Windows, suatu saat Anda juga akan menemui masalah di Linux. Sekalipun jarang, tetapi program yang crash atau hang bisa saja terjadi. Ini adalah suatu fakta dari kehidupan di dunia komputer. Sekalipun demikian ada beberapa perbedaan di Windows dan Linux. Unix dan Linux mempunyai sifat multi-user.
Linux menjalankan aplikasi secara berbeda dengan Windows. Ketika suatu aplikasi terkunci, Anda dapat mematikannya dengan mudah. Cukup menekan kombinasi tombol Ctrl + Esc, dan Anda dapat memilih aplikasi (atau proses) mana yang bermasalah. Dan jika sistem grafis yang terkunci, Anda bisa berpindah ke command-prompt (dengan menekan Ctrl+Alt+F1) dan membunuh proses software secara manual. Anda juga mempunyai pilihan untuk merestart desktop saja dengan menekan Ctrl+Alt+Backspace. Ini berarti Anda tidak harus melakukan reboot sekalipun sistem Linux sedang mengalami masalah. Windows adalah sistem operasi, itu sebabnya Windows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal. Kalaupun ada mungkin Anda hanya akan menemukan Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya.
Windows adalah sistem operasi, itu sebabnya Windows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal. Kalaupun ada mungkin Anda hanya akan menemukan Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya. Ini sangat berbeda dengan Linux. Sekalipun Linux juga suatu sistem operasi, tetapi Linux disertai dengan banyak program didalamnya. Setelah diinstal, Anda akan menemui banyak program dari hampir semua kategori program. Sebut saja kategori Office Suite, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet (Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger, Torrent, News), 3D, Games, Utility, dll.
Dengan waktu instalasi yang hampir sama, Anda bukan hanya mendapatkan suatu sistem operasi tetapi juga semua program yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari di Linux.
Security dan Virus Salah satu masalah utama di Windows yang paling sering di temukan adalah virus dan spyware. Dari tahun ke tahun permasalahan ini bukan semakin mengecil tetapi malah semakin membesar. Ini semua terjadi karena banyak lubang keamanan di Windows yang bisa dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
Linux diturunkan dari sistem operasi Unix yang memiliki tingkat keamanan lebih kuat. Itu sebabnya tidak ada banyak virus di Linux dan kalaupun ada tidak bisa berkembang biak dengan pesat dan biasanya tidak mampu membawa kerusakan yang besar. Sekalipun tidak sepenting di Windows, beberapa program anti virus di linux masih bisa ditemukan, seperti ClamAV dan F-Prot. PCLinux telah menyediakan anti virus ClamAV yang bisa ditemukan pada menu Start > Applications > FileTools > KlamAV.
Spyware Spyware adalah suatu masalah yang cukup umum di dunia Windows. Biasanya program spyware mengamati, mengumpulkan dan mengirimkan sebuah data ke suatu server. Untuk hal yang lebih positif, program ini biasanya dipergunakan untuk keperluan marketing. Sayangnya, ada juga yang berniat buruk yaitu dengan mencuri identitas, kartu kredit, dan tindakan negatif lainnya. Tidak banyak program spyware yang menginfeksi Linux mengingat cara kerja Linux yang lebih susah untuk ditembus. PCLinux telah menyediakan pre-instal Firewall untuk melindungi sistem Anda dan bisa diaktifkan melalui PCLinux Control Panel. Partisi Harddisk Linux tidak mengenal penamaan drive C: untuk suatu partisi. Semua drive disatukan dalam suatu sistem penyimpanan yang besar. Folder /mnt merupakan tempat untuk mengakses semua media yang ada di komputer, baik partisi lain, CD-ROM, Floppy, ataupun FlashDisk.
Belakangan KDE telah memperudah akses ke media dengan menyediakan sistem Storage Media yang dapat diakses melalui My Computer ataupun file manager Konqueror. Penamaan File Linux menggunakan “/” untuk memisahkan folder dan bukannya “\” yang biasa digunakan DOS/Windows. Linux bersifat case-sensitive, ini berarti file “Hello.txt” berbeda dengan file “hello.txt”. Linux juga tidak terlalu memperhatikan ekstensi file. Jika Anda mengubah nama file “Hello.txt” menjadi “Hello”, Linux masih tetap mengetahui bahwa file ini adalah suatu teks. Dan ketika Anda mengklik file “Hello”, Linux secara otomatis tetap akan membuka program editor teks.
Kemudahan dan Keamanan Seperti yang sudah diketahui, bahwa sebagai user biasa (bukan Root) tidak bisa menulis file di sembarang folder. User biasa hanya memiliki akses tulis di folder home mereka. Sebagai user biasa, tidak akan bisa mengubah bagian penting dari sistem Linux. Ini memang terkesan terlalu membatasi dan merepotkan, tetapi cara ini jauh lebih aman, karena hanya orang tertentu yang mempunyai akses Root saja yang bisa menyentuh sistem. Bahkan virus pun tidak bisa dengan mudah menyentuh sistem Linux. Itu sebabnya kita tidak banyak mendengar adanya virus di Linux
Itu sebabnya di Linux, tidak disarankan menggunakan user Root untuk keperluan sehari-hari. Buatlah minimal 1 user untuk setiap komputer dan hanya pergunakan Root untuk keperluan administrasi sistem. Hal ini berbeda jauh dengan Windows yang sangat rentan dengan virus. Ini terjadi karena user biasa di Windows juga sekaligus mempunyai hak sebagai administrator. Kebanyakan pemakai Windows tidak mengetahui hal ini, sehingga sistem mereka sangat rentan dengan serangan virus. Windows Vista sekarang telah mengadopsi sistem sekuriti Linux ini. Defragment Di Linux tidak akan ditemukan program untuk men-defrag harddisk. Tidak perlu melakukan defragment di harddisk Linux! Sistem file Linux yang menangani ini secara otomatis. Namun jika harddisk sudah terisi sampai 99% akan mendapatkan masalah kecepatan. Pastikan terdapat cukup ruang supaya Linux menangani sistemnya dan tidak akan pernah mendapatkan masalah deframentasi.
Sistem File Windows mempunyai dua sistem file. FAT (dari DOS dan Windows 9x) dan NTFS (dari Windows NT/2000/XP). Anda bisa membaca dan bahkan menyimpan file di sistem FAT dan NTFS milik Windows. Hal ini tidak berlaku sebaliknya, Windows tidak akan bisa membaca atau menyimpan file di sistem Linux. Seperti halnya Windows, Linux memiliki beberapa macam file sistem, diantaranya ReiserFS atau Ext3. Sistem ini dalam beberapa hal lebih bagus dari FAT atau NTFS milik Windows karena mengimplementasikan suatu tehnik yang disebut journaling. Jurnal ini menyimpan catatan tentang sistem file. Saat sistem Linux crash, kegiatan jurnal akan diselesaikan setelah proses reboot dan semua file di harddisk akan tetap berjalan lancar.

Tinjauan Umum Koperasi

Tinjauan Umum Koperasi : Sebagaimana diketahui bahwa Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sumatera Utara merupakan suatu badan hukum yang bergerak dibidang pemerintahan, dalam hal ini menangani bidang pendidikan dan Kebudayaan Wilayah Provinsi Sumatera Utara. Dikantor ini terdapat Koperasi Pegawai Negeri Dinas Pendidikan Sumatera Utara Medan yang berkedudukan di JL. T.Cik Dik Tiro No. 1-D. Koperasi ini didirikan berdasarkan badan hukum No. 2814/BH/III, tanggal 30 Juni 1969.

Ruang lingkup keanggotaan koperasi meliputi pegawai negeri Kantor Departemen pendidikan nasional Propinsi Sumatera Utara dan PNS lainnya dari berbagai SMU Negeri Medan.

Berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga bahwa Koperasi Pegawai Departemen pendidikan nasional Propinsi Sumatera Utara ini, berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, koperasi ini bertujuan :

  • Mengembangkan ideologi kehidupan perekonomian
  • Mengembangkan kesejateraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya dalam rangka menggalang terlaksananya masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.
  • Ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  • Meningkatkan kesadaran anggota untuk menyimpan pada koperasi secara teratur.
  • Meningkatkan pengetahuan anggota melalui penyuluhan, latihan dan pendidikan perkoperasian maupun keterampilan lainnya.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka koperasi menyelenggarakan usaha-usaha sebagai berikut :
  1. Melakukan usaha simpan pinjam
  2. Menyediakan barang – barang kebutuhan pokok anggota
  3. Mengadakan usaha kerja sama dengan koperasi maupun badan usaha lainnya yang saling menguntungkan dan untuk meningkatkan kesejateraan anggota
  4. Mengadakan usaha jasa lainnya yang menguntungkan koperasi dan anggota sepanjang usaha tersebut tidak bertentangan dengan undang-undang koperasi yang berlaku.

PENGERTIAN DARI INTERNET DAN CARA MENGOPERASIKAN YA

SEJARAH TEKNIK SEARCH ENGINE OPTIMAL ( SEO )
GOOGLE

Teknik Search Engine Optimation (SEO) yang digunakan PageRank dari Google ini adalah dengan cara membangun link sebanyak mungkin ke arah website atau blog. Maka user bisa ikut pertukaran link dengan teman, atau memasang link pada halaman friendster, comment, buku tamu da sebagainya.
Semakin banyak link yang mengarah ke suatu website, maka PageRank akan semakin tinggi. Semakin tinggi PageRank berarti semakin besar keungkinan website tersebut berada di urutan tertinggi Search Engine. User juga harus memperhatikan Anchor Text pada saat membka link ke arah website.

Misal kenapa Websie Adobe berada pada peringkat tertinggi di Google untuk kata kunci “click here”, karena banyak sekali website yang terdapat link ke arah halaman itu dengan kata : Download Adobe Reader, click here. Kata “click here” tersebut yang disebut Anchor text karena berupa link. Jadi user harus menyesuaikan link yang mengarah ke website itu dengan keyword yang ingin ditargetkan.

2.8.2 Rumus Page Rank Google

Mesin pencari Google menggunakan prinsip memeringkat suatu web berdasarkan seberapa penting sutau web dan seberapa banyak suatu web di link oleh web lain. Istilah ini dikenal sebagai Page Rank.
Sebuah algoritma kecil menetukan keberhasilan tau kegagalan website di dalam rumus PageRank Google. CHIP menunjukkan bagaimana cara kerjanya.
Internet sangat besar, sebaliknya website sangat kecil. Tidak heran, apabila sebuah website sangat sulit untuk menonjolkan diri dan bersaing dengan milyaran website serupa untuk menampakkan dirinya kepada seluruh pengakses Intenet.
Pengguna hanya bisa melihat suatu website apabila ia menjalankan pencarian di Google dan website tersebut berada paling atas dalam daftar hits. Hanya saja, apabila ada ratusan website serupa di Internet, yang mana yang akan tampil paling atas atau paling bawah dalam daftar hits? Jawabannya dituangkan ke dalam sebuah rumus algoritma PageRank.
PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menetukan website mana yang leih penting atau populer. PageRank merupakan salah satu feature utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin.
Cara kerja rumus dan formula PageRank
Di balik PageRank ada pemikiran yang sederhana sekaligus jenius:
  1. Untuk setiap website ada sejumlah tertentu website lain yang menempatkan sebuah hyperlink ke website yang bresangkutan.
  2. Setiap website memiliki sebuah PageRank.
  3. Link dan website B ke website A dihitung sebagai satu suara dari B untuk A. Seperti dalam pemungutan suara.
  4. Selain itu, PageRank website B memberi bobot suara untuk A. Semakin tinggi PageRank website B, semakin baik.
  5. Faktor-faktor lainnya, beberapa banyak link terdapat di website B. Semakin sedikit jumlahnya, semakin baik untuk PageRank website A.
  6. Jumlah semua PageRank sama dengan jumlah semua dokumen di Intenet. Jadi, PageRank adalah pembobotan sebuah dokumen di Internet secara keseluruhan yang tercatat.
PageRank dihitung untuk setiap website, bukan untuk seluruh tawaran website. Oleh karena itu, sebuah artikel tertentu di webserver bisa jadi mendapat PageRank lebih tinggi daripada websitenya sendiri.
Sebagai rumus seluruh algoritma PageRank tampak sebagai berikut: PR(A)=(1-d)+d({PR(T1)/C(T1)+......+PR(Tn)/C(TN))
Berikut penjelasan rumus di atas: PageRank website A adalah jumlah PageRank website T1 hingga Tn, masing-masing dibagi dengan jumlah link pada website yang bersangkutan. Selain itu, ada faktor peredam, sebuah elemen sangat penting yang selanjutnya masih akan berperan.


Gambar 2.7 : Kalkulasi PageRank Empat website saling menghubungi melalui link. Tergantung jumlah link yang mengantar ke sebuah website, maka didapat nilai PageRank tertentu (PR).
Prinsip PageRank dapat diperjelas. Anggapalah seluruh web hanya terdiri atas empat wensite A, B, C, dan D. Dalam contoh masing-masing memiliki nilai PageRank awal “1”. Jumlahnya sama dengan jumlah wbsite. Dalam contoh pertama website B, C, dan D masing-masing memiliki sebuah link ke website A dan tidak ada link lainnya. Apabila faktor peredam diabaikan, hasilnya adalah rumus: PR(A)=1/1 + 1/1 + 1/1
PageRank website A adalah 3. contoh yang lebih rumit (lihat halaman 199): Website A memiliki link ke website B dan C. B hanya memilik sebuah link ke A. C memiliki link ke A, B, dan D. D hanya memiliki link ke B. Rumus untuk A akan menjadi:
PR(A)= 1/1 + 1/3
Link dari B bernilai 1, sementara dari C hanya 1/3 dengan jumlah links 3.
Hasilnya adalah 1,33.


Ini adalah 0,75.
Sekali lagi, seandainya halaman B juga memiliki link ke halaman C, dan halaman D memiliki link ke semua tiga halaman. Nilai dari link-suara dibagi di antara semua link pada halaman. Dengan demikian, halaman B memberikan suara senilai 0,125 ke halaman A dan suara senilai 0,125 ke halaman C. Hanya sepertiga dari D 's PageRank dihitung untuk J PageRank (sekitar 0,083).

Dengan kata lain, PageRank conferred oleh outbound link L () sama dengan dokumen sendiri PageRank skor normalized dibagi dengan jumlah link keluar (ini diasumsikan link ke URL tertentu hanya dihitung sekali per dokumen).

Pada kasus umum, nilai PageRank halaman u dapat dinyatakan sebagai:

Nilai PageRank halaman u tergantung pada nilai-nilai PageRank untuk tiap halaman v dari set B u (set ini berisi semua halaman yang menghubungkan ke halaman u), dibagi dengan jumlah L (v) link dari halaman v.
Pembasahan faktor
PageRank teori berpendapat bahwa sebuah imajiner surfer yang secara acak mengklik pada link akan mengklik akhirnya berhenti. Kemungkinan, di setiap langkah, bahwa orang akan terus merupakan faktor d pembasahan. Berbagai penelitian telah diuji pembasahan berbagai faktor, namun umumnya diasumsikan bahwa faktor pembasahan akan ditetapkan sekitar 0,85.
Pembasahan adalah faktor yang subtracted dari 1 (dan dalam beberapa variasi dari algoritma, hasilnya dibagi dengan jumlah dokumen dalam koleksi) dan istilah ini kemudian ditambahkan ke dalam produk dari faktor pengurangan dan jumlah nilai yang masuk PageRank.
Itulah sebabnya,

atau (N = jumlah dokumen dalam koleksi)


Jadi setiap halaman PageRank besar berasal dari PageRank S bagian dari halaman lainnya. Pembasahan faktor yang berasal menyesuaikan nilai bawah. Kedua rumus di atas mendukung pernyataan di awal Page dan Brin dari kertas bahwa "jumlah semua PageRank S adalah satu".
Sayangnya, bagaimanapun, Page dan Brin memberi rumus pertama, yang telah menyebabkan beberapa kebingungan.
Google PageRank recalculates skor setiap kali menjelajah Web dan rebuilds dengan indeks. Karena Google akan meningkatkan jumlah dokumen dalam koleksi, dari perkiraan awal PageRank turun untuk semua dokumen.
Rumus menggunakan model acak surfer yang mendapat bosan setelah beberapa klik dan beralih ke halaman acak. Nilai PageRank halaman mencerminkan bahwa kesempatan random surfer akan tanah di halaman dengan mengklik link. Hal ini dapat dipahami sebagai sebuah rantai Markov di mana negara adalah halaman, dan transisi yang sama semua kemungkinan dan link antar halaman.
Jika halaman yang tidak memiliki link ke halaman lain, ia menjadi tenggelam dan karena itu terminates yang acak berselancar proses. Namun, solusinya cukup sederhana. Jika random surfer tiba di tenggelam halaman, picks lain URL secara acak dan terus berselancar lagi.
Ketika perhitungan PageRank, halaman tanpa link keluar dianggap ke semua link ke halaman lain dalam koleksi. PageRank adalah nilai mereka itu dibagi rata di antara semua halaman lainnya. Dengan kata lain, untuk menjadi adil dengan halaman yang tidak sink, acak transisi ini ditambahkan ke semua node di Web, dengan sisa probabilitas dari biasanya d = 0,85, diperkirakan dari frekuensi yang rata-rata surfer menggunakan browser-nya dari penunjuk fitur sebagai berikut:

dimana p1, p 2 ,...p N adalah halaman dibawah pertimbangan, F (p i) adalah kumpulan halaman yang memiliki pranala ke p i, L (p j) adalah jumlah link keluar pada halaman p j , dan N adalah jumlah total halaman.
PageRank adalah nilai masukan yang dominan eigenvector dari matriks adjacency dimodifikasi. Hal ini membuat PageRank khususnya yang elegan metrik: di eigenvector adalah :

dimana R adalah solusi dari persamaan

dimana fungsi adjacency adalah 0 jika halaman p i tidak link ke p j, dan normalised seperti itu, untuk setiap i

yaitu elemen setiap kolom jumlah hingga 1. Ini adalah varian dari pusat eigenvector mengukur umum digunakan dalam jaringan analisis.
Karena besarnya eigengap dari dimodifikasi matriks adjacency di atas, [7] dengan nilai-nilai PageRank eigenvector yang cepat untuk perkiraan (hanya beberapa Iterasi diperlukan).
Sebagai hasil dari Markov teori, dapat menunjukkan bahwa PageRank dari halaman yang kemungkinan menjadi pada halaman setelah banyak klik. Hal ini sama terjadi pada t - 1 dimana t adalah harapan jumlah klik (atau acak melompat) dari yang diperlukan untuk kembali ke halaman itu sendiri.
Utama adalah kerugian yang lebih nikmat halaman, karena halaman baru, bahkan yang sangat baik, tidak akan ada banyak link, kecuali jika la merupakan bagian dari situs yang sudah ada (situs menjadi padat terhubung set halaman, seperti Wikipedia).
Google Directory (sendiri yang turunan dari Open Directory Project) memungkinkan pengguna untuk melihat hasil diurutkan berdasarkan PageRank dalam kategori. Google Directory adalah satu-satunya layanan yang ditawarkan oleh Google di mana PageRank langsung menentukan urutan tampilan. Google dalam layanan pencarian lainnya (seperti utama pencarian Web) PageRank digunakan untuk timbangkan relevansi nilai yang ditampilkan di halaman hasil pencarian.
2.10 Pengenalan dan Sejarah PHP

PHP adalah bahasa pemrograman web atau Scripting language yang didesain untuk web. PHP dibuat pertama kali oleh satu orang yaitu Rasmus Lerdorf, yang pada awalnya dibuat untuk menghitung jumlah pengunjung pada homePagenya.

Defenisi Sistem Informasi Akuntasi

Defenisi Sistem Informasi Akuntasi : Menurut (Romney & Steinbart, 2003), Sistem informasi akuntansi adalah sistem informasi formal dalam pengertian yang paling lazim, mencakup semua komponen yaitu orang, prosedur, data, software dan infrastruktur teknologi informasi untuk memproses identifikasi, pencatatan, komunikasi yang dapat menghasilkan laporan mengenai keuangan yang kernudian mcnjadi informasi untuk digunakan dalam menjalankan kegiatan perusahaan.

Ada 2 model yang digunakan dalam sistem informasi akuntansi, yaitu:
a. Financial Accounting Model
Semua financial statement (laporan keuangan) seperti laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca, laporan arus kas.

b. Managerial Accounting Model
Merupakan bagian dari akuntansi yang berkaitan dalam penyediaan informasi finansial bagi pengguna internal perusahaan seperti laporan penjualan. laporan pernbelian.

Fungsi Utama Sistem Informasi Akuntansi (SIA)

Menurut (Romney & Steinbart, 2003), ada tiga fungsi SIA dalam perusahaan, yaitu
  • Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan perusahaan, sumber daya yang dipengaruhi oleh aktivitas¬akitivitas tersebut dan pelaku yang terlibat dalam berbagai aktivitas tersebut, agar pihak manajemen, para pegawai, dan pihak-pihak luar yang berkepentingan dapat meninjau ulang hal-hal yang terjadi.
  • Data menjaga informasi yan berguna bag pihak manajernen untuk MCMhUat kepuUsan dalam aktivitas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.
  • Menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga aset perusahaan, termasuk data perusahaan untuk memastikan bahwa data tersebut tersedia saat dibutuhkan, akurat, dan andal.
Siklus Dalam Sistem Informasi Akuntansi
Menurut (Romney & Steinbart, 2003), ada 5 siklus sistem informasi akuntansi , yaitu :

a. Siklus pendapatan (Revenue)
Siklus ini mencakup kegiatan penjualan dan penerimaan dalam bentuk fungi.

b. Siklus pengeluaran (Expediture)
Siklus ini mencakup kegiatan pembelian dan pembayaran dalam bentuk uang tunai.

c. Siklus penggajian sumber daya manusia (payroll)
Siklus ini mencakup kegiatan mengontrak dan menggaji pegawai. Siklus ini tidak dibahas pada tugas akhir.

d. Siklus produksi
Siklus ini mencakup kegiatan mengubah bahan mentah dan buruh menjadi produk jadi. Siklus produksi ini tidak termasuk harga pokok penjualan.

e. Siklus keuangan
Siklus ini mencakup kegiatan untuk mendapatkan daba dari investor dan kreditor dan membayar mereka kembali.

Kelima siklus di atas memberikan data transaksi pada General Ledger & Reporting Systems (SMUS Pencatatan) untuk pencatatan dan komunikasi informasi. General Ledger & Reporting Systems Systems meliputi semua kegiatan yang berhubungan dengan penyiapan laporan keuangan dan laporan manajerial lainnya, termasuk transaksi yang tidak rutin dan jurnal penyesuaian yang beragam.

Siklus Akuntansi
Menurut (Romney & Steinbart, 2003), Akuntansi adalah proses dari 3 aktivitas yaitu: mengidenfikasi, mencatat, dan mengkomunikasi kejadian ekonomi dari sebuah organisasi.

Sistem informasi akuntansi tidak lepas dari siklus akuntansi yang meliputi urutan siklus sebagai berikut:
a. Bukti Transaksi
b. Jurnal Transaksi
c. Buku besar atau buku pembantu
d. Trial Balance
e. Jurnal Penyesuaian
f. Posting ke buku besar atau buku pembantu
g. Adjusted Trial Balance
h. Laporan keuangan
i. Jurnal Penutup
j. Post closing trial balance

Chart Of Account
Chart of Account adalah nomor rekening yang menunjukkan lokasi rekening tersebut dalam buku besar. Jumlah dan tipe rekening berbeda-beda untuk tiap perusahaan, tergantuna pada besar, kompleksitas dan tipe bisnis yang dilakukan.

Umumnya rekening akuntansi dibedakan menjadi lima kelompok besar yaitu aset, hutang, modal, pendapatan, dan biaya.

Contoh penulisan pada nomor rekening 111 kas

Aset aktiva lancar aktiva lancar yang ke-1

Jurnal
Menurut (Weygand, Kieso & Kimmel, 1998), jurnal dibuat untuk tiap transaksi menunjukkan saldo debit dan kredit yang mempengaruhi rekening tertentu. Berdasarkan frekuensi terjadinya jurnal dibedakan menjadi 2 yaitu

I. Jurnal Umum
Mencatat transaksi yang tidak rutin seperti membayar pinjaman, penyesuaian di akhir periode, dan jurnal penutup. Jurnal umum ini meliputi

1. Jurnal Penyesuaian
Jurnal penyesuaian digunakan untuk melakukan penyesuaian terhadap pendapatan dan biaya pads periode dimana seharusnya pendapatan didapatnya dan biaya ditanggungkan.

2. Jurnal Koreksi
Jurnal koreksi digunakan untuk mengkoreksi jika terjadi kesalahan dalam penjurnalan

3. Jurnal Penutup
Jurnal penutup digunakan untuk menutup rekening-rekening sementara yang didapatkan dalam suatu periode akuntansi, seperti semua rekening pendapatan, biaya dan pengambilan pribadi oleh pemilik.


II. Jurnal Khusus
Mencatat transaksi yang sering terjadi, jurnal khusus menyederhanakan proses pencatatan transaksi yang terjadi berulang dalam jumlah hesar. Jurnal khusus meliputi

1. Jurnal Penjualan
Jurnal Penjualan digunakan untuk mencatat transaksi Penjualan yang terjadi.

2. Jurnal Pembelian
Jurnal pembelian digunakan untuk mencatat transaksi pembelian yang terjadi.

3. Jurnal Penerimaan Kas
Jurnal penerimaan kas digunakan untuk mencatat kas yang masuk

4. Jurnal Pengeluaran Kas
Jurnal pengeluaran kas hanya hanya digunakan untuk keluarnya kas.

System Development Life Cycle (SDLC)
Menurut (Romney & Steinbart, 2003), SDLC membangun suatu sistem informasi akuntansi pang memerlukan beberapa tahapan proses dalam suatu siklus. Ada 5 tahap dalam SDLC, yaitu

1. System Analysis
Pada tahap ini dilakukan survei terhadap system yang sudah ada, rnenemukan permasalahan, menentukan informasi yang dibutuhkan dan mendaftar semua kebutuhan atau permintaan dari sistem.

c. Conceptual design
Pala tahap ini dilakukan identifikasi dan evaluasi alternative desain, dan memilih desain yang sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan serta membangun spesifikasi desain dan mengkomunikasi desain tersebut dengan manajemen perusahaan termasuk pendesaianan data flow diagram dan entity relationship diagram.

d. Physical design
Pada tahap ini dilakukan pendesainan terhadap dokumen input-output, mulai melakukan coding desain menjadi program. membentuk file-file yang diperlukan, prosedur dan membangun control dari sistem yang baru.

e. Implementation and conversion
Pada tahap ini dilakukan pengembangan rencana irnplementasi, menginstall dan men-evaluasi hardware dan software yang diperlukan, melatih pengguna sistem, men-evaluasi sistem, rnelengkapi dokumentasi, rnengubah dari sistem lama menjadi sistem baru, membuat penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan untuk implemetansikan pada sistem baru tersebut.

f. Operation and maintenance
Pala tahap ini dilakukan pengoperasian sistem, sistem secara periodic di-review. Jika muncul permasalahan baru, perlu adakan modifikasi sistem untuk peningkatan kemampuan sistem tersebut. Pada tahap ini tidak termasuk bahan tugas akhir.


Perangkat Lunak

Defenisi Perangkat Lunak

Software (perangkat lunak/piranti lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.

Software terbagi menjadi 3 bagian utama antara lain :
Aplication Software (Software Aplikasi)

Program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesaikan pekerjaan.
Operating System (Sistem Operasi)

Program yang diterjemahkan untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dari sistem komputer.
Language Software (Bahasa Pemograman)

Program yang dirancang untuk menterjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemograman ke bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer.

Perancangan Perangkat Lunak Sistem Informasi
Perancangan adalah tahap-tahap atau langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai sesuatu sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan. Perancangan sistem informasi adalah tahap-tahap yang harus dilakukan atau dipersiapkan sebelum memulai membuat suatu sistem informasi.

Dalam perancangan sistem yang baru mempunyai beberapa tahapan yaitu :
  1. Mendefenisikan masalahnya menentukan apa yang perlu dimodifikasi dengan membandingkan dengan sistem yang lama.
  2. Memahami sistem tersebut dan membuat defenisinya
  3. Mencari alternatif yang tersedia untuk mencapai tujuan dengan memperhatikan modofikasi sistem tersebut, pilihan apa saja yang tersedia untuk memperbaiki sistem, beberapa biaya serta apakah sistem tersebut diterapkan
  4. Pilih salah satu alternatif yang telah dirumuskan sebelumnya.
  5. Terapkan alternatif tersebut
  6. Mengevaluasi dampak dari perubahan yang dibuat terhadap sistem.
Ada beberapa syarat-syarat informasi yang baik yaitu sebagai berikut :
1. Ketersediaan
Informasi harus dapat diperoleh bagi orang yang memerlukannya.

2. Mudah dipahami
Informasi harus mudah dipahami karena informasi yang rumit hanya akan membuat kekurangefektifan keputusan.

3. Relevan
Informasi yang disajikan harus benar-benar relevan dengan permasalahan dan tujuan organisasi.

4. Bermanfaat
Informasi dapat bermanfaat bagi orang yang mengunakannya

5. Tepat Waktu
Informasi harus mendapat tingkat kepercayaan yang tinggi atas inforamasi yang diajukan dan harus up to date

6. Kehandalan
Informasi harus diperoleh dari sumber yang dapat diandalkan kebenarannya

7. Akurat
Informasi harus terhindar dari kesalahan maupun kekeliruan

8. Konsisten
Informasi tidak dapat mengandung kontradiksi didalam penyajiannya.

Data Flow Diagram (DFD)
Data flow diagram atau diagram alir merupakan suatu bagian urutan dari cara kerja atau proses sistem secara garis besar. Dengan diagram alir maka dapat memahami sistem tersebut berjalan.

Dalam data flow diagram dikenal 3 tingkat yaitu :
1. Diagram konteks (Diagram Hubungan Level 0)
Merupakan suatu model yang menggambarkan sistem secara garis besar, termasuk ruang lingkup sistem yang akan dibangun

2. Diagram Nol (Level)
Merupakan data store yang digunakan untuk proses yang tidak dirinci lagi pada level selanjutnya. Pada akhir ini nomor proses ditambahkan tanda * (Asteris Bintang)

3. Diagram Rinci (level 2, level 3)
Diagram ini merupakan rincian dari diagram nol atau diagram level yang diatasnya.

Algoritma
Algoritma adalah Prosedur penyelesaian suatu permasalahan atau persolan yang terdiri dari langkah-langkah penyelesaian masalah yang saling berkaitan.

Ada beberapa cara umum yang digunakan dalam membuat algoritma dari suatu permasalahan antara  lain :
  1. Algoritma pemecahan masalah menurut pengertian algoritma adalah langkah-langkah penyelesaian dari suatu permasalahan. Hal yang terpenting adalah penyusunan langkah-langkah penyelesaian masalah dan metode dan disiplin ilmu yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
  2. Algoritma pemecahan masalah menurut bahasa algoritma merupakan input/output, dan proses komputer dalam menyelesaikan pekerjaan.

Basis Data

Defenisi Basis Data

Basis data merupakan tingkat yang paling tinggi dari sistem informasi. Basis data berasal dari kata data dan basis, pengertian data adalah representasi fakta dunia nyata yang memiliki suatu objek seperti manusia, barang dan lain-lainnya yang direkan dalam bentuk huruf, angka, simbol, gambar, bunyi atau kombinasinya.

Adapun komponen-komponen basis data adalah :
1. Data file
Sekumpulan dari beberapa record yang membentuk suatu kumpulan.

2. Data record
Sekumpulan dari data value yang berhubungan, dengan kata lain record adalah gabungan dari beberapa field untuk semua entity tertentu

3. Data value

Nilai artikel yang disisipkan pada suatu data elemen atau sekumpulan karakter-karakter yang berbentuk suatu nilai data

4. Key dan Fielf
Kunci dari field-field yang lain dengan suatu record

5. Entity
Segala sesuatu yang membentuk enterpise atau unsur-unsur yang membentuk enterpise

6. Enterprise
Suatu organisasi dimana basis data itu sudah ada

7. Atribut
Data field. Data item, data elemen yang sudah ada pada basis data.

Perancangan Basis Data
1. Perancangan Logikal
Merupakan suatu teknik untuk menjelaskan dengan baik struktur informasi basis data dan aturan-aturan sebagai masukan pada proses perancangan basis data.

Syarat-syarat dalam model logikal dalam satu set kriteria untuk mendapatkan model data logikal yang paling optimal yaitu :
a. Kebenaran pada struktur
b. Kemudahan
c. Tidak redudansi
d. Tidak mengandung informasi yang berlebihan
e. Data dipakai bersama

2. Perancangan Konseptual
Merancang model konseptual merupakan tugas basis data administrator yaitu orang yang mempunyai kekuasaan sebagai pusat pengontrol terhadap seluruh sistem. Terdapat dua teknik untuk melakukan perancangan model konseptual yaitu :

Teknik Normalisasi 
Merupakan proses pengelompokan data elemen menjadi tabel-tabel yang menunjukkan entity dan relasinya. Pada proses normalisasi selalu diuji beberapa kondisi. Dan bila ada kesalahan pada saat pengujian tersebut maka relasi dipecahkan belum mendapat basis data yang optimal.
Teknik Entity Relatonship
Merupakan proses model data relationship/hubungan relasi antar file direlasikan dengan hubungan antar kunci relasi yang merupakan kunci utama masing-masing file.


3. Perancangan Fisik
Langkah akhir dalam perancangan basis data adalah perancangan fisik. Dalam perancangan ini ditentukan struktur penyimpanan internal dan organisasi file dari basis data.

Sejarah
PT Solusi Nusantara hadir sejak 2002 melayani kebutuhan masyarakat akan pendidikan bermutu dan berstandar internasional. PT Solusi Nusantara telah bekerja sama dengan banyak institusi pendidikan di medan dan sekitarnya untuk melengkapi generasi produktif dengan pengetahuan dan kemampuan yang memadai untuk bersaing secara global. Didukung oleh para staf yang berdedikasi dan kompeten dibidangnya, PT Solusi Nusantara telah dipercaya bertahun-tahun untuk menangani kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan dan pelatihan. Kini selain dibidang pendidikan, PT Solusi Nusantara juga menyediakan layanan Penyediaan Tenaga Kerja, Implementasi Teknologi Komputer, Pembangunan Lab Komputer, Pembangunan Lab Bahasa.

Struktur Organisasi 
Organisasi di dalam suatu perusahaan memiliki peran yang sangat penting, membuat suatu organisasi yang di maksudkan untuk memudahkan manajemen dalam mencapai suatu tujuan..Dengan demikian setiap pegawai akan dapat memahami secara jelas apa tugas dan wewenang serta tanggung jawab yang diberikan kepadanya untuk mengurangi terjadinya penyimpangan terhadap tujuan perusahaan dan kebijaksanaan yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut. Adapun struktur organisasi PT Solusi Nusantara adalah sebagai berikut :

Organisasi adalah manajemen untuk mencapai tujuan perusahaan secara efisien dan efektif. Oleh karena itu PT. Solusi Nusantara menetapkan struktur organisasi dalam usahanya, mencapai dan menjalankan perencanaan dan strategi terpadu perusahaan.


Berikut penjelasan tugas dan tanggung jawab dari setiap elemen struktur ogranisasi :
1. Direktur
  • Bertanggung jawab penuh dalam melaksanakan tugasnya yang tujuannya untuk kepentingan perseroan dalam mencapai maksud dan tujuannya termasuk didalamnya adalah memikirkan strategi pengembangan usaha.
  • Berhak mewakili perseroan didalam dan diluar pengadilan tentang segala hal dan dalam segala kejadian, mengikat perseroan dengan pihak lain dan sebaliknya, serta menjalankan segala tindakan, baik yang mengenai kepengurusan maupun kepemilikan.
  • Berhak dan berwenang bertindak untuk dan atas nama Direktur serta mewakili perseroan.
  • Dalam menjalankan tugasnya di Bantu oleh Wakil Direktur.
2. Wakil Direktur
a. Membantu Direktur dalam menetapkan kebijakan dan pelaksanaan kebijakan strategi perusahaan
b. Membuat rencana pelaksanaan rencana kerja perusahaan
c. Bertanggung jawab atas kelancaran operasional kepada Direktur yang meliputi kegiatan teknik, 
   pemasaran, accounting, legalitas dan umum.
3. Manager
a. Membantu Direktur dalam menetapkan kebijakan dan pelaksanaan kebijakan strategi perusahaan
b. Mengelola pelaksanaan / operasional perusahaan
c. Bertanggung jawab atas kelancaran operasional kepada Direktur / Wakil Direktur yang meliputi 
    kegiatan teknik, pemasaran, accounting, legalitas dan umum.

4. Marketing
a. Merencanakan sistem promosi, beserta pemilihan jalur promosi yang efektif dan efesien.
b. Membantu Wakil Direktur dalam menetapkan sasaran / target pemasaran.
c. Memberikan saran, dan informasi berkenaan dengan aktifitas promosi, kepada bagian pemasaran, 
    guna meningkatkan fasilitas dan pelayanan
d. Menjalin hubungan dengan perusahaan atau organisasi lain, yang dapat dijadikan sebagai partner 
    usaha didalam aktivitas promosi.

5. Akademik
a. Menentukan jadwal bagi setiap instruktur
b. Bertanggung jawab atas kelancaran kegiatan akademik
c. Memeriksa laporan kelangsungan kegiatan dari class coordinator

6. Class coordinator
a. Memeriksa berkas belajar dari instruktur
b. Membuat laporan kegiatan belajar mengajar kepada akademik
c. Memerika laporan nilai dari setiap instruktur

7. Instuktur
a. Menjalankan tugas mengajar sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh akademik
b. Membuat soal ujian
c. Membuat laporan nilai siswa

8. IT Support
a. Bertanggung jawab atas maintence komputer
b. Pengawasan jaringan komputer
c. Memberikan laporan kegiatan harian kepada manager
9. HRD
a. Melakukan perekrutan tenaga kerja
b. Membuat kontrak kerja bagi setiap pegawai
c. Membuat surat perpanjangan kontrak bagi setiap pegawai
d. Memberikan laporan kinerja pegawai kepada direktur

Motivasi Kepercayaan Diri

Kepercayaan Diri Adalah Pemikiran Seseorang Yang Positif dalam mengambil keputusan dalam aktivitasnya sehari hari". Cara Membangun Kepercayaan Diri Sendiri menurut saya sendiri EfendiBlogspotcom Akan mencoba menguraikan tips tips untuk membangun Kepercayaan Diri Sendiri.
  1. Jaga ketenangan dan jangan melakukan keputusan diri sendiri dengan dua langkah, apabila ada dua langkah dalam pikiran kita, untuk mendapat sambutan yang hebat. “Untuk mendapat sambutan yang hebat, periksa dulu rasa percaya diri Anda di depan pintu. Kalau rasa nyaman sudah muncul, Anda akan merasakan ketenangan. Keraguan dapat merusak penunjukan yang paling elegan sekalipun jika Anda tidak kenal seorangpun hampirilah seseorang yang berada di belakang ruangan. Anda punya kesempatan menemukan wajah yang bersahabat” Nancy Friday, author of Our Looks, Our Lives. 
  2. Kuasai Ruangan dalam mengikuti sesuatu yang berharga atau penting dilakukan Untuk menghindari hal hal Grogi yang tidak diinginkan.“Anda harus belajar mengatasi fobia bergual. Siapkan mental sebelum masuk ruangan. Lalu, berjalanlah dengan anggun/tenang. Jika Anda tidak mengenal seorang pun di pesta, bergabunglah dengan satu kelompok, tersenyum dan perkenalkan diri Anda, katakan: ‘Saya tidak kenal seorang pun di pesta ini. Boleh saya bergabung dengan Anda semua?’ Cara ini biasanya mendapatkan sambutan yang simpatik dan hangat, dan orang akan segera mengajak ngobrol.” Miss Mingle (alias Jeanne Martinet), pengarang The Art of Mingling.
  3. Jangan malu-malu mengingat-ingat nama seseorang yang benar benar, dan berharga untukmu penting dalam hidupmu. “Jika Anda lupa nama seseorang ingatlah, hal ini juga pernah terjadi pada siapa pun yang percaya diri atau pun tidak. Makanya, tidak perlu terlalu malu. Pertama, akui Anda lupa namanya. Kedua, tepuk telapak tangan Anda ke kepala dengan mimik menyesal, dan katakan, ‘Saya bahkan tidak bisa mengingat nama ibu sendiri!’ Dengan cara ini, lawan bicara dengan suka hati menyebutkan kembali namanya. Lalu katakan saja, ‘Saya janji deh tidak pernah lupa lagi,’ dan lanjutkan percakapan.” Ahli etiket Letitia Baldrige, pengarang Letitia Baldrige’s Complete Guide to the New Manners for the 90’s.
  4. Ceritakan pengalaman yang pernah bena-benar terjadi dalm hidupmu. “Bercerita dengan gaya lelucon. Orang sering berpikir, ketika bercerita, mereka harus mencapai kilimaks. Tapi kalau klimaks itu tidak menyenangkan, sama juga bo’ong. Anda harus minat personal yang dalam. Cerita tidak perlu terjadi pada Anda, si pencerita, selama Anda mampu mengalirkan cerita dengan balik. Ingat-ingat detil mana yang penting. Bahasa tubuh oke-oke saja selama itu alamiah. Tapi, cerita yang bagus dan menyakinkan butuh sedikit ‘bunga-bunga’.” Malachy McCourt, author of A Monk Swimming. 
  5. Tetap tenang tanpa ada ketegangan dan tetap enjoy serta usahakan Dirimu Tenang. “Jika Anda gugup lakukan aktivitas aerobik cepat dan singkat, seperti jumping jaks. Kemudian, fokuskan perhatian. Temukan tempat yang tenang untuk menyendiri dan tarik nafas sebelum masuk ruangan. Setelah itu, bernafaslah dengan pelan. Sekali Anda masuk ke ruangan, ambil tempat di depan orang. Di jamin Anda tidak bakal kehilangan perhatian mereka. Tersenyumlah. Siapa pun akan memperhatikan dan mendengarkan orang yang tersenyum pada mereka.” Valerie Adami, direktur program di Weist-Barron School of Television Acting, New York.
  6. Minta dengan sopan atau mencari muka pada Bosmu dengan sederhana tanpa berlebihan untuk memohon Kenaikan Gaji Tanpa Ada maksud Lainya. “Hampiri bos Anda pagi-pagi dan bilang secara informal, ‘Saya minta waktu sebentar saja hari ini.’ Biarkan dia yang menentukan kapan bisa bertemu Anda. Ketika berhadapan face-to-face, katakan, ‘Saya benar-benar menikmati pekerjaan ini dan bekerja untuk Anda.’ Dan, buatlah daftar kontribusi selama ini. Kemudian spekulasi aja:’Bisakah Anda pertimbankan kenaikan gaji untuk saya?’ Jangan sebut jumlah yang spesifik kecuali ditanya. Akhiri percakapan dengan, ‘Tolong, jangan terlalu dipikirikan saat ini.’ Dengan cara ini, bos Anda tidak merasa disinggung kekuasaannya dan barangkali dia berbaik hati menawarkan kenaikan itu dalam beberapa hari.” Lauran Wiesenthal, mitra di New York Legal Search Consulting Firm Corrao, Miller, Rush,& Wiesenthal.
  7.  Jadilah penawar yang sopan dan aktif serta bagus untuk menjalankan aktivitas sehari hari. “Kunci mendapatkan penawaran yang adil adalah pertama, kerjakan PR Anda. Ambilah satu edisi Consumer Reports, bicara pada teman-teman, cari informasi tentang barang apa yang betul-betul Anda inginkan. Selalu minta lebih atau tawar kurang dari limit. Jika Anda ragu, pikirkan lagi semalaman.” Michael Donaldson, pengarang Negotiating for Dummies.
  8. Ganti ketakutan dengan strategi. “Letakutan itu sama dengan luka. Ketakutan menunjuk apa yang mengganggu Anda. Ketika berlatih untuk sebuah pertandingan, saya terluka. Sejak itu, saya jadi takut melompat. Saya harus belajar menggantikan ketakutan dengan strategi. Cara terbaik: bayangkan sebuah situasi di kepala Anda, lalu bergeraklah ke tempat yang paling menakutkan. Berikutnya, beralih ke sesuatu yang menenangkan (misal, ke pantai waktu senja). Lalu, bayangkan diri Anda berjalan dengan gerakan tanpa cacat sementara tubuh dan pikiran santai. Yang terpenting kondisikan pikiran untuk menggantikan ketakutan dengan sukses.” Picabo Street, Olympic Skiing Champion.
  9. Jangan terintimidasi pada sesuatu yang tidak begitu penting dalam hidupmu, Abaikanlah seseorang Jika Itu Tidak Berharga Untuk Anda Tetapi Lihat dan Pandanglah Dengan Sangat. “Hentikan semua pikiran buruk di kepala. Kemudian visualisasikan diri Anda sedang mendorong orang lain sampai 30 meter jauhnya. Bayangkan dia sebagai titik putih dan hitam yang sangat kecil. Cara ini segera membalikkan semua perasaan inferior. Sekali melepaskan beban mental itu, Anda ingin menjadi orang pertama yang mengatakan sesuatu sehingga kontrol percakapan ada di tangan Anda. Jangan katakan apa pun yang kompetitif atau defensif; alih-alih, tanyakan saja sesuatu yang pribadi seperti,’Bagaimana keluarga Anda?’” Anankha K. Chandler, certified hypnotherapist and author of Therapist in a Box: Emotional Healing. 
  10. Tunjukkanlah kemampuanmu dengan maxsimal pada waktu yang berguna dan bebar-benar dibutuhkan. “Jangan pernah mengumumkan ANda bakal melucu. Sebab, ekspektasi orang-orang bakal tinggi. Dan ada kemungkinan Anda gagal. Lelucon yang natural berasal dari percakapan, sehingga orang-orang terhanyut sebelum tahu apa yang sedang Anda ceritakan. Tidak perduli cerita Anda mengenai siapa atau kapan terjadinya, selalu awali dengan ‘waktu sedang menuju ke sini.’ Buat mereka percaya hal itu benar-benar terjadi. Orang-orang akan lebih terlibat ketika kejadiannya memang baru. Jika lelucon Anda bisa membuat rumah seolah-olah runtuh, jangan anggap keberuntungan yang sama pada lelucon berikutnya. Selalu tinggalkan mereka dengan rasa penasaran

Itulah sedikit uraian saya untuk mengambil keputusan dalam Memperkuat kepercayaan diri sendiri 

Kunci keberhasilan sama dengan Kepercayaan Diri Sendiri kalu sudah kuat kepercayaan diri saya yakin apapun yang dia lakukabn pasti menghasilkan yang baik

Bagaimanakah caranya supaya saya lebih percaya diri, mungkin itu yang selalu datang di dalam pikiran anda kenapa.........??????? karena masalah ini sangat sepele, tetapi perlu anda ingat masalah sepele yang sering membuat kita terjatuh, kenapa?

sebagai contoh , Kalau kita sedang berlari di jalan rupanya tiba tiba ada batu yang besar kita jumpai, tentu kita akan melompat lebih keras supaya kita melewati batu itu, seterusnya kita terus berlari dan kita ketemu dengan duri yang kecil kecil di jalan, kita sepele dan kita memijaknya dengan cepat tanpa sadar diri, karena kita tidak melihatnya maks kaki kita jadi kena duri dan kemudian kaki kita jadi sakit. itulah contoh singkat dengan masalah sepele.

Mungkin pikiran anda mengatakan Belum tentu karena kepercayaan diri datang hanyalah semata ataupun sementara, saya menyatakan tidak.

Anda punya keinginan untuk Percaya Diri, untuk mencapainya Anda harus lebih percaya diri. Dengan ingin menjadi sukses, Anda tentu akan merasa lebih aman karena jaminan dengan hal sebagi berikut uang, jabatan, ruang gerak, ketentraman, kemapanan, dan sebagainya, yang akan membuat hidup Anda menjadi lebih mudah dan makin bahagia.

yang paling Lucunya, untuk memiliki semua itu diperlukan rasa percaya diri, supaya Anda bisa menikmati perjalanan h8idup menuju keinginan puncak yang kita inginkan , dengan rasa gembira. Sebab, Anda pasti tidak ingin menunda kegembiraan yang akan datang untuk anda. pasti yang ada dalam pikiran kita adalah bahagia dan gembira sekarang, lebih bahagia dan gembira kemudian, dan lebih bahagia dan makin gembira lagi dan lebih bahagi dari yang sebelumnya yang sudah berlalu.

Di sinilah pentingnya, Anda menelusuri ulang SEMUA keinginan Kepercayaan Diri Anda. Keinginan paling atas anda harus diurutkan lagi menjadi rantai dari berbagai keinginan. Dengan satu persatu untuk mencapai mata rantai keinginan yang kita ingin - inginkan , maka Anda telah membangun berbagai achievement, yang pada akhirnya akan bermuara pada achievement puncak Anda. Dengan demikian, Anda akan percaya diri dalam menjalani proses, dan sekaligus percaya diri dalam menikmati tercapainya keinginan. merupakan Diri anda akan berbahagia menikmati kebahagiaan dan menikmati hasil yang kita incar incar.